Inilah 4 Tips Sukses Menanam Biji Bunga Matahari

.
.
tips-menanam-biji-bunga-matahari.jpg
Bagaimana tips menanam biji bunga matahari agar bisa tumbuh dengan baik? Ada banyak penghobi tanaman hias berbunga yang mengaku kesulitan dalam melakukan budidaya bunga matahari. Bahkan tidak sedikit pula yang mengatakan kalau memelihara bunga matahari itu sulit, terutama saat mengecambahkan bijinya. Tapi apakah benar seperti itu?
Kenyataannya tidak demikian. Bunga matahari termasuk salah satu tanaman yang mudah dipelihara dan membutuhkan bentuk perawatan yang sederhana. Tanaman berbunga ini juga bisa tumbuh dengan baik meskipun jarang disiram. Kesulitan dalam mengecambahkan biji bunga matahari mungkin dikarenakan ketidaktahuan akan prosedur yang benar.
Nah, berikut adalah kiat-kiat menanam biji bunga matahari selengkapnya :
1. Kupas Kulit Biji Bunga Matahari
Kulit cangkang biji bunga matahari memiliki struktur yang tergolong keras. Hal ini yang biasanya menjadi penghambat air siraman tidak bisa mengenai biji sehingga biji tersebut tidak tumbuh. Untuk mengatasinya, anda dapat mengupas kulit biji bunga matahari tersebut terlebih dahulu secara hati-hati tanpa melukai biji sebelum menanamnya. Niscaya, biji pun bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya sehingga tunas dan akarnya bisa tumbuh secara bertahap.
2. Pakai Media Tanam yang Tepat
Sebagaimana tanaman-tanaman hias berbunga lainnya, bunga matahari juga sangat menyukai media tanam yang subur. Idealnya, media tanam yang paling tepat dipakai untuk memelihara tumbuhan ini adalah campuran tanah, sabut kelapa, serbuk gergaji, dan arang halus dengan perbandingan 4:2:1:1. Namun jika anda kesulitan dalam menemukaan bahan-bahan media tanam tadi, tidak ada salahnya menggunakan media tanam berupa tanah yang subur dan bertekstur gembur. Sebelum bisa ditanam, media tanam tersebut harus disiram dan dibiarkan terlebih dulu selama 3-5 hari.
3. Tanam Biji dengan Posisi yang Benar
Perlu diketahui, bagian yang lancip pada biji bunga matahari nantinya akan tumbuh akar tanaman. Sedangkan pada bagian yang membulat kelak akan muncul tunas bunga matahari. Untuk itu, tanam biji tersebut dengan posisi bagian yang lancip di bawah menembus tanah dan bagian yang membulat sedikit keluar di permukaan tanah. Dengan begini, kemungkinan biji dapat berkembang pun menjadi semakin tinggi.
4. Semai Biji di Tempat yang Terlindung
Kesalahan yang kerapkali dilakukan saat menyemai biji bunga matahari adalah melakukannya di tempat terbuka. Padahal tempat yang terlindung, teduh, tidak terkena sinar matahari langsung, dan bersuhu sekitar 25° C jauh lebih ideal menjadi untuk digunakan menyemai tanaman ini. Selain itu, pastikan ruangan semai tersebut tidak diterangi lampu saat malam hari agar gelap total. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan biji yang lebih cepat. Biasanya, proses penyemaian dilakukan selama 3-4 hari sampai tunas tanaman bunga matahari keluar.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.