5 Tips Menanam Bunga Kertas Bougenville Berwarna-warni

.
.
Apakah anda tengah mencari tips-tips menanam bunga kertas alias bougenville? Bunga kertas (Bougainvillea) adalah tanaman hias yang memiliki keindahan pada seludang bunganya yang berwarna-warni. Di antaranya jingga, merah, pink, ungu, putih, kuning, dan campuran. Karena warna bunga ini begitu mencolok, tidak sedikit para penghobi tanaman yang menjadikan bougenville sebagai tanaman hias favoritnya.
tips-menanam-bunga-kertas.jpg
Bunga Kertas (Bougainvillea)
Tingkat kesulitan menanam bunga kertas sangatlah mudah. Yang dibutuhkan adalah ketelatenan anda dalam memberikan bentuk-bentuk perawatan tertentu agar bunga bisa tumbuh seindah mungkin dengan kelopak bunga berwarna cerah. Untuk lebih jelasnya, ikuti tips-tips dari kami berikut ini :
1. Tanam Bougenville dengan Stek Batang
Sama seperti bunga melati, bougenville juga bisa ditanam dengan mudah melalui stek batang. Anda cukup memotong batang tanaman yang telah berusia dewasa secara menyerong. Setelah itu, tanamkan batang tersebut ke dalam media tanam dengan kedalaman 3-5 cm. Proses penanaman sebaiknya dilakukan saat pagi hari agar tingkat harapan hidup bibit tanaman semakin tinggi.
2. Campurkan Pasir Sebagai Media Tanam
Bunga kertas sangat menyukai media tanam yang agak berpasir. Kandungan pasir dalam media tanam memungkinkannya bersifat porous alias berpori-pori. Dengan demikian tingkat kelembaban media tanam pun bisa tetap dipertahankan keidealannya. Anda bisa menggunakan pasir sebanyak sepertiga dari jumlah media tanam secara keseluruhan.
3. Pangkas Tanaman Secara Teratur
Agar tanaman bougenville yang anda pelihara rajin berbunga, rahasianya adalah memangkas ranting-ranting tanaman tersebut secara teratur. Pemangkasan dilakukan pada cabang, ranting, dan daun seperlunya saja serta tetap memperhatikan aspek estetika tanaman. Jangan biarkan bunga kertas anda dipenuhi dedaunan karena akan membuatnya malas berbunga.
4. Lakukan Pemupukan Ulang
Pemupukan ulang juga perlu dilakukan secara teratur guna menjaga tingkat kesuburan media tanam. Pemupukan paling baik menggunakan pupuk organik, seperti pupuk kandang dan pupuk kompos, dengan dosis sesuai kemasan. Idealnya, intensitas pemupukan ulang ini dilakukan setiap sebulan sekali. Sebisa mungkin, hindari penggunaan pupuk kimia terutama bagi anda yang masih pemula dalam menanam bunga kertas.
5. Coba Teknik Sambung Pucuk
Saat ini, tengah tren bougenville yang mempunyai bunga berwarna-warni dalam satu tanaman. Sebenarnya, untuk membuat bunga kertas seperti ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu berani mencoba menyambungkan pucuk-pucuk bougenville dari spesies lain ke batang tanaman bougenville yang telah berusia dewasa. Biarkan pucuk-pucuk bougenville tersebut tumbuh dan menyatu dengan batang pokok utama. Hasilnya, dalam satu tanaman bunga bougenville terdapat berbagai pucuk spesies bougenville yang memiliki bunga dengan warna berbeda-beda.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive