Loading...

Jenis Lovebird Di Indonesia Dan Gambarnya

Sponsored Links
.
Loading...
Jenis Lovebird. Pada dasarnya burung ini tidak ada bedanya karena jenisnya sama meskipun import dari mana saja. Mengenai harga pasaran burung kicau memang selalu tidak tetap dan terus berubah-ubah, hal ini berlaku juga untuk burung berjenis lovebird, terutama Jenis Lovebird Muka Merah dan jenis lovebird kacamata pipi hitam. Ada tidaknya kacamata pada lovebird akan berpengaruh terhadap harga dan minat para penggemar lovebird. Dalam peristilahan lovebird kacamata yang semuanya ada 4 jenis, yaitu: Fischeri, personata (masked), nyasa (lilianne) dan blackcheeked (nigrigenis). Pada saat ini ada 9 spesies burung lovebird yang telah diketahui oleh para ahli dunia burung.

http://miefbird.blogspot.com/2014/09/mengenal-jenis-jenis-love-bird.html
Mengenal Macam Jenis Lovebird

Love Bird ?..Ya, si burung cinta begitulah ia dikenal. Burung ini mempunyai kombinasi berbagai warna bulu, berparuh bengkok dan mempunyai bulu ekor yang pendek dan hidup berpasang-pasangan merupakan ciri dari burung lovebird. Pada awalnya burung ini merupakan hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan hewan peliharaan sebagai simbol kesetiaan. Namun saat ini burung lovebird tidak hanya dijadikan hewan peliharaan yang dinikmati karena keindahan warna bulu, bentuk tubuh dan perilaku yang lucu menggemaskan saja, tetapi juga dijadikan sebagai lahan bisnis yang bisa memberikan keuntungan besar. 

Pengetahuan tentang jenis-jenis burung lovebird sangat penting untuk di perdalam sejak saat ini. karena banyak penghobi burung yang masih sering merasa kesulitan untuk membedakan jenis-jenis burung lovebird. pada saat ini ada 9 spesies burung lovebird yang telah diketahui oleh para ahli dunia burung....Yang ke 9 jenis itu adalah:


Mengenal Macam Jenis Lovebird Dan Gambarnya

1. Red-faced Lovebird ( Agapornis pullaria )
2. Love bird Abisinia ( Agapornis taranta )
3. Black- Collared Lovebird
4. Lovebird Kaca mata Fischer ( Agapornis fischeri )
5. Masked Lovebird ( Agapornis personatus )
6. Lovebird Kaca Mata Nyasa ( Agapornis lilianae )
7. Black-Cheeked Lovebird ( Agapornis nigrigenis )
8. Lovebird Madagaskar (Agapornis cana )
9. Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis )


1. Red-faced Lovebird ( Agapornis pullaria )





Lovebird muka merah merupakan burung endemik dari benua Afrika.Burung ini warna bulu tubuhnya didominasi oleh warna hijau dan warna merah di atas kepalanya membentang dari bagian atas paruh , atas dahi sampai pertengahan mahkota, dan memanjang sampai keatas kiri dan kanan sampai bagian kelopak mata. Kaki berwarna abu-abu dan mempunyai tubuh dengan ukuran panjang 15 cm. Ciri fisik lovebird muka merah jantan memiliki warna merah yang lebih tajam pada bagian mukanya, sedangkan betina memiliki ciri warna merah pucat pada bagian mukanya.


2.Lovebird Abisinia ( Agapornis taranta )



Burung lovebird ini sering disebut lovebird sayap hitam atau dikenal dengan istilah black-winged lovebird. Lovebird ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 16,5 cm dan merupakan jenis lovebird terbesar dari beberapa jenis lovebird. lovebird jantan mudah di identifikasi dengan melihat dahinya dan bagian sayap bawah berwarna hitam ,sedangkan lovebird betina semua bulunya didominasi warna hijau, bagian ujung ekor berwarna hitam, dan bulu dibawah ekor menunjukan warna kekuningan.

3. Black Collared Lovebird

 

Lovebird kerah hitam, Agapornis swindernianus juga dikenal sebagai Swindern. Ukuran panjang lovebird kerah hitam adalah 13,5 cm, termasuk jenis burung beo Afrika pada genus Agapornis. Burung ini merupakan jenis burung lovebird dengan dominasi warna hijau ditubuhnya dan terdapat pita hitam dibagian belakang lehernya ( seperti kerah baju ), dan paruh hitam keabu-abuangelap. kedua jenis kelamin memiliki ciri yang sama atau bisa disebut sebagai jenis burung monomorfik seksual atau antara jantan dan betinatidak terdapat perbedaan yang jelas pada penampakan morfologinya. Burung ini jarang ditangkarkan, karena cadangan makanan yang diperlukan setiap harinya  hanya disediakan oleh alam.

4. Lovebird Kaca Mata Fischer ( Agapornis fischeri )




Lovebird kaca mata Fischer memiliki warna hijau di dada, dan sayap. Leher mereka adalah kuning keemasan dan berlangsung keatas menjadi orange gelap. Bagian atas kepala berwarna hijau zaitun, dan paruhnya berwarna merah cerah. Burung ini memiliki kaca mata atau lingkaran putih disekitar matanya dan termasuk salah satu lovebird yang mempunyai ukuran kecil, yaitu mempunyai panjang sekitar 14 cm dan berat badan sekitar 43-58 gr. Burung lovebird jenis Fischer ini termasuk monomorfik seksual, artinya jantan dan betina tidak dapat dibedakan berdasarkan warna bulunya. penentuan jenis kelamin  dapat diprediksi dengan cara  bertengger. Umumnya, betina bertengger dengan kaki mereka jauh terpisah dibandingkan dengan yang jantan karena panggul betina lebih lebar.

5. Masked Lovebird ( Agapornis personatus )


 


Burung lovebird ini sering disebut sebagai lovebird berkerah kuning atau Masked Lovebird (kaca mata topeng ).Lovebird ini mempunyai warna dominan hijau, panjang sekitar 14,5 cm. Warna kepala hingga leher bagian atas adalah hitam, sedangkan pada leher melingkar berwarna kuning. Dada berwarna kuning menyala lebih terang dari warna tengkuk. Paruh lovebird ini berwarna merah cerah dan warna kaki abu-abu kehitaman. Lovebird kaca mata topeng jantan dan betina memiliki penampilan luar yang identik sama.


6. Lovebird Kaca Mata Nyasa ( Agapornis lilianae )


Lovebird Kaca Mata Nyasa, merupakan spesies lovebird yang berasal dari Afrika. Warna bulu dominan hijau dan memiliki warna orange pada bagian atas dada dan kepala serta memiliki ukuran panjang burung 13 cm. Paruhnya berwarna merah dan kakinya berwarna abu-abu. Terdapat warna putih melingkar di sekitar mata atau kaca mata. Lovebird ini termasuk jenis lovebird monoformik atau antara jenis kelamin jantan dan betina sama warna bulunya.

7. Black-Cheeked Lovebird ( Agapornis nigrigenis )




Lovebird Kaca Mata Pipi Hitam adalah jenis burung lovebird yang memiliki penampakan luar dengan bulu dominan dengan bulu dominan berwarna hijau dan memiliki kepala berwarna cokelat, paruh merah, pipi hitam, dan kaki abu-abu.Lovebird Kaca Mata Pipi Hitam mempunyai panjang 14 cm. Burung lovebird ini merupakan jenis lovebird monoformik seksual, yaitu merupakan burung yang mempunyai penampakan luar yang mirip antara burung jantan dan betina.


8. Lovebird Madagaskar ( Agapornis cana )


Lovebird kepala abu-abu atau Lovebird Madagaskar adalah salah satu spesies terkecil dari jenis lovebird dengan ukuran 13 cm dan merupakan burung penerbang yang kuat. Spesies ini adalah sejenis dimorfik seks atau antara burung lovebird jantan dan betina mempunyai perbedaan fisik yang sangat jelas yaitu perbedaan pada warna bulu. hanya burung jantan dewasa yang mempunyai bulu berwarna kelabu dibagian badan sebelah atas tepatnya di kepala dan dada. Lovebird kepala kelabu berasal dari pulau Madagaskar dan satu-satunya lovebird yang bukan berasal dari benua Afrika.


9. Lovebird Muka Salem ( Agapornis roseicollis )  



Lovebird muka salem ( Agapornis roseicollis ), merupakan spesies lovebird yang berasal dari daerah kering di barat daya Afrika seperti Gurun Namib. Warna bulu burung ini adalah dominan hijau dengan punggung bagian bawah biru. Bagian muka sampai tenggorokan merah muda, paling gelap pada dahi dan diatas mata. Jenis lovebird ini umumnya mempunyai bulu yang indah, suara yang paling keras diantara jenis lovebird lain, dan mudah dikembangbiakkan. Antara burung jantan dan betina relatip sulit dibedakan dan termasuk monoformik seksual atau antara jantan dan betina sulit dibedakan. Warna mutasinya adalah lovebird albino ( bulu putih, mata merah ) lovebird lutino ( bulu kuning, mata merah ), lovebird golden cherry ( bulu kuning emas sampai merah muda ), lovebird pie ( bercak warna ), lovebird cinnamon ( cokelat kekuningan ), dan lovebird biru.

Itulah info tentang Mengenal Semua Macam Jenis Lovebird Lengkap Dengan Gambarnya semoga bermanfaat, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga Anda mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya.


Sallam LbMania,,
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter