Loading...

Cara Unik dan Ampuh Mengobati dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird

Sponsored Links
.
Loading...
Cara Ampuh Mengobati dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird dengan Tuntas- Lovebird adalah salah satu jenis burung yang sedang diminati akhir-akhir ini, Ia memiliki suara yang khas dan bulu-bulu yang cantik. Keindahan warna bulu lovebird memang menjadi salah satu daya tarik bagi para pecinta burung peliharaan. Burung berparuh bengkok ini memiliki aneka ragam jenis warna bulu yang indah, namun bagaimana jika bulu-bulu indah tersebut dicabuti oleh sang burung?.

Kelakuan burung lovebird yang mencabuti bulu terjadi bisa disebabkan karena berbagai factor, antara lain adanya kutu yang menempel pada bulu, kekurangan vitamin, serta karena faktor fisiologis dimana burung lovebird membutuhkan pasangan. Lovebird yang terkena kutu bisa terganggu kesehatannya dan membuat burung kerja tidak maksimal, karena burung akan rajin menggaruk-garuk badannya yang gatal, jadi tidak ada waktu untuk berkicau apalagi ngekek: 

Tidak cuma itu lovebird yg terserang kutu bisa pula miliki adat yg tidak baik yakni mencabuti bulunya sendiri serta bulu riskan rontok, baca : Cara Mengatasi Bulu Burung Lovebird yang Rontok. Untuk persoalan yg kritis lovebird bisa lesu dikarenakan kekurangan darah serta infeksi akibat gigitan kutu. Terdapat banyak jenis obat atau ramuan pemberantas kutu dan saya kelompokkan ke dalam obat alami serta buatan. Selain hanya utk sebagai obat kutu lovebird kita juga butuh melakukan usaha utk menghambat kutu menyerang burung kita. Oke mari kita kaji satu persatu.


http://miefbird.blogspot.com/2016/07/cara-ampuh-mengobati-dan-menghilangkan.html
Cara Ampuh Mengobati dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird


Cara Ampuh Mengobati dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird 



Menghilangkan Kutu Lovebird

Untuk menghilangkan kutu pada lovebird yang umum kita gunakan adalah menambahkan obat atau ramuan pada air yang digunakan lovebird mandi. Jika kutu pada lovebird sudah parah maka mandikan lovebird sehari sekali selama satu minggu dengan air yang telah dicampuri obat anti kutu.

Selain memandikan lovebird dengan obat anti kutu maksimalkan dengan pembersihan kandang, mencuci kerodong, membersihkan wadah pakan dengan air sabun/shampo. Obat anti kutu yang bisa digunakan bisa kita lihat macamnya dibawah ini.

Menghilangkan kutu dengan obat alami

Ramuan atau obat alami yang dipercaya dapat menghilangkan kutu lovebird antara lain adalah :

- Rebusan daun sirih

- Air cucian beras

Menghilangkan kutu dengan obat buatan

Ramuan kutu atau buatan bisa kita dapatkan di toko-toko pakan burung. Merknya juga banyak tapi saya rekomendasikan untuk obat semprot, mandikan burung, cuci wadah pakan kita bisa gunakan rodalon. Tapi jika teman-teman lebih suka merk lain silahkan. Penting untuk membaca aturan pakai dalam kemasan obat yang dipilih.

Mencegah kutu pada lovebird

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan atau tepatnya kita jaga agar kutu tidak kembali atau tidak datang pada lovebird. Berikut diantaranya.

1. Jaga kebersihan kandang, bersihkan minimal 3 hari sekali.

2. Jemur burung secara rutin

3. Jangan gunakan wadah pakan dari burung lain

4. Jangan tukar kerodong dari burung lain

5. Cuci rutin kandang, peralatan lovebird, kerodong minimal seminggu sekali dengan sabun atau obat cuci (rodalon)

Itulah Cara Ampuh Mengobati dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird . Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter