Loading...

Sumber Terbaik Antioksidan dan Pahami Pengertian Antioksidan dan Radikal Bebas

Sponsored Links
.
Bismillah....
Makna dan Arti Antioksidan
Kita pasti sering mendengar kata antioksidan. Kita juga banyak yang sudah tahu aneka makanan sumber antioksidan. Makanan sumber antioksida  terbesar disumbang oleh buah-buahan dan sayur-sayuran.
Berikut beberapa buah sumber antioksidan:
Strowberry
Anggur
Plum
Apel
Blueberry
Kiwi
Aprikot
Ceri
Jeruk
Belimbing
Mangga
Dll
Beberapa jenis sayur sumber antioksidan:
Brokoli
Sawi Hijau
Kol
Paprika
Lobak
Tomat
Bit
Wortel
Terong
Bayam
Daun kelor
Daun kenikir
Dll
Sedangkan beberapa jenis bumbu dapur yang juga merupakan sumber antioksidan adalah:
Bawang Merah
Bawang Putih
Jahe
Kunyit
Cabe
Kayu Manis
Oregano
Dll
Sedangkan untuk minuman sumber antioksidan ada pada teh hijau dan teh hitam.
Kacang Almond, Kacang Merah dan juga Minyak Zaitun juga termasuk sumber antioksidan yang tinggi.
Lantas apa sebenarnya arti antioksidan tersebut?
Antioksidan adalah senyawa yang dalam kadar tertentu mampu menghambat laju oksidasi molekular. Sedangkan manfaat antioksidan bisa mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.
Zat yang termasuk dalam golongan antioksidan antara lain:
Vitamin E
Vitamin C
Beta karoten
Selenium
Lutein
Flavonoid.
Perlu dicatat bahwa zat antioksidan ini jika berlebihan didalam tubuh malah akan menjadi radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Jadi antioksidan bisa bermanfaat dalam jumlah tertentu dan biasanya dengan kadar rendah.
Contoh pemakaian vitamin C, kebutuhan normal untuk wanita untuk usia 19 - 65 tahun adalah cukup 75 mg sedangkan Pria cukup 90 mg. Sumber terbaik vitamin C adalah buah dan sayur bukan vit c buatan pabrik.
Makna dan Arti Radikal Bebas
Radikal bebas bisa bersumber dari luar dan dari dalam tubuh. Radikal bebas secara alami adalah materi kimia yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan.
Radikal bebas yang tidak bisa diatasi tubuh dapat menjadi penyebab kanker, sakit jantung, gagal ginjal, diabetes dan penyakit kronis lainnya. Inilah sebab mengapa kita perlu mengkonsumsi sumber antioksidan seperti buah dan sayur untuk melawan radikal bebas dan menurunkan resiko terkena penyakit kronis.
Sedangkan radikal bebas yang berasal dari luar tubuh bisa berupa asap rokok, asap knalpot kendaraan bermotor, asap pabrik, asap kebakaran hutan dan radiasi zat kimia.
Anda ingin mendapatkan asupan antioksidan secara nikmat? Silakan coba resep  berikut ini:
Resep Salad sumber Antioksidan
Mangga 150 gr
Belimbing Manis 150 gr
Strowbery 150 gr
Anggur merah 150 gr
Daging buah jeruk manis 150 gr
Apel 150 gr
Brokoli rebus 100 gr.
Semua bahan diatas potong-potong sesuai selera anda.
Untuk sausnya:
Strawbery 100 gr
Yoghurt rendah lemak 100 ml
Sirup lemon 2 sdm
Air jeruk lemon 3 sdm
Semua bahan saus diblender dan disaring. Masukkan wadah dan dinginkan dalam lemari es.
Saran penyajian:
Tata semua buah yang sudah dipotong potong tersebut dalam piring atau mangkok dan siram dengan saus yang sudah dingin. Sajikan saat cuaca panas lebih nikmat.
Estimasi nilai gizi salad diatas adalah:
Energi lebih dari 80 Kkal.
Protein diatas 1.3 gr.
Lemak dibawah 0.5 gr.
Karbohidrat 19 - 20 gr.
Mudah-mudahan dengan artikel ini semakin jelas pengertian tentang antioksidan dan radikal bebas.
Silakan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Alhamdulillah.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...