Loading...

Cara Merawat Bakalan Bonsai Anting Putri

Sponsored Links
.
BAKALAN BONSAI ANTING PUTRI -- Tanaman yang satu ini cukup menawan untuk dijadikan bahan tanaman bonsai. Salah satu kelebihan dari tanaman Anting putri sebagai bahan bonsai adalah pada bagian daunnya yang unik. Daun anting putri berwarna hijau kekuningan memiliki pesona yang indah jika dipadukan dengan bentuk bonsai di dalam pot. Keindahan bonsai anting putri ditambah kagi dengan bunganya yang mungil dan menggantung cantik, warna bunga yang putih terlihat lebih dominan dan semakin menarik perhatian. Beberapa kelebihan tanaman anting putri inilah yang membuatnya dilirik para pecinta bonsai.

Seiring dengan peminat yang main besar, tidak heran jika bakalan bonsai anting putri terus diburu dan harganya makin mahal. Tidak hanya itu harga bakalan bonsai anting putri atau bonsai anting putri yang sudah jadi ikut terkerek karena proses pembuatannya lumayan sulit. Selain itu konon tanaman anting putri ini berasal dari China sehingga di Indonesia untuk mendapatkan bakalan bonsai anting putri harus melalui budidaya terlebih dahulu untuk mendapatkan perbanyakannya.

Bagaimana Memperoleh Bakalan Bonsai Anting Putri?

Di negara asalnya tanaman anting putri ini banyak dipakai sebagai tanaman pagar. Namun keindahan tanaman anting putri akan jauh lebih indah saat dijadikan tanaman bonsai.  Namun dibalik susahnya mencari bakalan bonsai anting putri, tertanya tanaman yang satu ini termasuk tanaman bandel yang mudah hidup, sehingga saat ditancapkan (stek batang )ditanah akan segera tumbuh. Sehingga untuk memperoleh bakalan bonsai anting putri ini tidak usah khawatir, namun perlu waktu menunggunya tumbuh.

Selain menggunakan cara stek untuk medapatkan bakalan bonsai Anting Putri ,dapat juga dilakukan perbanyakan  dengan biji, setek akar dan juga cangkok. Biasanya untuk pembuatan untuk bahan bonsai lebih ideal dilakukan dengan dicangkok. Karena dengan pencangkokan, akan diperoleh batang anting putri yang sudah cukup besar. Untuk perawatannya hasil cangkok anting putri sebaiknya ditanam langsung pada tanah untuk pertumbuhan akar.
Wujud Tanaman Anting Putri Sebelum Jadi Bakalan Bonsai


Perawatan Bonsai Anting Putri

Meskipun relatif mudah tumbuh di sembarang tempat, perawatan bakalan bonsai anting putri terbilang perlu perawatan khusus. Bentuk daun anting putri yang mini membutuhkan ketelitian khusus dalam perawatan. Pemangkasan pun tidak boleh dilakukan secara sembrono, salah-salah bentuk tajuknya tidak akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Meski daun anting putri sudah kecil, namun perlu dilakukan pemangkasan agar menghasilkan daun yang lebih kecil seukuran beras. Cara pemangkasannya adalah dengan menggunduli habis daunnya, setelah itu akan tumbuh sendiri dalam ukuran yang lebih kecil dari semula. Dengan adanya pruning ini memang pembagian makanan ke masing-masing daun menjadi lebih sedikit. Namun bonsai tetap sehat karena asupan makanan yang teratur.

Selain itu yang penting diperhatikan dalam merawat bonsai anting putri adalah pada asupan gizi tanaman. Hal ini penting diperhatikan karena anting putri merupakan tanaman yang rakus akan makanan. Jika kurang asupan makanan, termasuk air, pertumbuhan akan mandeg.

Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...