Loading...

8 Pakan Ternak Lovebird dan Anakan Yang Berkualitas Baik

Sponsored Links
.
Makanan Ternak Lovebird dan Anakan Yang Berkualitas Baik agar Cepat Birahi juga Bertelur- Beternak lovebird memiliki banyak keuntungan, selain menjadi hobby kita juga akan mendapat keuntungan dari hasil penjualan anakan lovebird jika kita beternak. Bagi breeder pemula mungkin akan sulit untuk memulai langkah-langkah awal beternak lovebird, sebenarnya beternak lovebird itu gampang-gampang susah. Jika Anda beternak lovebird, kesabaran menjadi hal yang utama untuk membuat lovebird produktif bertelur. Karena bisa saja lovebird mogok bertelur karena beberapa faktor. Untuk mengatasi ini sebaiknya Anda memberikan makanan yang berfungsi untuk merangsang Birahi Lovebird betina agar kembali meninggi. Hal sangat penting yang harus dimengerti oleh seseorang yang merawat dan beternak burung warna indah tersebut, makanan memang menjadi hal yang paling utama, banyak kegunaan dari Makanan yang dikonsumsi, sebagai enegri,pertumbuhan, dan berpengaruh terhadap reproduksi.

Beternak Lovebird Jika ingin menghasilkan untung yang maksimal, tentu kita harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatannya. Burung lovebird merupakan jenis burung yang mudah diternakan. Kita hanya memerlukan sangkar kotak saja sudah bisa untuk beternak. Sangat asik memang mempunyai binatang peliharaan, karena sangat berguna untuk melepas penat sehabis kerja seharian. Namun agar lovebird tetap selalu fit dan aktif berkicau makanan ini sangat berpengaruh terhadap aktif atau tidaknya burung lovebird. Nah oleh karena itu buat anda breeder pemula saya sekedar membagi ilmu pakan dalam beternak lovebird yang berdasarkan pengalaman para peternak senior:


http://miefbird.blogspot.com/2017/02/makanan-ternak-lovebird-dan-anakan-yang.html
Makanan Ternak Lovebird dan Anakan Yang Berkualitas Baik

Makanan Ternak Lovebird dan Anakan Yang Berkualitas Baik


1. Biji- Bijian
Cara ternak lovebird yang baik di dalam memberikan nutrisi yaitu diberikan dari asupan pakan bersumber dari biji-bijian. Biji-bijian ini bisa dikatagorikan sebagai makanan pokok untuk burung lovebird. Jika disetarakan dengan manusia, biji-bijian ini layaknya nasi. Burung lovebird sendiri merupakan burung yang sangat menyukai biji-bijian burrung ini tidak dapat jika dengan tidak mengkonsumsi biji-bijian dalam jangaka panjang. Cara pemberian pakan lovebird untuk ternak ini bisa dikombinasikan dengan campuran seperti milet merah 75% dan milet putih dan sisanya biji padi serta ketan merah.

2. Sayuran
Sayur pakan burung lovebird untuk ternak di sini adalah sayuran yang segar. Pasalnya burung lovebirrd sangat menyukai memakan sayur seperti kangkung, sawi putih dan lainnya. Selain itu, pakan lovebird untuk ternak yang bisa digunakan adalah biji jagung. Biji jagung ini mudah dikombinasikan dengan sayuran dan sangat bagus untuk asupan gizi lovebird. Namun pemberian pakan ini tidak boleh memasukkan beraneka ragam sayur dalam waktu bersamaan. Alangkah baiknya jika memberikan satu jenis sayuran dalam sehari secara bergantian.

3. Pakan Tambahan
Memberikan makanan tambahan untuk burung lovebird terbilang cukup bagus dan berguna, karena dapat menyebabkan burung lovebird tidak mudah stres. Makanan tambahan ini dapat diberikan dari serangga kecil seperti jangkrik kecil dan binatang lainnya yang tidak membahayakan. Dalam cara ternak lovebird yang baik dalam pemberian pakan lovebird untuk ternak ini hendaknya tidak diberikan secara terus menerus, namun cukup berikan 1 atau 2 ekor dalam ukuran yang kecil. Pemberian pakan tambahan yang banyak bisa membuat pencernaan burung lovebird menjadi terganggu dan lebih parahnya burung lovebird akan menjadi sakit dan stres.

Jika Anda mempunyai rejeki lebih, bisa juga ditambahkan suplemen yang bisa didapatkan di pet shop. Suplemen berbentuk cairan yang dicampur dengan air minum, berikan setiap hari. Suplemen banyak macamnya, ada yang untuk daya tahan tubuh, bulu yang sehat, dan untuk membuat burung cepat bertelur.

4. Suasana
Lovebird bisa saja setress karena suasana yang tidak nyaman, jika ingin selalu produktif usahakan kandang cukup besar, dan suasana sekitar nyaman. Sirulasi udara sangat perlu, karena lovebird suka dengan hawa sejuk.

Lebih baik ditempatkan di tempat yang tenang, karena tidak mengganggu proses pengeraman. Jika suasana ramai, otomatis lovebird akan terganggu, merasa diintai sehingga burung tidak bisa mengeram dengan nyaman.

5. Glodok
Bersihkan glodok (tempat bertelur) setiap kali habis menetas, keberhisan tempat bertelur sangatlah penting untuk menghindari penyakit yang bisa saja dating setiap saat. Gunakan bahan yang nyaman agar induk betah di dalamnya, menggunakan kulit jagung kering, potongan kayu, dan serabut kelapa.

Usahakan memilih glodok yang besar, karena nantinya bisa saja anak lovebird menetas banyak, bisa 4 bahkan 6. Sangat tidak nyaman kalau glodoknya terlalu kecil.

6. Batu bata dan Asinan
Yups, batu bata dan asinan penting ditaruh di dalam sangkar burung yang Anda ternak. Asinan dari tulang sotong untuk vitamin tambahan, sedangkan batu bata untuk pencernaan burung, batu bata juga berguna untuk memperkuat telur agar tidak pecah.

Jumlah telur yang menetas bisa lebih banyak jika burung diberi batu bata. Untuk mempermudah burung, sebaiknya batu bata di hancurkan kecil-kecil dan ditaruh wadah khusus.

Ketika telur yang dierami sudah menetas, kita berikan jagung muda. Beberapa bagian jagung muda bisa bertahan tiga hari. Setelah tiga hari kita harus mengganti jagung muda tersebut. Fungsi pemberian jagung muda adalah untuk anakan yang diloloh induknya. Kemudian porsi takaran kenari set dan milet putih menjadi 2 : 1 (artinya 2 takar kenari set dan 1 takar milet putih). Fungsi kenari set ini akan mempercepat pertumbuhan anakan.

7. Pisahkan Anakan
Memisahkan anakan tidak kalah penting agar indukan selalu bertelur, karena jika anakan dipisah, indukan merasa tidak punya tanggung jawab lagi mengasuh anak, mereka akan bertelur kembali.



Pemisahan dilakukan setelah anakan berumur 10 hari, anakan tidak terlalu kecil untuk diloloh sendiri. Namun jika ingin tidak begitu repot, bisa diambil hari ke 12, anakan sudah mulai membuka mata.

8. Pakan Lovebird Anakan
Jika anakan kita yang meloloh, kita cukup menggunakan bubur bayi. Seperti bubur bayi merek SUN ditambah dengans sedikit tepung Maizena atau tepung jagung. Perbandingannya adalah dua sendok teh bubur bayi SUN ditambah dengan 1 sendok teh tepung maizena. 

Jika anakan masih indukan yang meloloh kita tinggal memberikan pakan kepada indukan dengan jagung muda setiap tiga hari sekali jagung mudanya diganti. Kemudian ditambah pemberian kenari set dan milet dengan perbandingan porsi 2 :1.

Untuk harga 1 kg kenari set Rp. 24.500 sedangkan 1 kg milet putih Rp. 21.000. Dalam satu bulan sepasang indukan hanya habis 150 gram milet putih dan 150 gram kenari set. Kalau ditotal sekitar Rp. 7500 setiap bulanya. Untuk makanan tambahan seperti jagung muda dan kangkung hanya Rp.8000 untuk tiap indukan.

Demikian Makanan Ternak Lovebird dan Anakan Yang Berkualitas Baik yang dapat disampaikan dan semoga hasil ternakannya maksimal. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...