Loading...

Panduan Cara Lenkap Menanam Hidroponik Dengan Sitem Wick

Sponsored Links
.
Tehnik Bercocok Tanam Hidroponik Dengan Sitem Wick - Budidaya pertanian menjadi kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan dengan sistem yang baik dan benar. Karena jika dilakukan dengan metode yang tepat, tentu hasil panen akan maksimal. Akhir-akhir ini sistem budidaya pertanian maupun perkebunan menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat, pasalnya keuntungan yang diperoleh dari budidaya pertanian maupun perkebunan sangat menggiurkan. Apalagi sekarang sedang hangat-hangatnya budidaya tanaman dengan Metode Hidroponik. Sistem tanaman hidroponik ini tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan anda yang tidak memiliki pekarangan luas pun bisa bercocok tanam, baik sayuran, buah-buahan, dan sejenisnya.

Berbicara masalah tanaman Hidroponik ini, mungkin bagi anda yang masih awam tentu tidak tahu apa itu metode hidroponik dan bagaimana sistem kerjanya. Cara menanam hidroponik ini memiliki banyak tehnik yang bisa digunakan, dari yang sederhana sampai yang canggih bisa anda lakukan, dari yang hanya menggunakan barang bekas sampai dengan menggunakan green house dan teknologi tepat guna yang lain dengan tujuan untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Pada postingan sebelumnya admin sudah share tentang apa itu hidroponik dan segala keunggulannya. Pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan membagikan pula suatu tehnik menanam hidroponik yaitu dengan Sistem Wick.

Perlu anda ketahui bahwa tehnik menanam hidroponik dengan sistem wick ini sangatlah mudah dan sederhana. Sistem wick atau bisa juga dikenal dengan sistem sumbu ini bisa dilakukan bagi anda yang baru pertama belajar menanam dengan tehnik hidroponik. Karena alat dan bahan yang digunakan cukup sederhana dan mudah dijumpai disekitar kita, seperti botol aqua bekas, sumbu kompor, sekam padi, dan lain-lain, nanti anda bisa simak bagaimana cara menanam hidroponik dengan sistem wick ini. Yang jelas anda bisa tahu bagaimana menanam hidroponik dengan sistem wick, anda juga tahu bagaimana cara menanam sayuran hidroponik sistem wick, cara menanam buah-buahan hidroponik sitem wick, dan sebagainya. Intinya menanama hidroponik ini sama dengan cara menanam hidroponik dengan botol bekas.

Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sitem Wick
Contoh tehnik menanam hidroponik sistem wick

Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sistem Wick


Tehnik bercocok tanam hidroponik yang paling mudah serta murah adalah dengan menggunakan sistem wick. Dengan menggunakan sistem wick ini kita dapat menggunakandan memanfaatkan berbagai macam barang bekas seperti botol minuman mineral. Bahkan bagi pemula yang ingin bercocok tanam dengan metode hidroponik ini sangat disarankan menggunakan botol bekas minuman mineral tersebut, karena disamping mudah, biaya yang dikeuarkan juga sedikit. Nah untuk bertanam hidroponik dengan sistem wick ini silahkan anda persiapkan bahan-bahan berikut ini:
  • Botol bekas air minum mineral yang 1,5 - 2 literan.
  • Solder untuk membuat lubang.
  • Gunting untuk digunakan sebagai pemotong
  • Sekam padi yang sudah dibakar ( untuk media tanam pengganti tanah ).
  • Pupuk hidroponik atau Nutrisi hidroponik, biasanya yang sering dipakai adalah Nutrisi Hidroponik AB Mix.
  • Kain flanel atau sumbu kompor juga bisa.

Adapun Langkah-langkah untuk menanam hidroponik dengan sistem wick ini bisa anda simak dibawah ini :
  1. Silahkan anda potong botol bekas air mineral tadi menjadi 2 bagian menggunakan gunting yang sudah dipersiapkan.
  2. Setelah itu anda buat lubang dengan menggunakan solder, lubang ini digunakan sebagai tempat pembuangan air apabila nutrisi tanaman berlebih dan sekaligus digunakan sebagai rongga udara untuk akar tanaman.
  3. Selain itu, anda juga harus buat beberapa lubang pada tutup botol air mineral tersebut, khusus bagian tengah tutup botol anda buat lubang yang besar seukuran kain flanel atau sumbu kompor yang nantinya digunakan untuk memasukkan kain flanel tersebut. Tujuan pemberian kain flanel atau sumbu kompor iniadalah untuk menyalurkan nutrisi atau pupuk dari bawah botol ketanaman.
  4. Setelah semua bahan siap dibuat, tinggal anda tanamkan bibit tanaman yang sudah anda persiapkan.
  5. Terakhir anda isikan air nutrisi hidroponik kedalam wadah potongan bekas air mineral bagian bawah. Kalau bisa anda usahakan untuk menyesuaikan standar PH air dan PPM air sesuai dengan jenis tanaman.

Baca Juga 6 Tehnik Menanam Hidroponik Untuk Pemula, mudah-mudahan dapat menginspirasi anda dan menambah wawasan anda dibidang pertanian.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...