Loading...

Cara Mudah dan Unik Bagaimana Mencetak Kenari Lokal Untuk Lomba

Sponsored Links
.
Bagi pencinta burung kenari, sudah tentu ingin sekali mengetahui cara merawat kenari biar gacor terus keras dan panjang. Karena memiliki burung kenari dengan suara yang lantang, nyaring dan lama siang sore bahkan malam jadi incaran para pencinta burung kicau saat ini dan akan di beli dengan harga yang cukup mahal karena untuk di ikutkan dalam lomba burung kicau kelas kenari. Apalagi saat ini banyak para master kenari yang merekam suara kicau gacor panjang kenari juara untuk dijadikan Mp3 kenari agar bisa di download koleksi suara kenari juara.

Tips Cara Mencetak Kenari Lokal Untuk Lomba - Memiliki kenari anakan yang suatu saat diharapkan menjadi seekor kenari juara adalah impian banyak kenarimania. Tetapi kebanyakkan dengan cara instant dengan membeli langsung jadi dengan harga yang murah. Tetapi lewat cara yang seperti itu anak kecil juga dapat mengerjakannya, jadi amat sedikit yang belum tahu tentang bagaimana caranya Mencetak sendiri Kenari Lokal Gantangan/ Lomba.

Apakah kenarimania juga seseorang peternak? Apakah kenarimania pernah beli anakan Kenari Lokal umur 1 - 3 bln.????? Kalau jawabannya Ya bermakna cocok pas.

Kita teruskan pembahasannya, Cetak kenari type lokal atau yorkshire maupun type yang lain jadi juara di semuanya tingkatan lomba, perawatan mesti diawali sejak mulai umur awal dengan perawatan yang pas serta dimaster dengan nada kenari juara atau nada lain juga dari segi melatih fisik supaya tumbuh prima, mental tempur yang teruji, kwalitas lagu yang mumpuni, nafas yang panjang serta langkah pengambilan nafas yang bikin Kenari Lokal itu berkesan tak berhenti bunyinya dan pembiasaan dalam arena lomba.

http://miefbird.blogspot.com/2016/05/tips-cara-mencetak-kenari-lokal-untuk.html
 Tips Cara Mencetak Kenari Lokal Untuk Lomba

Beberapa hal yang perlu untuk dijalankan dalam menyiapkan serta menjaga anakan Kenari Lokal yang siap nampak di arena Gantangan yaitu seperti berikut :


1. Pastikan kedua indukan (jantan dan betina) dari anakan Kenari Lokal yang ingin kita pelihara hasil ternak sendiri karena sesuai dengan harapan kenarimania

2. Sebaiknya anakan Kenari Lokal dibeli dari mulai maksimal umur 30 hari,lebih muda akan lebih baik,asalkan si anakan sudah belajar makan sendiri namun belum ngeriwik sama sekali,hal ini akan berkaitan dengan proses pemasteran mengenai lagu yang akan kita master kepada anakan Kenari Lokal tersebut.

3. Lakukan pemasteran sesuai dengan tujuan kenarimania dengan suara burung yang memiliki variasi lagu yang bagus,hal ini akan berkaitan nantinya dengan cengkok/irama lagu dan panjang pendeknya pembawaan lagu serta cara pengambilan nafas dari kenari anakan tadi ketika membawakan lagunya,memaster dengan MP3 ataupun dengan burung aslinya sama saja.

4. Perawatan harian yang dilakukan adalah dengan memberikan semua jenis makanan pendamping yang dibutuhkan yang memiliki semua nutrisi, kalsium dan multivitamin serta mineral ,makanan pendamping seperti sayuran (sawi hijau/selada air/buah apel/daun mengkudu) juga diberikan setiap hari secara bergantian,perlu juga memperkenalkan makanan hewani semacam kroto.

5. Penting untuk mengetahui bahwa umur 1- 4 bulan adalah masa pertumbuhan anakan Kenari Lokal oleh karena itu kandang yang luas (kalau bisa sekali-sekali masukkan ke kandang umbaran) akan sangat berpengaruh kepada panjang pendeknya nafas dalam membawakan lagu,dan tentu saja organ suara seperti pita suara dan lainnya akan mampu berkembang sempurna apabila anakan Kenari Lokal tadi kita biasakan untuk berolahraga,proses ini tentunya juga berkaitan dengan proses penjemuran, usahakan agar anakan Kenari Lokal tersebut selalu bisa mendapatkan sinar matahari pagi,selama proses ini proses pemasteran tidak boleh berhenti.

6. Umur 4 bulan ini,biasanya anakan tersebut sudah bisa ngeriwik,dengarkan lagunya,apabila sudah mulai mengulang ritmenya,maka anakan Kenari Lokal ini bisa kita persiapkan untuk mulai diperkenalkan dengan kenari betina.Tahap ini sebenarnya tidak hanya untuk melatih dan memberikan pengalaman reproduksi namun secara langsung juga turut memicu hormon reproduksi dari si anakan,caranya adalah dengan membawa kenari betina berumur muda yang kemudian di tempelkan dan ditemukan setiap hari dengan kenari anakan kita,akan sangat baik apabila betina tersebut adalah betina yang lenjeh dan rajin memanggil dengan suara khas kenari betina.

7. Pada umur 5-6 bulan keatas sudah bisa ngeriwik kasar dengan lagu yang mulai terdengar kasar roll dot teruskan tahap 6 dan 7 ini sampai suara masteran mulai terdengar rutin di perdengarkan.

8. Untuk tujuan gantangan setelah tahap 7 sudah tercapai,maka bisa mulai di glenderkan dengan suara Kenari Lokal caranya adalah dengan membawa seekor Kenari Lokal Dewasa yang mempunyai lagu yang bagus,panjang atau pendeknya tidak masalah,nanti si anakan Kenari Lokal sendiri yang akan menyusun lagunya sendiri,dengan modal masteran suara burung lain yang pernah di dengarnya,maka suara Kenari Lokal Dewasa yang akan di bawakan oleh si anakan Kenari Lokal tadi akan terdengar "lain" dari suara Kenari Lokal Dewasa yang kita bawa ke rumah,ingat bahwa untuk tahap ini, jangan pernah mempertemukan dulu antara Kenari Lokal Dewasa yang kita bawa kerumah dengan anakan Kenari Lokal yang kita miliki ,hal ini penting untuk menjaga kestabilan mentalnya,biasanya tidak berapa lama kemudian,suara anakan Kenari Lokal tadi akan pecah dengan lagu yang sama sekali baru,tidak perlu heran apabila suara isiannya selama ini akan hilang dan digantikan dengan suara Kenari Lokal,tapi percayalah, bahwa cengkok dan cara pembawaan lagu nya tidak akan sama dengan Kenari Lokal Dewasa yang kita bawa,hal ini akan membuat susunan lagu anakan Kenari Lokal kita memiliki cengkok yang bagus dengan durasi yang panjang untuk kenari dengan kelas isian,maka sangat penting untuk tetap memperdengarkan suara masternya sampai suaranya pecah dengan tetap ditempel dengan kenari betina.

9. Apabila suara anakan Kenari Lokal kita sudah pecah, maka biasanya akan diikuti dengan level birahi yang naik secara drastis,carilah kenari betina yang sudah birahi dan lenjeh untuk mulai dikawinkan dengan anakan Kenari Lokal kita,tidak perlu mengharapkan perkawinan yang betul,karena kita hanya memperkenalkan cara reproduksi yang sekaligus mulai mempersiapkan kestabilan birahi dan mentalnya.

10. Setelah proses pada tahap 9 telah dilalui,mulailah membawa anakan Kenari Lokal kita untuk ditemukan dengan kenari lainnya,mulailah dengan mempertemukannya dengan kenari muda lain yang umurnya tidak terlampau jauh,lihat perkembangan mentalnya,setelah terlihat mulai berani berbunyi bersama-sama,maka anakan Kenari Lokal kita tersebut sudah mulai bisa disiapkan untuk masuk dalam perawatan siap lomba.

Itulah Tips Cara Mencetak Kenari Lokal Untuk Lomba. Semoga bermanfaat..
Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...