Loading...

Definisi dan Pengertian Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya

Sponsored Links
.
Loading...
Definisi Hidroponik: Anda tahu apa itu Hidroponik? Hidroponik berasal dari bahasa Yunani, yaitu hydro artinya "air" dan ponos artinya "mengerjakan". Pengertian hidroponik adalah suatu teknik/metode bercocok tanam dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah. Metode bercocok tanam hidroponik ini lebih menekankan kepada pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman. Selain itu alat atau media yang bisa digunakan antara lain berupa batu kerikil, pecahan batu karang atau batu bata, pasir, serabut kelapa, zat silikat, potongan kayu, ataupun busa. Unsur dasar yang diperlukan oleh tanaman dengan metode hidroponik sebenarnya bukanlah tanah, akan tetapi cadangan makanan dan air yang terkandung didalam tanah yang diserap oleh akar. Dengan demikian bisa dikatakan dan disimpulkan bahwa tanaman bisa tumbuh tanpa adanya tanah asal diberi cukup air serta garam mineral.

Pengertian Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya
Metode Tanaman Hidroponik

Kesuksesan bercocok tanam menggunakan metode hidroponik ini sebenarnya bergantung pada wadah atau tempat tanaman hidup, misalnya kebersihan wadah, media, dan tanaman yang digunakan. Jadi sebelum menanam menggunakan metode hidroponik ini harus memperhatikan kebersihan baik wadah atau tempat, dan media lainnya. Adapun cara untuk menyiapkan media yang akan digunakan untuk menanam ini adalah dengan cara dipanaskan atau dicuci terlebih dahulu agar terbebas dari hama dan penyakit. Kemudian setelah media dan wadah hidroponik benar-benar bersih barulah tanaman bisa ditanam pada media tersebut. Selain itu perlu juga diberikan larutan nutrisi buat tanaman, yang mana larutan ini harus mengandung unsur makromolekul, mikromolekul, hormon, dan bahan mineral yang sangat dibutuhkan tanaman.

Adapun manfaat dan keuntungan bercocok tanaman menggunakan teknik hidroponik adalah hasil tanaman akan berkualitas, terbebas dari hama dan penyakit, proses penanaman tidak harus mengikuti musim tanam, penanaman tidak membutuhkan tanah yang lebih luas, selain itu penggunaan air dan pupuk menjadi lebih hemat.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya, semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...