Loading...

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Cara Budidaya Hidroponik

Sponsored Links
.
Budidaya hidroponik merupakan salah satu cara mengembangkan tanaman dengan tehnik sederhana tanpa tanah dan air. Banyak tehnik yang bisa diterapkan dalam menanam hidroponik ini. Adapun sistem hidroponik yang paling populer dan banyak diterapkan khususnya bagi para pemula adalah hidroponik sistem sumbu ( wick ) dan hidroponik sitem apung ( floating system ).

Didalam membudidayakan tanaman menggunakan tehnik hidroponik ini, tentu ada sisi positif dan juga negatifnya, sisi posistif dapat berupa keuntungan dan kelebihan sedangkan sisi negatif dapat berupa kekurangannya. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan budidaya hidroponik ini anda bisa terus simak artikel ini, karena pada postingan kali ini dasar pertanian akan share apa saja kelebihan dan kekurangan menanam dengan sistem hidroponik.

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik


Adapun Kelebihan dan Kekurangan Bercocok Tanam Hidroponik antara lain adalah sebagai berikut :

Kelebihan Hidroponik

  1. Menanam hidroponik sangat cocok dan sesuai bagi anda yang mempunyai lahan sedikit atau terbatas. Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan dan tentunya memiliki lahan yang sangat terbatas, maka jika ingin menanam berbagai macam tanaman seperti sayuran maupun buah-buahan, anda bisa menggunakan sistem hidroponik ini. Anda bisa memanfaatkan sedikit lahan atau pekarangan anda untuk budidaya tanaman, salah satu tehnik atau sistem budidaya yang bisa anda terapkan adalah dengan metode hidroponik verticulture atau menanam dengan sistem vertikal.
     
  2. Menanam hidroponik sangat sesuai untuk dilakukan di daerah dengan kondisi tanah yang kering dan gersang. Perlu anda ketahui bahwa tehnik menanam hidroponik ini tidak membutuhkan tanah sebagai tempat atau media tanam, maka meskipun kondisi tanah daerah anda kering dan gersang, anda tetap bisa melakukan budidaya pertanian atau perkebunan seperti jenis sayuran dan buah-buahan.
     
  3. Dengan tehnik hidroponik ini, maka hasil panen akan lebih banyak bila dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional atau menggunakan media tanah, jika dengan kondisi luas yang sama. Jadi bila anda bandingkan dua tempat yang ukurannya sama, dan anda coba gunakan sama-sama untuk menanam, lahan yang satu anda pakai cara konvensional dan lahan satu lagi anda pakai cara hidroponik, maka hasilnya saya jamin lebih unggul tanaman hidroponik.
     
  4. Tanaman hidroponik akan lebih menghemat air. Meskipun namanya hidroponik, tetapi sebenarnya dengan metode ini justru akan menghemat air karena air yang habis tidak akan terbuang sia-sia, melainkan akan terserap oleh tanaman. Berbeda dengan tanaman yang tumbuh ditanah, meskipun banyak disiram air, maka air akan habis merembes lagi kedalam tanah.
     
  5. Dengan metode hidroponik ini, kita akan lebih memperkecil pencemaran zat kimiawi pada tanah. Coba anda perhatikan jika kita menanam pada media tanah atau lahan pertanian, ketika pupuk kimia ditebarkan, maka lama kelamaan akan merusak unsur hara pada tanah dan pencemaran zat kimia akan terjadi. Berbeda dengan tehnik hidroponik ini karena tanaman hidroponik jelas tidak menggunakan media tanah, jadi meskipun ada zat kimia tidak akan merusak tanah karena zat kimia tersebut akan langsung diserap oleh tanaman.

Namun disamping kelebihan hidroponik ini, tentu ada juga kekurangannya. Nah untuk kekurangan menaman hidroponik ini silahkan anda baca penjelasannya dibawah ini.

Kekurangan Hidroponik

  1. Kebutuhan nutrisi dan pupuk masih sangat sulit untuk didapatkan. Kalaupun anda ingin membeli ditoko pertanian, masih jarang dijumpai kebutuhan nutrisi untuk tanaman hidroponik ini, jadi anda harus pandai-pandai mencari alternatifnya, bisa melakukan browsing internet dan bisa melakukan belanja online. Jadi bagi anda yang masih gaptek alias gagap teknologi, tidak paham degan internet dan sebagainya, hal ini tentu akan menyulitkan.
     
  2. Menanam hidroponik dibutuhkan modal awal yang lumayan besar, kecuali anda bisa kreatif membuat sendiri peralatan dan media yang digunakan untuk menanam sistem hidroponik ini. Contohnya dengan menggunakan paralon bekas, botol aqua bekas, dan bahan lain yang kira-kira bisa dijadikan alternatif untuk menanam dengan tehnik hidroponik.
     
  3. Tanaman hidroponik lebih membutuhkan perawatan dan ketelitian bila dibanding dengan menanam langsung pada lahan atau tanah. Karena anda harus teliti dan selalu mengecek kadar pH pada tanaman, yang mana kadar pH ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman tersebut.

Itulah sedikit penjelasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik, mudah-mudahan menambah wawasan anda dibidang pertanian hidroponik.
Salam pertanian...

Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...