4 Cara Membasmi Hama Burung Pada Tanaman Padi

Sponsored Links
Hama burung merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para petani padi, baik padi darat maupun padi sawah. Burung yang biasa mengganggu tanaman padi ini adalah burung pipit atau kami biasanya menyebut burung emprit. Jumlahnya sangat banyak dan bergerombol. Apalagi jika tanaman padi yang kita tanam merupakan padi yang enak dan wangi, wah sudah jalas burung yang datang sangat banyak. Hal ini tentu akan membuat para petani kerepotan untuk mengusirnya. Untuk membasmi burung yang suka mengganggu tanaman padi ini bisa kita lakukan beberapa cara, seperti yang akan admin share pada postingan kali ini.

Padi merupakan komoditas pangan yang memiliki tingkat produksi nomor wahid di berbagai negara. Bagaimana tidak ? Kita sangat membutuhkan nasi sebagai bahan pokok makanan. Sedangkan nasi berasal dari beras, beras dihasilkan dari padi yang diproduksi para petani. Jadi pertanian padi ini tidak bisa diremehkan dan dianggap sebagai pertanian biasa, kita harus mendukung para petani supaya mau dan senang menanam padi. 

Namun terkadang kendala yang dihadapi para petani adalah adanya gangguan berupa hama dan penyakit. Memang sudah sangat wajar jika setiap budidaya pertanian khususnya budidaya padi ini selalu ada hambatannya. Namun bukan berarti dengan adanya gangguan itu membuat kita patah semangat, seperti halnya gangguan hama burung pada tanaman padi. Untuk mengatasi gangguan hama burung pada tanaman padi ini sebenarnya cukup mudah kok. Karena hal ini sudah pernah kami praktekkan sendiri dan berhasil, sehingga tanaman padi yang kami tanam aman dari serangan hama burung. Untuk itu silahkan anda coba tips mengatasi hama burung pada tanaman padi berikut ini.

Cara Membasmi Hama Burung Pada Tanaman Padi
Hama Burung Pada Tanaman Padi

Cara Membasmi Hama Burung Pada Tanaman Padi


Cara Mengatasi Hama Burung Pada Tanaman Padi


1. Selalu Menunggu Tanaman Padi
Untuk mengasasi tanaman padi agar tidak diserang burung, cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menunggunya. Hal ini tentu melelahkan dan membosankan, karena kita diharuskan untuk berhari-hari tinggal diladang hanya untuk menunggu padi. Jika cara ini tidak sesuai dengan anda, silahkan pakai cara kedua.

2. Membentangkan Tali Keseluruh Penjuru Tanaman Padi
Cara ini bisa dibilang efektif karena kita tidak perlu repot-repot berlari kesana kemari hanya untuk menghalau burung. Jadi kinerja tali yang dipasang tadi dapat otomatis menghalau burung, ditambah lagi kita berikan bunyi-bunyian yang riauh seperti bekas kaleng. Dengan tiupan angin maka tali-tali akan bergerak dan kaleng akan berbunyi riuh, sehhingga burung-burung akan takut dan pergi. 

3. Membuat Jaring
Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hama burung adalah dengan memasang jaring yang besar disetiap area dimana burung datang dan pergi. Memang cara ketiga ini membutuhkan banyak biaya untuk membeli jaringnya.

4. Membuat Orang-Orangan Sawah
Cara keempat untuk menghalau tanaman padi adalah dengan membuat orang-orangan sawah. Yaitu kita buat menggunakan kayu atau bambu juga bisa, dan kita pasangi baju dan topi layaknya orang. Hal ini bertujuan untuk menakuti hama seperti burung, babi, dan hama lainnya.

Demikianlah sedikit tips bagaimana Cara Mengatasi hama Burung Pada Tanaman Padi, mudah-mudah bermanfaat dan menginspirasi anda.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive