3 Cara Mencegah Buah Mangga Agar Tidak Sering Busuk di Pohon

.
.
Buah mangga adalah buah yang banyak diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Memang buah mangga ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh buah lainnya yaitu baunya yang wangi dan menyegarkan. Disamping itu buah mangga merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi karena banyak mengandung serat. Serat sangat dibutuhka oleh tubuh kita guna memperlancar sistem pencernaan. Namun yang menjadi persoalan disini adalah seringnya kita menjumpai buah mangga yang busuk dan tidak bisa dimakan. Apa sebenarnya yang menyebabkan buah mangga menjadi busuk? Ada kalanya kita sering menjumpai buah mangga yang diluarnya mulus dan cantik, namun ketika dibelah ternyata bagian dalamnya busuk dan banyak ulatnya. 

Image result for buah mangga busuk

Cantik tampak diluar tapi dalamnya busuk..he..he..apa itu ya..? Pernah anda mendengar kata tersebut? Hayoo..pasti anda berpikir yang bukan-bukan nih. Maksud admin disini adalah mau menyebut istilah untuk si buah mangga ini lho. Coba kalau kalian pernah mengalami hal seperti ini, beli mangga udah harganya mahal, tampak dari luar sih oke, mulus dan cantik pula, tapi ketika dibelah bagian dalamnya waduh..kok banyak ukirannya yah..Itu tuh kerjaannya si ulat pengerek buah. Jadinya kita gagal deh menikmati buah mangga yang harum dan manis gara-gara ulah si ulat. Lantas apa sebenarnya maksud si ulat kok pake masuk dalam buah mangga kita dan mendahului untuk memakannya? Tidak lain penyebab ulat penggerek masuk dalam buah adalah untuk bersarang dan mencari makan. Lalu lewat mana ya si ulat tersebut masuk dalam buah mangga? Padahal kalau kita perhatikan bagian kulit luar buah mangga sih mulus dan tidak cacat? hayo..ada yang pada tahu tidak lewat mana si ulat bisa masuk dalam buah mangga? Pasti gak ada yang tahu kan..? Nih admin kasih tahu ya lewat mana si ulat jahat bisa masuk dan bersarang dalam buah mangga tanpa merusak bagian luar buah mangga, sehingga patut disebut sebagai penyebab buah mangga sering busuk.

Ulat penggerek sebenarnya bisa masuk dalam buah mangga sejak buah mangga masih dalam masa berbunga. Itu fakta pertama, dan selanjutnya bisa jadi si ulat masuk lewat larva, karena pada mulanya ia adalah larva kecil yang bisa masuk lewat pori-pori buah mangga dan membesar didalam menjadi ulat. Fakta ketiga adalah biasanya buah mangga yang disentuh oleh kumbang, atau kalau bahasa kami menyebutnya " di entup kumbang " hingga akhirnya membusuk dan menjadi ulat. Atau bisa juga buah mangga disentuh lalat buah yang akhirnya bisa busuk. Jadi penyebab buah mangga sering busuk bagian dalamnya adalah karena serangan hama ulat penggerek, lalat buah, selain itu ada juga faktor alam yang kurang bersahabat.

Setelah kita tahu penyebab buah mangga sering busuk, terus bagaimana cara mencegah agar buah mangga tidak busuk? Ada yang tahu apa solusi untuk mencegah agar buah mangga tidak mudah busuk oleh ulat penggerek. Kalau tidak ada yang tahu maka sudah pasti akan berikan solusinya.

Cara mencegah buah mangga agar tidak busuk


Adapun cara melakukan pencegahan supaya buah mangga yang sudah kita budidayakan tidak mudah busuk, maka perlu dilakukan kiat-kiat berikut ini.

1. Lakukan penyemprotan dengan insektisida. Cara paling gampang dan mudah untuk mencegah agar buah mangga tidak diserang hama dan penyakit, dalam hal ini penyebabnya adalah ulat penggerek, jadi lakukan penyemprotan dengan insektisida pada saat buah mangga mulai berbuah. Lakukan penyemprotan rutin 1-2 kali dalam seminggu dengan kadar yang sudah ditetapkan dalam kemasan insektisida.

2. Membungkus buah mangga yang sudah mulai besar dengan bungkus plastik agar mencegah hama tidak dapat menyentuhnya, seperti kumbang atau tawon, kepik,lalat buah, dan lain-lain.

3. Membersihkan lingkungan tepatnya lokasi disekitar pohon mangga agar tidak menjadi sarang hama dan penyakit. Jika lingkungan disekitar kita dan disekitar tanaman buah mangga bersih, maka hal itu dapat meminimalisir terjadi gangguan hama dan penyakit pada buah mangga.

Itulah 3 hal yang bisa menegah agar buah mangga tidak mudah busuk. Mudah-mudahan artikel tentang Buah Mangga Busuk, Penyebab dan Cara Mencegahnya ini dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan bagi anda semua. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive