Cara Mudah Merawat dan Menanam Tanaman Bambu Air

Sponsored Links
tanaman-bambu-air
CARA MENANAM BAMBU AIR  -- Tanaman Bambu air dikenal dengan nama lain Tanaman Paku  Ekor Kuda, kini banyak diminati untuk tanaman hias di taman rumah. Dalam bahasa latin tanaman Bambu air dikenal dengan nama Equisetum hyemale. Selain sebagai Tanaman Hias , Tanaman Bambu air atau Paku Ekor Kuda ini konon juga mengandung silikat yang memiliki fungsi sebagai obat.  Tanaman Bambu air di alam bebas dapat tumbuh sampai 3 meter dengan batang yang berongga, memiliki sendi pada bagian  batangnya. Meskipun tanaman berdaun muncul, cincin cokelat di sekitar masing-masing sendi pada tangkai dianggap daunnya. Tanaman Bambu air ini sering ditanam pada taman yang akan memperindah taman. Seperti halnya tanaman Bambu Kuning, tanaman bambu air ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar rumah minimalis.

Tanaman Bambu air ini umumnya menyukai daerah atau tanah yang mengandung banyak air. Karena itu dalam menanam tanaman bambu air  yang terbaik bila ditanam di dekat kolam dan fitur air lainnya. Meskipun demikian, tanaman bambu air bisa di tanam pada tanah yang tidak terendam air, namun memerlukan suplai air atau perlu disiram secara lebih sering. Tanaman Bambu air ini mampu menyejukkan rumah dan taman anda.

Langkah Menanam Tanaman Bambu Air

Menanam tanaman Bambu air sebenarnya cukup mudah, yang diperlukan hanyalah mengkondisikan media tanam menyerupai dengan habitat alamnya. Media tanam untuk bambu air idealnya adalah yang mengandung banyak air. Berikut ini langkah-langkah menanam Tanaman Bambu Air:

1. Sediakan Media Tanam Dan Pot
Media yang baik untuk Tanaman Bambu air adalah tanah lumpur, idealnya bukan tanah biasa yang diisi dengan air saja . Meskipun tanah biasa mirip dengan lumpur sawah namun ternyata lumpur sawah lebih cocok untuk tanaman bambu air.

2. Tempatkan Bambu Air Pada lokasi Yang Terkena Sinar atau Tertutup Sebagian

Bambu air bisa hidup pada lokasi yang terkena sinar  matahari secara penuh, namun demikian pada lokasi yang teduh Bambu air juga bisa hidup dengan baik.
Bambu Air Yang Sudah Penuh Perlu Dipisahkan


3.  Berikan Air Pada Media Tumbuh
Seperti telah diutarakan di awal, Tanaman Bambu air sangat menyukai tempat yang mengandung air. Karena itu dalam menanam tanaman bambu air anda harus menyediakan air yang cukup untuk menjaga tanah lembab konsisten. Jangan biarkan tanah mengering karena jika sampai kering tanaman bambu air  akan mati.

4. Memangkas Batang Yang Mulai Kering/Coklat

Jika ada batang tanaman Bambu Air mulai berwarna coklat dan mengering pertanda sudah mati, namun biasanya akan tumbuh anakan baru bambu air. Potong dan bersihkan batang yang sudah mulai kering ini. Selain mengganggu keindahan, juga akan menghambat tumbuhnya tunas-tunas muda tanaman bambu air.

5. Split Tanaman Bambu air
Jika dalam pot sudah demikian penuh oleh tunas-tunas baru tanaman bambu air, anda bisa memisahkan tanaman bambu air menjadi beberapa bagian. Pindahkan ke dalam pot baru atau pot yang lebih besar. Lakukan ini secara terus menerus jika pot itu sudah penuh.

Nah itu tadi beberapa tips dan langkah merawat tanaman bambu air. Sebenarnya cukup mudah dalam menanam dan merawat tanaman bambu air. Jika dilakukan dengan benar tanaman bambu air akan tumbuh subur dan indah, tidak ada kata mati lagi, mati lagi. Selamat mencoba.



Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive