Cara Mudah Bagaimana Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah

Sponsored Links
Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman. Macam-macam gulma pada tanaman ini cukup bervariasi tergantung jenis tanaman yang kita budidayakan. Pada tanaman padi misalnya, gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut "jawan padi". Gulma pada tanaman harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik. Apakah anda semua tahu apa pengertian dari gulma ini? Jika anda belum tahu tentang pengertian gulma pada tanaman, selalu memberikan informasi yang komplit, jadi nantinya ketika pada pokok bahasan tentang gulma, maka anda semua sudah tahu pengertian gulma, contoh gulma, dan cara pengendalian gulma.
Gambar terkait
Berbicara masalah gulma ini, dan bagaimana cara pengendaliannya, maka sudah tentu setiap tanaman akan berbeda dalam pengendalian gulma. Pada kesempatan kali ini admin akan bagikan artikel tentang bagaimana Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah. Anda semua tentu sudah tahu padi sawah merupakan padi yang dibudidayakan dilahan persawahan. Meskipun tanaman sawah, padi ini juga akan mengalami yang namanya masalah gulma. Gulma padi sawah atau rumput liar yang sering mengganggu tanaman padi sawah ini adalah sejenis rumput yang bentuknya hampir menyerupai tanaman padi. Namanya adalah jawan kalau kami menyebutnya, atau dalam bahasa latin bernama " Echinochloa cruss-galli ".

Gulma tanaman padi ( jawan ) sangat mengganggu pertumbuhan tanaman padi. Bagaimana tidak mengganggu, apabila jawan sudah tumbuh disekitar tanaman padi, maka ketika anda memupuk tanaman padi, maka jawan inilah yang akan menghabiskan nutrisi pupuk yang anda pupukkan. Jadi tanaman padi yang anda tanam akan mendapatkan sedikit sekali pupuk, justru jawan ini yang akan subur dan tumbuh dengan baik. Akibatnya tanaman padi tidak akan menghasilkan padi yang baik. Maka diperlukan pengendalian gulma pada tanaman padi sedini mungkin.

Cara mengatasi gulma jawan pada tanaman padi ini bisa kita lakukan dengan beberapa cara. Jika anda selama ini merasa jengkel dengan tumbuhnya jawan disekitar tanaman padi, maka jangan risau lagi karena sekarang anda sudah tahu cara mengendalikan gulma tanaman padi yang bernama jawan ini. Bahkan tidak hanya jawan saja yang teratasi, tapi gulma padi lainnya juga akan teratasi, sehingga tanaman padi yang anda budidayakan akan berkembang dengan baik. Berikut ini merupakan Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah yang juga merupakan pengalaman kami dalam membasmi gulma pada tanaman padi sawah.



Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah


1. Pencegahan

Sebelum anda menanam padi dilahan sawah, maka sebaiknya anda melakukan pembersihan lahan sawah terlebih dahulu. Maksudnya adalah anda melakukan persiapan berupa penyemprotan lahan yang akan digarap sebelum membajak sawah. Hal ini bertujuan untuk mematikan calon-calon rumput liar yang nanti dapat tumbuh ketika padi ditanam.

2. Metode penanam padi harus benar

Gulma padi sawah ini akan tumbuh subur pada lahan sawah yang metode penanamannya tidak benar. Misalnya anda menanam padi hanya menyebar benih begitu saja tanpa melakukan penanaman. Mungkin karena ingin cepat dan praktis, maka menyebar benih begitu saja akan membuat tanaman padi tumbuh dengan baik. Padahal cara tersebut justru akan mengundang gulma padi semakin banyak dan berkembang. Maka sebaiknya anda menanam padi dengan metode yang benar, kalau menurut saya anda bisa menggunakan metode tanam jajar legowo. Kenapa harus menanam padi menggunakan metode tanam jajar legowo? Jelas hal ini akan meningkatkan hasil pertanian padi anda.

3. Membersihkan gulma padi dengan cara semprot dan manual

Nah untuk membersihkan gulma padi sawah ini, anda bisa menggunakan cara semprot dan juga manual yaitu mencabuti rumput yang tumbuh disekitar padi. Kalau anda menggunakan herbisida untuk mengendalikan gulma padi sawah ini, maka pilihlah herbisida yang baik dan gunakan takaran yang pas. Tapi sebenarnya lebih baik anda mencabuti gulma tersebut jika memang tidak terlalu banyak, karena hal ini akan lebih baik anda lakukan dari pada anda menyemprot.

Demikian sedikit informasi tentang bagaimana Cara Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi Sawah, Mudah-mudahan informasi singkat ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, dan juga bisa dijadikan pedoman bagi anda tentang bagaimana cara mudah mencegah dan mengatasi gulma pada tanaman padi sawah. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive