Cara Menanam Pisang Kepok

.
Pisang adalah jenis buah yang paling sering kita temui tak hanya di pedesaan namun hingga di perkotaan. Ada beragam jenis buah pisang diantaranya adalah pisang kepok. Jenis ini memiliki ciri-ciri bentuk buah yang cenderung pipih dan tidak bulat memanjang seperti jenis pisang lainnya.

Pisang ini disebut juga dengan nama pisang gepeng. Pisang kepook ini termasuk ke dalam jenis pisang yang enak dikonsumsi setelah diolah. Ia terdiri dari dua jenis yaitu posang kepok kuning dan pisang kepok putih. Pisang dengan daging berwarna kuning biasanya jauh lebih mahal dan rasanya pun lebih enak jika dibandingkan dengan pisang kepok dengan daging putih.
Pada dasarnya posang kepok ini dapat tumbuh dimana saja, namun untuk kualitas buah yang baik, biasanya ada persyaratan lahan tanaman yang harus dipenuhi. Penanaman pisang kepok banyak dilirik para petani sebab permintaan terhadap pisang ini selalu stabil.
Pembukaan lahan harus memperhitungkan faktor iklim, letak pasar atau industri, keamanan sosial juga prasarana ekonomi. Untuk membuka lahan tanam, langkah pertaman dimulai dengan pembasmian gulma, semak-semak, rumput dan melakukan proses penggemburan pada tanah, pembuatan sengkedan, dan saluran pengeluaran air.

Bibit pisang sebaiknya ditanam dengan jarak masing-masing bibit agak lebar agar di 3 bulan pertama bisa dipakai pola tanam tumpang sari di antara tanaman pisang. Tanaman tumpang sari bisa berupa sayur mayur. Kebanyakan kebun pisang di Asia dengan tingkat hujan yang tinggi ditanam bersama kopi, kelapa, kakao, dan lain-lain. Ini tentunya memberikan keuntungan ganda bagi petani.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive