Cara Menana Tanaman Ketapang Kencana Sebagai Peneduh Rumah

.
.
KETAPANG KENCANA -- Jika anda menginginkan taman rumah yang teduh dan indah, mungkin bisa memilih Ketapang Kencana sebagai tanaman pilihan. Ya Ketapang kencana memang termasuk salah satu tanaman perdu yang sering dipakai peneduh pada taman kota. Tidak hanya peneduh saja, ketapang kencana memiliki keindahan pada tajuk yang bertingkat-tingkat. Pohon Ketapang kencana  berbentuk pohon tinggi dengan cabang yang berjarak dengan cabang lain. Daunnya kecil-kecil dan jarang-jarang. Selain itu tanaman Ketapang kencana ini memiliki manfaat sebagai penyerap polusi udara, sehingga cocok untuk ditanam di taman-taman kota dan juga taman rumah.

Konon katanya Ketapang kencana merupakan tumbuhan endemik dari daerah Madagaskar, namun sekarang diintroduksi ke berbagai daerah tropika, termasuk Indonesia. Kini Tanaman Ketapang kencana ini telah banyak ditemukan menghias taman-taman rumah maupun taman lainnya.  Untuk penghias taman, tanaman ketapang kencana ini akan sangat bagus apabila dipasang di area landscape dengan di sinari lampu taman dari bawah dengan lampu tembak.

Bagi anda yang belum familiar dengan tanaman ketapang kencana ini, anda bisa mengamati tanaman dengan ciri-ciri  yang  berkembang biak dengan biji, memiliki batang utama yang tegak lurus dan jarang bercabang. Karakteristik lainnya dari tanaman ini terletak dari daunnya yang berwarna hijau kecil lembut dan rapat dengan pertumbuhan tanaman yang bisa mencapai hingga 10 meter. Dan tak kalah pentingnya, tanaman ini tahan terhadap paparan sinar matahari yang terik.

Cara Menanam Ketapang Kencana

Untuk menanam ketapang kencana dalat dilakukan dengan berbagai jalan,Salah satu cara yang mudah menanam ketapang kencana adalah melalui cangkok. Seperti pada umumnya mencangkok, ada beberapa hal yang harus di perhatikan terlebih dahulu, yakni pilihlah batang yang bagus, tidak cacat dan lurus. Selanjutnya Kerat batang pohon dan hilangkan lendir yang ada pada batang. Timpal dengan tanah dan balutlah dengan plastik bening. Sesudah itu, siramlah secara berkala sampai akarnya tumbuh banyak. Lalu potong dan simpan ditempat yang lembab.

Media tanam dari Ketapang Kencana  sebaiknya Anda olah tanah dengan pupuk kandang/kompos (1:1) sampai merata. Buat lubang tanam sedalam 30 cm kemudian tanam dan padatkan areal tanam disekitar bibit. Siram agar media tanam lembab. 

Setelah Ketapang Kencana ditanam pada media yang baik, selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan yang baik. Perawatan Tanaman Ketapang Kencana salah satunya adalah penyiraman .Penyiraman Ketapang kencana dilakukan  seperlunya saja, tidak usah setiap hari, terlebih yang ditanam di pekarangan atau lahan luas. Dan yang tidak kalah penting adalah berikan nutrisi berupa pupuk baik buatan atau organik secara berkala setiap 2-3 bulan sekali.

Nah dengan perawatan dan penanaman pada media yang baik, ketapang kencana akan tumbuh subur dan indah, dengan dahan yang bersusun indah serta teduh.



Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive