Wah Begini Rahasia Pengobatan Diabetes Dengan Menggunakan Petai Cina

.
.

Petai cina atau juga disebut dengan lamtoro ternyata mempunyai khasiat untuk menormalkan fungsi pankreas penghasil hormon insulin. Hormon inilah yang menormalkan kadar gula darah tubuh yang sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit diabetes.

Petai cina (Leucaena leucocephala) merupakan tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dengan ukuran sedang. Tanaman yang juga biasa disebut dengan lamtoro ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Saat ini, petai cina sudah banyak ditemukan diberbagai negara termasuk di tanah air.

Para petani seringkali memanfaatkan tanaman petai cina ini sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan sebagainya. Tumbuhan ini lebih cocok hidup di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 1.500 meter dpl. Di Indonesia sendiri, petai cina hampir musnah karena rentan dengan serangan hama wereng.


Petai cina ternyata memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit mematikan. Menurut situs manfaatdaunku.com, sebuah penelitian mengungkap kandungan zat baik yang terkandung dalam petai cina, diantaranya mineral dan kalsium dengan kadar tinggi. Daun serta buah dari tanaman petai cina yang seringkali dimanfaatkan sebagai obat penyakit mematikan seperti diabetes dan kanker.

Rasa petai cina yang sedikit manis bercampur dengan rasa pahit, diketahui juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium dan energi. Banyaknya kandungan zat yang bermanfaat untuk tubuh tersebut, membuat petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati disentri, menyehatkan kulit dan membunuh cacing dalam tubuh (bagi yang menderita cacingan).

Bagaimana tumbuhan petai cina bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit diabetes?

Konsumsi rutin petai cina ternyata mampu menormalkan fungsi pankreas yang menghasilkan hormon insulin. Seperti diketahui, hormon insulin inilah yang menormalkan kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes.

Cara membuat obat penyakit diabetes dari petai cina adalah sebagai berikut :
Ambil buah petai cina secukupnya kemudian digoreng tanpa minyak. Selanjutnya, tumbuk halus petai cina tersebut hingga halus berbentuk bubuk. Seduh 1 atau 2 sendok bubuk petai cina tersebut dan seduh dengan air panas layaknya membuat kopi.
Konsumsi rutin 1 gelas per hari akan membuat kadar gula darah penderita penyakit diabetes akan normal. Disarankan untuk berolahraga serta tetap menjaga asupan makan yang mengandung gula dan makanan/minuman manis lainnya untuk tetap menjaga kadar gula darah tetap normal.

[via Tribunnews]

Sponsored Links
loading...
Loading...
.