Manfaat dan Kegunaan Pupuk ZK

.
.

MANFAAT DAN KEGUNAAN PUPUK ZKImage result for pupuk zk

Pupuk ZK adalah salah satu pupuk anorganik mengandung hara kalium yang cukup populer digunakan petani di era 80-an. Nama ZK sendiri sebetulnya merupakan singkatan dari zwavelzure kali yang berarti belerang kalium. Nama tersebut adalah untuk menggambarkan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan pupuk ZK ini yaitu kalium sulfat (K2SO4) yang berwujud cair dan asam belerang (H2S) yang berbentuk padat.
Selama ini kita mungkin belum mengenal pupuk ZK. Pupuk ZK adalah pupuk tunggal dengan kandungan K2O sebesar 50 %. Pupuk ZK : Saudara dari Pupuk KCLJadi, pupuk ZK ini adalah “saudara” pupuk KCL. Kalau pupuk ZKkandungan K2O nya 50 % maka KCL kandungan K2Onya 60 %.
Pembuatan pupuk ZK menggunakan teknologi canggih dengan memampatkan kedua bahan tersebut dalam tabung dengan tekanan tinggi dan suhu tertentu sehingga terbentuklah  pupuk ZK : yang berwujud bubuk atau butiran kecil berwarna putih.

Sifat-Sifat Pupuk ZK 
· Tidak higroskopis
· Mudah larut dalam air
· Sumber unsur hara Kalium dan Belerang dengan kadar cukup tinggi
· Dapat dicampur dengan pupuk lain
· Aman digunakan untuk semua jenis tanaman
· Memperkuat daya tahan tanaman terhadap serangan hama penyakit
 
Jadi bila di toko tak ada KCL maka pupuk ZK bisa menjadi subsitusinya

Manfaat dan Fungsi Pupuk ZK

Dari kandungan pupuk ZK di atas, kita dapat mengetahui apa saja manfaat dan fungsi pupuk ZK ini. fungsi pupuk ZK antara lain adalah untuk mencukupi kebutuhan hara kalium tanaman dan untuk menurunkan pH tanah. Sedangkan pada tanaman, kita akan melihat beberapa manfaat pupuk ZK seperti untuk menguatkan batang tanaman, meningkatkan ketahanan tanaman, serta meningkatkan produksi hasil tanaman melalui asupan kalium yang cukup. Pupuk ZK saat ini sudah jarang ditemukan dipasaran karena fungsinya yang sudah digantikan oleh pupuk KCl
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive