Jenis dan Cara Pemupukan yang Baik Untuk Kelapa Sawit

.
.
Kebanyakan produk pupuk menyatakan bahwa pupuk produksi mereka adalah yang terbaik. Namun untuk tanaman kelapa sawit Anda tak boleh asal memilih pupuk. Sebab pupuk akan menjadi pendongkrak hasil sawit semakin melimpah dan berkualitas bagus. Maka Anda harus mengetahui jenis pupuk yang baik untuk tanaman kelapa sawit agar melimpah setiap dilakukan panen.
Jenis Pupuk yang Baik untuk Tanaman Kelapa Sawit
Anda harus mengetahui  jenis pupuk untuk kelapa sawit yang baik agar hasil sawit semakin banyak. Anda tak boleh salah memilih pupuk yang baik untuk kelapa sawit. Berikut beberapa persyaratan pupuk baik untuk kelapa sawit yang dapat Anda terapkan.
jenis-pupuk-terbaik-untuk-tanaman-sawit-lahan-gambut
  1. Mengurangi pemakaian pupuk NPK
Saat Anda memulai menanam bibit tanaman kelapa sawit tentu telah memilih bibit yang terbaik. Bahkan Anda juga telah memilih pupuk NPK serta jenis pupuk lain dengan kombinasi yang benar yaitu 2-1-2 atau 2-1-3. Namun yang harus Anda perhatikan adalah saat tanaman kelapa sawit Anda hendak berbuah. Jenis pupuk yang baik untuk tanaman kelapa sawit Anda yang akan berbuah ini adalah jenis produk pupuk buah. Pemakaian pupuk buah ini sebaiknya seimbang dengan pemakaian pupuk NPK. Bahkan akan sangat baik bila pemakaian pupuk NPK jauh berkurang dengan adanya pupuk buah tersebut. jadi Anda dapat menghemat pemakaian pupuk NPK.
  1. Membuat tanaman bebas hama
Salah satu cara efektif yang dapat Anda lakukan mengenali pupuk yang baik untuk kelapa sawit adalah dengan melihat pertumbuhan dan perkembangan tanaman serta hama yang biasanya menyertai. Bila pupuk yang Anda gunakan berkualitas baik maka tanaman kelapa sawitAnda tak akan terserang hama pada saat musim hama. Bahkan kelapa sawit Anda akan tumbuh bagus dan terhindar dari serangan hama.
jenis-pupuk-sawit-untuk-hasil-maksimal
  1. Membantu pohon tua untuk berbuah
Jenis pupuk untuk kelapa sawit yang baik adalah mampu membantu pohon tua kelapa sawit untuk berbuah, tak hanya pohon baru saja yang akan berbuah. Jadi pupuk buah yang bagus adalah pupuk yang mampu membuat pohon tua sawit Anda mampu berbuah melimpah pula.
  1. Mampu mengurangi kerontokan bunga dan buah
Pupuk yang baik untuk kelapa sawit adalah pupuk yang juga memiliki kemampuan mengatasi kerontokan bunga dan buah. Sebab dengan rontoknya bunga akan mengurangi banyaknya hasil panen sawit Anda nantinya. Sebab kebanyakan petani sawit mengeluhkan kerontokan bunga dan buah. Maka pilihan jenis pupuk untuk kelapa sawit sangat diperlukan sehingga panenan tak mengalami penyusutan atau gagal panen. Bahkan dengan pemilihan pupuk yang tepat membuat panen sawit Anda tetap melimpah.
jenis-pupuk-yang-baik-untuk-tanaman-kelapa-sawit
  1. Pupuk mudah dibeli dan selalu tersedia
Syarat kelima dari pemilihan pupuk yang baik untuk kelapa sawit adalah ketersediaan pupuk yang mudah didapat dan praktis. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam proses budidaya tanaman kelapa sawit. Dengan adanya pupuk buatan yang sudah siap pakai tentu akan menghemat tenaga dan waktu para petani kelapa sawit. Pupuk yang Anda pilih untuk membantu perkembangan sawit sebaiknya mudah Anda dapatkan dan dapat Anda jangkau di sekitar daerah.
Namun selain memperhatikan pemilihan jenis pupuk untuk kelapa sawit berdasarkan kelima syarat di atas, dosis dan juga cara melakukan pemupukan harus diperhatikan pula oleh para petani kelapa sawit. Dengan jeli memilih kualitas pupuk yang baik untuk tanaman kelapa sawit maka hasil panen sawit akan melimpah sesuai harapan Anda nantinya.
Semoga informasi seputar jenis pupuk yang baik untuk tanaman kelapa sawit ini dapat memberikan manfaat bagi Anda terkait pemilihan pupuk yang baik untuk tanaman sawit Anda.
Baca Juga Artikel lainnya Tentang Jenis Pupuk untuk Meningkatkan Hasil Sawit yang Bagus

Incoming search terms:

  • pemilihan pupuk untuk kelapa sawit
  • apa2 saja pupuk kelapa sawit dan fungsinya
  • jenis pupuk yg bagus untuk bibit sawit
  • pemilihan pupuk yg tepat utk kelapa sawit
  • pupuk apa yang bagus untuk membuat buah kelapa sawit melimpahJenis Pupuk untuk Meningkatkan Hasil Sawit yang Bagus
Jenis Pupuk untuk Meningkatkan Hasil Sawit yang Bagus

Kelapa sawit merupakan jenis tanaman yang mampu menghasilkan minyak nabati yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga. Tanaman sawit merupakan tanaman yang sangat cocok tumbuh pada daerah dengan curah hujan antara 2.000-4.000 mm/tahun serta tingkat keasaman tanah antara 4,0-6,0. Untuk mendapatkan hasil yang optimal diperlukan jenis pupuk untuk meningkatkan hasil sawit yang bagus.
Ketika Anda hendak memilih pupuk untuk hasil sawit bagus maka gunakan pupuk anorganik. Pupuk anorganik yang dapat Anda gunakan untuk pemupukan tanaman sawit yaitu pupuk tunggal dengan kandungan unsur hara utama yang gampang untuk diberikan pada tanaman serta harganya yang tidak terlalu mahal. Selain itu jenis pupuk untuk tanaman sawit dapat menggunakan pupuk campur yang berasal dari campuran beberapa pupuk tunggal.
jenis-pupuk-sawit-untuk-meningkatkan-hasil-panen
Jenis pupuk untuk hasil sawit bagus berikutnya adalah pupuk majemuk yang mempunyai satu formula dengan beberpa unsur hara utama, gampang untuk disimpan, dapat dipakai sekali dan biaya yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan pupuk majemuk tersebut juga terbilang murah. Jenis yang lain adalah pupuk majemuk khusus yang dibuat secara khusus seperti bentuk pelet atau tablet.
Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Dicari Distributor Untuk Jual Pupuk Sawit Terbaik
Selain memilih jenis pupuk untuk meningkatkan hasil sawit yang bagus, dalam hal pemupukan juga terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan para petani sawit, antara lain:
  1. Melakukan penyebaran pupuk secara merata di lingkar luar dan lingkar batang dalam pada bagian batang tanaman kelapa sawit.
  2. Menempatkan pupuk pada piringan tanaman sawit.
  3. Menempatkan pupuk pada larikan yang mengitari pohon dan dimasukkan dalam larikan tersebut lalu ditimbun kembali dalam tanah.
  4. Pemupukan dapat dengan cara menyemprotkannya ke daun.
  5. Melakukan pemupukan dengan cara infus akar.
cara-meningkatkan-hasil-kelapa-sawit-dengan-pupuk-organik
Selain melakukan seleksi jenis pupuk untuk tanaman sawit, Anda juga harus memperhatikan waktu pemupukan. Sebaiknya pemupukan tanaman kelapa sawit dilakukan pada musim hujan karena tanah menjadi lembab. Selain waktu, jumlah serta jenis pupuk yang diberikan pada tanaman kelapa sawit harus disesuaikan dengan jenis tanahnya dan usia tanaman sawit.
Untuk jenis pupuk untuk hasil sawit bagus lebih baik memakai kombinasi antara pupuk urea dan kieserit dibandingkan memakai kombinasi pupuk urea dengan dolomit. Sebab kombinasi antara urea dengan dolomit tidak mengandung kadar belerang yang diperlukan oleh tanaman sawit. Sedangkan untuk pupuk yang mudah larut sebaiknya menjadi pilihan jenis pupuk untuk tanaman sawit yang telah dewasa. Sebab akarnya yang lebat akan memudahkan diserapnya unsur hara oleh tanaman.
Untuk tanaman kelapa sawit yang berusia 0 sampai 3 tahun atau tanaman yang belum menghasilkan dapat menggunakan dosis atau takaran pupuk urea sekitar 0,04-0,6 yang diberikan sebanyak dua kali aplikasi. Sedangkan KCl 0,2-0,5 sebanyak dua kali aplikasi, serta borax dengan takaran 0,02-0,05 dapat diberikan sebanyak dua kali aplikasi. Untuk pemberian SP-36 dapat diaplikasikan sebanyak sekali dengan takaran 0,25-0,30.
Namun jenis pupuk untuk tanaman sawit beserta dosisnya tersebut juga harus disertai dengan adanya perhatian petani akan hal-hal yang berkaitan dengan pemupukan kelapa sawit. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berikut Jenis Pupuk untuk Meningkatkan Hasil Sawit yang Bagus hal penting yang harus Anda perhatikan dalam proses pemupukan tanaman kelapa sawit:
  1. Sebaiknya sebelum melakukan pemupukan terlebih dulu dibersihkan bagian piringan dari alang-alang, rumput atau tanaman pengganggu lainnya.
  2. Sebaiknya pupuk ditaburkan merata 0,5 meter dari pohon hingga ke pinggir piringan pada area yang datar.
  3. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat melakukan pemupukan maka selalu gunakan alat  takaran. Hal ini dimaksudkan agar dosis pemupukan bisa pas dan benar dalam penggunaannya.
Dari berbagai uraian di atas sudah jelas bahwa selain pupuk untuk hasil sawit bagus juga perlu ada kombinasi tepat dengan takaran atau dosis, serta waktu pemupukan yang tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi Anda semua para petani kelapa sawit.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive