Cara Mudah Menanam Bunga Pucuk Merah

.
.
MENANAM BUNGA PUCUK MERAH -- Tanaman yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Bagi anda yang belum mengenal Bunga Pucuk Merah, mungkkin secara tidak sadar anda pernah melihat tanaman ini. Karena Bunga Pucuk Merah sangat banyak dijadikan tanaman peneduh dan penyegar suasana di berbagai taman perkotaan. Jika anda melihat Tanaman bunga seperti pohon cengkeh , berwarna hijau dan pucuknya merah itulah tanaman bunga pucuk merah.
Bunga pucuk merah biasanya ditanam dengan dibentuk lancip seperti pohon cemara. Pemotongan pucuk-pucuk daun ini membuat tunas-tunas baru muncul dengan warna merah muda. Pucuk daun muda yang berwarna merah ini nampak seperti bunga yang seang mekar. Karena itulah mungkin bunga ini diberi nama Pucuk merah atau dalam bahasa latinnya Syzygium oleana.



Cara Merawat Bunga Pucuk Merah

Agar tanaman pucuk merah tetap indah lokasi menanam hendaknya berada pada lokasi yang terkena sinar matahari. Tanaman bunga Pucuk Merah membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan tunas-tunasnya. Karena itu jika sinar matahari mencukupi dan mendukung  tunas mudanya dapat tetap berwarna merah dan akan mempesona.

Cara menanam bunga pucuk merah untuk mempertahankan keindahan pucuk merah ini adalah dengan cara  dipangkas. Tujuan pemangkasan bunga pucuk merah adalah  agar tajuk tanaman selalu terlihat merah dan bentuk tajuk tanaman lebih terjaga. Waktu pemangkasan bunga pucuk merah adalah sekitar  dua minggu sekali.
Menanam Pucuk Merah Dalam Pot Agar Bisa Dipindah-pindah

Cara memangkas daun pucuk merah adalah pucuk-pucuk daun yang warnanya sudah memudar atau tidak lagi berwarna merah akibat menua, segera dipetik menggunakan tangan. Yang perlu diperhatikan dalam pemotesan, harus dilakukan tepat pada ruas cabang, sehingga tunas baru dapat segera tumbuh dari ruas yang telah dipangkas tadi.


Memangkas adalah Salah satu Cara Merawat Pucuk Merah
Untuk menghindari pucuk berwarna merah yang tidak merata maka perlu dijamin semua bagian daun pucuk merah terkena sinar matahari secara cukup dan merata. Jika tidak bisa merata maka pucuk berwarna merah hanya sebagian saja. Karena itu dalam merawat tanaman bunga pucuk merah perlu diputar dua minggu sekali, dengan catatan tanaman di tanam di dalam pot. Jika pucuk merah tidak di dalam pot pastikan sinar matahari bisa sempurna mengenai semua bagian tanaman.



Selain itu jangan lupa juga untuk memberi pupuk agar tanaman dapat tumbuh secara baik dan sehat. Berilah pupuk N-P-K yang seimbang. Lakukanlah pemupukan tanaman setiap dua bulan sekali. Selain dipupuk tanaman bunga pucuk merah perlu dilakukan penyiraman .Tanaman pucuk merah merupakan tanaman yang membutuhkan cukup banyak air untuk mempertahankan tunas-tunas yang berwarna merah. Penyiraman pucuk merah juga sangat perlu dilakukan setiap hari.

Menanam Tanaman Bunga Pucuk merah tidaklah sulit, selain itu tanaman jenis perdu ini mampu memberikan nuansa yang indah di Taman rumah anda. Dalam menghias taman rumah, tanaman pucuk merah memnberikan nuansa taman tropis di rumah anda. Selamat mencoba.



Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive