Cara Mudah Membuat dan Merawat Bakalan Bonsai Serut

.
.
CARA MERAWAT BAKALAN BONSAI SERUT -- Tanaman bonsai dari pohon Serut mungkin sudah tidak asing lagi bagi pecinta tanaman Bonsai. Serut merupakan jenis tanaman yang sangat cocok dijadikan bakalan bonsai, karena secara natural daun tanaman serut yang kecil dan batang berwarna putih kontras dengan warna daun yang hijau. Keunggulan lain dari tanaman serut sebagai bakalan bonsai adalah daya hidup tanaman serut pada pot cukup tinggi, sehingga tidak sulit dalam merawatnya. Bonsai serut yang indah dan sudah jadi tidak jarang berharga sangat mahal.

Yang membuat tanaman serut ini menjadi idola para pecinta bonsai adalah kemampuan tanaman serut untuk membentuk cabang dan ranting, pada saat ditanam pada pot. Selain itu pada bagian batang juga mudah tumbuh tunas, sehingga mudah dalam pemilihan cabang yang akan dibosai. Tanaman ini memiliki buah yang berwana hijau dan juga berbunga berwarna putih. Baik bunga dan buahnya tidak begitu menonjol karena terlalu kecil ukurannya.

Bagaimana Tanaman Serut Berkembang ?

Tanaman serut bisa dikembangkan dengan berbagai cara antara lain dengan tunas akar, cangkok maupun dengan cara stek. Cara perkembangbiakan tanaman serut dengan stek memerlukan penanganan yang lebih dan perlakuakn khusus.
Kebanyakan tanaman serut yang dijadikan bakalan bonsai diambil dari galian alam.  Namun dalam memindahkan dan menggali serut dari  alam harus hati-hati.  Terkadang untuk kehati-hatian penggaliannya dilakukan secara bertahap. Pertama kali, sebagian akar  dipotong dulu , selanjutnya ditimbun lagi dengan tanah. Setelah masa dua bulan berikutnya, pemotongan tahap kedua yang merupakan pemotongan seluruhnya dapat dilakukan. Setelah melalui cara tersebut, tanaman serut dapat dipindahkan ke dalam pot besar terlebih dahulu, yang merupakan pot sementara. 

Penanaman Bonsai Serut

Dalam masa pemindahan dari galian tanah ke pot diperlukan masa pembentukan sambil menunggu bakalan bonsai serut tumbuh sehat. Media tanam untuk masa pembentukan tanaman serut ini merupakan tanah gunung dicampur pupuk kandang atau humus, dengan perbandingan 1: 1.

Setelah bakalan bonsai serut ini tumbuh bagian cabang-cabangnya sudah seimbang dengan bagian batanng bisa dipindahkan ke dalam pot permanen dan mulai dibentuk. Karakter dari Tanaman Bonsai serut  ini menyukai sinar matahari penuh, karena itu perlu diletakan di tempat yang terbuka yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Di tempat itu, ia akan tumbuh baik dan daunnya dapat lebih kecil, serta tahan penyakit.

Selanjutnya setelah Bonsai tanaman serut bisa tumbuh dengan baik dan sudah dibentuk sesuai dengan yang diinginkan tinggal melakukan perawatan. Untuk perawatan tanaman bonsai serut perlu dilakukan penyiraman dua kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan. Perawatan lain dari bakalan bonsai serut ini adalah pemupukan dan pemangkasan dahan dan daun agar rapi.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.