Apa Fungsi dan Manfaat Pemberian Vitamin B1 Pada Ternak Sapi ?

.
.
B Complex, Perlu diberikan pada Ternak Sapi, Mengapa?

Vitamin adalah salah satu komponen yang wajib ada pada pakan ternak baik ternak sapi, kambing, domba, ayam dan kelinci. Vitamin bisa didapatkan ternak dari pakan yang berkualitas seperti hijauan segar yang bagus dan bisa juga ditambahkan secara langsung melalui suntikan, misalnya suntikan vitamin B kompleks. Salah satu vitamin yang terkandung dalam B kompleks adalah vitamin B1 yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi ternak sapi.


Pemberian vitamin juga harus mengikuti dosis yang dianjurkan karena jika diberikan terlalu banyak juga akan mubazir karena vitamin B adalah jenis vitamin yang larut dalam air sehingga kelebihan vitamin akan terbuang percuma melalui air seni sapi. Disamping terbuang secara percuma, pemberian vitamin B yang melebihi batas normal akan bisa mempengaruhi sistem syaraf (denyut nadi menjadi cepat), karena terjadi reaksi hipersensitif yang akan menyebabkan sapi mudah stress. Vitamin B1 akan lebih efektif jika penggunaannya dilakukan bersamaan dengan vitamin B yang lain.

Ada 8 jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin ini sepenuhnya bisa dibentuk dalam tubuh hewan yang memamah biak seperti sapi, sehingga kemungkinan terjadinya kekurangan vitamin B sangat kecil, kecuali pada kasus kekurangan pakan atau kualitas pakan yang kurang baik.


Manfaat Utama Vitamin B1 (Vitamin hidroklorida).
  • Menjaga fungsi tubuh sapi berjalan normal
  • Memproduksi energi yang dibutuhkan sapi dalam tubuh dan beraktivitas.
  • Membantu memelihara kesehatan syaraf dan dan otot dalam tubuh sapi.
  • Membantu tubuh sapi untuk membuat dan menggunakan protein. 

Bagaimana Ciri Sapi Yang Kekurangan Vitamin B1?
Gejala kekurangan vitamin B1 pada ternak sapi antara lain:
  • Nafsu makan hilang
  • Berat badan sapi terus turun
  • Sapi mengalami gangguan pencernaan.
Makanan Sumber Vitamin B1
Sumber makanan yang mengandung vitamin B1 adalah beras pecah kulit dan tentunya pakan hijauan. Tubuh sapi menyimpan vitamin B1 pada hati, ginjal, jantung, otak dan otot, dalam jumlah yang terbatas.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive