5 Cara Mudah dan Akurat Mengukur Kesuburan Tanah

.
.
Kesuburan tanah merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pertanian khususnya untuk keberhasilan petani ketika bercocok tanam. Pasalnya, hampir sebagian besar tanaman tentunya membutuhkan unsur hara yang baik dan cukup sehingga tanaman dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Hanya tanaman kaktus dan sedikit tanaman lainnya yang masih bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi tanah yang tandus dan ekstrim.

Kesuburan tanah bergantung kepada banyak hal, diantaranya adalah kandungan NPK dalam tanah dimana N adalah Nitrogen, P adalah Posfor dan K adalah kalium. Kadar unsur unsur tersebut yang ada pada tanah biasanya dipengaruhi oleh lamanya usia pemakaian tanah tersebut. Tanah yang telah sering dimanfaatkan untuk bercocok tanam, biasanya akan lebih sedikit kadar unsur hara dan kadar NPK-nya dibandingkan tanah yang masih baru dibuka.
Hasil gambar untuk cara mengukur kesuburan tanah
Selain dipengaruhi oleh kadar NPK, kesuburan tanah juga dipengaruhi oleh nilai pH dari tanah tersebut, biasannya semakin tinggi tingkat keasaman tanah(nilai pH kecil / rendah) maka akan sulit bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, sebaliknya jika nilai keasaman tanah tidak terlalu tinggi maka sebagian besar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bagaimana Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah Dengan Mudah

1. Menggunakan Alat Kesuburan Tanah
Saat ini 
cara untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah secara sederhana tidaklah sulit karena sudah ada alat sederhana yang dapat mengukur nilai pH tanah dan kesuburan tanah yaitu alat ukur pH dan kesuburan tanah. Alat ini sangat mudah digunakan dan tidak mebutuhkan daya listrik maupun baterai. Kita tinggal menancapkan ujung sensor alat ini kedalam tanah, kemudian kita tinggal menggeser tombol pengukuran untuk menentukan parameter apa yang akan kita ukur, apakah pH tanahnya atau tingkat kesuburannya, setelah itu kita tinggal menunggu beberapa saat untuk mengetahui hasil pengukurannya dengan melihat indikator jarum pada alat ini menunjuk ke angka berapa maka itulah nilai pH atau kesuburan tanahnya. Selain menggunakan alat, cara nengetahui tingkat kesuburan tanah juga dapat kita lakukan dengan cara yang sangat sederhana. Cara sederhana yang pertama yaitu dengan menanam jagung pada tanah yang akan kita uji kesuburannya. Pertumbuhan jagung itulah yang kita jadikan sebagai indikator untuk mengukur tingkat kesuburan tanah tersebut.



Beberapa cara mudah dan sederhana bisa dillakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah.  Meski hasilnya tidak selalu akurat, tetapi cara ini setidaknya bisa menjadi indikator awal untuk mengetahui tingkat kesuburannya. 

2. Melihat keberadaan cacing tanah
Cacing tanah bisa menjadi indikator kesuburan tanah, karena sebagian besar bahan mineral tanah yang dicerna cacing tanah dikembalikan ke tanah dalam bentuk nutrisi yang mudah dimanfaatkan oleh tanaman.  Kotoran cacing tanah juga kaya unsur hara.  Aktivitas cacing tanah mampu meningkatkan ketersediaan unsur hara N, P, dan K dalam tanah.  Cacing tanah juga bermanfaat memperbaiki aerasi dan drainase dalam tanah sehingga tanah menjadi gembur, serta membantu menguaraikan bahan organik di dalam tanah dan memperbaiki struktur tanah.  Dengan demikian semakin banyak cacing tanah yang ada dalam tanah maka semakin subur tanah tersebut.

3. Menanam jagung dan ilalang

Cara mengetahui tingkat kesuburan tanah berikutnya adalah dengan memmatau rumput, termasuk ilalang, yang tumbuh di atas tanah yang ingin kita ketahui kesuburannya. Apabila rumput pada tanah tersebut tumbuh denga subur, maka berarti tanah itu subur. Dan jika rumput tumbuh subur akan tetapi tanaman yang kita tanam tidak tumbuh dengan baik, maka permasalahan utamanya biasanya karena kekurangan air.Pertumbuhan jagung dan ilalang adalah indikator yang sangat baik untuk mengukur dan menunjukkan tingkat kesuburan tanah.  Jika jagung dan rumput ilalang dapat tumbuh subur berarti tanah itu subur.

4. Menggunakan kunyit
Salah satu faktor penentu kesuburan tanah adalah dengan mengetahui tingkat keasaman tanah atau pH tanah.  Pengukuran akurat bisa menggunakan dengan pH meter.  Cara mudah menentukan keasaman tanah yaitu dengan menggunakan kunyit.  Caranya yaitu, ambil rimpang kunyit sebesar jari telunjuk, potong menjadi dua.  Masukkan salah satu potongan ke dalam tanah basah yang akan kita ukur pH-nya, tunggu sampai 30 menit.  Setelah itu ambil kembali potongan kunyit tersebut.  Jika warna bagian yang terpotong tadi warnanya pudar berarti tanah bersifat asam, dan pH tanah netral jika hasil potongan berwarna tetap, jika warna kunyit tadi biru berarti tanah itu cenderung basa. 

5. Plastik pengukur bahan organik
Kesuburan tanah bisa diujur dari banyaknya bahan organik atau C- organik yang tersedia dalam tanah.  Cara mudah mengetahui kandungan bahan organik dalam tanah, yaitu dengan plastik panjang atau botol plastik.  Caranya, ambil sampel tanah dari beberapa titik di lahan, campurkan merata dan masukkan tanah hingga setengah panjang plastik/botol.  Masukkan air hingga penuh, tutup ujung plastik/botol.  Kocok sampai tanah merata, tempatkan plastik/botol dalam posisi berdiri, biarkan selama 1-2 jam.  Setelah benar-benar mengendap akan terlihat komposisi tanah.  Humus akan berada pada lapisan paling atas dan berwarna hitam, di bawahnya ada lapisan debu dan lempung, paling bawah adalah kerikil dan pasir.  Semakin teballapisan bahan organik maka semakin subur tanah tersebut. 

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive