Wow Begini Masalah Kuku yang Harus Kita Ketahui dan Pahami

.
.
Info Kesehatan - Kuku yang kecil pada jari tangan dan kaki juga perlu mendapat perhatian ekstra dari kita. Selain merusak penampilan dan bikin nggak pede, kuku ‘bermasalah’ dapat menjadi indikasi penyakit tertentu. Berikut empat masalah kuku yang sering kita hadapi:

Masalah Kuku yang Harus Kita Ketahui dan Pahami
Masalah Kuku yang Harus Kita Ketahui dan Pahami
1. Kuku memar (bruised nails)
Kondisi ini biasanya disebabkan oleh adanya pembekuan darah di bawah lapisan kuku (nail plate), yang terjadi karena luka atau memar pada alas kuku (nail bed). Bentuk serta warnanya sangat bervariasi, mulai dari marun hingga kehitaman. Kuku memar ini akan hilang dengan sendirinya jika pembekuan darah kembali normal, atau bisa juga disamarkan dengan mengoleskan cat kuku.

2. Kuku berubah warna (discolored nails)
Terjadi perubahan warna kuku, yaitu menjadi kekuningan, kebiruan, kemerahan, atau bahkan kehijauan. Ini terjadi karena peredaran darah di bagian alas kuku tidak lancar, kuku kurang sehat, kita sedang menjalani terapi pengobatan, atau kondisi jantung sedang bermasalah. Perubahan warna pada kuku juga dapat menjadi indikator akan adanya masalah kekebalan tubuh. Segera berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam, deh, daripada berlanjut.

3. Kuku bervlek putih (leuconychia)
Vlek putih yang timbul pada kuku biasanya terjadi karena busa air, memar, atau luka. Masalah ini sebenarnya akan hilang sejalan dengan pertumbuhan kuku, kok.

4. Kuku kulit telur (eggshell nails)
Kuku semacam ini memiliki lapisan yang tipis dan rapuh layaknya kulit telur. Kuku yang rapuh dan mudah patah biasanya terjadi akibat diet nggak sehat, penyakit dalam, dalam proses terapi pengobatan dengan obat-obat oral tertentu, atau sistem saraf yang kurang baik (nervous disorder). Selain melakukan perawatan manikur secara rutin, kita juga bisa mengatasinya dengan cara memilih produk perawatan yang dapat memperkuat kuku.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive