Loading...

Tips Panduan Menanam Daun Bawang di Pot Hasil Melimpah

Sponsored Links
.
Loading...
Bagaimana tips menanam daun bawang di pot yang baik? Daun bawang adalah sayuran dari keluarga Alliaceae yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan suatu makanan. Berbeda dengan tanaman bawang-bawangan lainnya, bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan dari daun bawang adalah daunnya. Daun dari tanaman Allium fistulosum ini biasanya dibuat menjadi sup, soto, dan martabak. Rasanya yang khas dengan perpaduan dari rasa gurih, berair, dan kenyal membuat sayuran ini memiliki penggemarnya tersendiri.
Daun Bawang
Pada dasarnya, tingkat kesulitan menanam daun bawang tergolong mudah. Bahkan tanaman ini juga bisa dibudidayakan dengan baik menggunakan media pemeliharaan berupa pot. Agar proses penanaman daun bawang dengan pot yang anda lakukan membuahkan hasil maksimal, pelajari tips-tipsnya berikut ini :
1. Tanam Daun Bawang dari Biji
Daun bawang bisa dikembangbiakkan baik secara generatif maupun vegetatif. Penanaman daun bawang secara generatif bisa dilakukan dengan menumbuhkan biji. Sedangkan penanaman daun bawang secara generatif biasanya dilakukan melalui stek batang. Budidaya daun bawang secara generatif diklaim dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas lebih tinggi ketimbang pembudidayaan secara vegetatif.
2. Gunakan Media Tanam yang Subur
Daun bawang menyukai media tanam yang subur dan agak berliat. Tumbuhan ini juga dapat dipelihara dengan baik di tanah yang berkelembaban cukup tinggi. Disarankan pakailah media tanam yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Tambahkan beberapa bagian pupuk kandang apabila diperlukan.
3. Siram Dua Kali Sehari
Sebagai tanaman yang tumbuh dengan memprioritaskan daunnya, daun bawang juga menyukai air. Tanaman ini bisa tumbuh lebih baik saat dipelihara di media tanam yang cukup lembab daripada media tanam yang kering. Oleh karena itu, anda sebaiknya menyiram tumbuh-tumbuhan ini dengan frekuensi dua kali sehari. Kurangi intensitas penyiraman tanaman saat musim penghujan.
4. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Sinar Matahari
Yang tidak kalah penting, pastikan daun bawang juga bisa mendapatkan sinar matahari langsung. Hal ini memungkinkan tanaman tersebut dapat berkembang biak dengan baik dan berfotosintesis dengan normal. Anda bisa menempatkan pot-pot berisi daun bawang ini di teras atau di bawah pohon agar terlindung dari curah hujan yang tinggi.
5. Lakukan Pemanenan dengan Bijak
Budidaya daun bawang menggunakan pot biasanya dilakukan pada skala rumahan. Untuk itu, sebaiknya lakukan proses pemanenan secara bijak. Maksudnya, anda bisa memotong separuh dari tanaman-tanaman daun yang dibudidayakan agar lebih cepat tumbuh kembali. Di sisi lain, hindari pemanenan dengan turut mencabut bagian akarnya.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter