Panduan Lengkap Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri Di Rumah

.
.
Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara membuat bibit tomat? Tomat adalah tanaman pangan yang dapat dimanfaatkan bagian buahnya. Buah tomat dikenal memiliki citarasa yang manis keasaman, segar, dan berair. Selain dimakan begitu saja, buah tomat juga dapat dijadikan sebagai olahan makanan dan minuman.
Tomat
Tahap pertama yang perlu dilakukan untuk memulai budidaya tomat adalah proses pembuatan bibit. Sebenarnya, tingkat kesulitan proses ini terhitung sangat mudah, namun membutuhkan kecermatan dan ketelitian yang tinggi agar hasilnya maksimal. Di bawah ini panduan yang bisa anda pelajari :
Alat dan Bahan :
  • Buah tomat
  • Polybag kecil
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kompos
  • Air
  • Pisau
  • Sekop kecil
  • Ember
Langkah-langkah :
  1. Pilih buah tomat indukan yang memiliki kualitas tinggi. Tandanya buah tersebut berusia dewasa, matang merata, permukaannya mulus, dan berukuran besar. Hindari menggunakan buah tomat yang tidak normal, berpenyakit, dan hampir membusuk.
  2. Belah buah tomat menggunakan pisau menjadi dua bagian, lalu keluarkan biji-bijinya. Rendam biji-biji tomat ini dalam seember air selama 4-5 jam. Tujuannya untuk menghilangkan lendir buah sekaligus menyeleksi kualitas biji. Biji-biji tomat yang berkualitas baik ditandai dengan posisinya yang tenggelam di air. Di sisi lain, biji-biji tomat yang tetap terapung sebaiknya tidak digunakan karena isinya sudah kopong.
  3. Siapkan media semai yang terdiri dari tanah berhumus, pasir, dan pupuk kompos. Campur ketiga bahan ini secara merata agar menghasilkan tekstur media semai yang agak berpasir dan beremah. Untuk memudahkan anda dalam mencampur media semai, disarankan melakukannya di ember.
  4. Masukkan media semai yang telah diolah tadi ke dalam polybag-polybag kecil sampai terisi penuh. Usahakan polybag yang dipakai mempunyai lubang di bagian dasarnya untuk mencegah media terlalu lembab. Lakukan pengisian media semai ini hingga seluruh polybag terisi seluruhnya.
  5. Penanaman biji tomat sebaiknya dilakukan saat pagi hari, di mana kondisi lingkungan masih ideal. Setiap polybag semai perlu diisi 3-5 biji tomat sekaligus dengan kedalaman lubang berkisar 1-2 cm. Ulangi proses ini sampai seluruh polybag-polybag terisi dengan biji tomat.
  6. Perawatan tomat selama dalam masa semai meliputi penyiraman dan pemberantasan gulma. Media semai perlu disiram setiap sehari sekali atau sesuai dengan kondisi media tersebut. Media yang terlalu basah akan membusukkan biji, sedangkan jika media tersebut terlalu kering maka biji akan mati. Sementara itu, pemberantasan gulma dilakukan setiap seminggu sekali dengan cara mencabut rumput dan tumbuh-tumbuhan liar yang ada di sekitar bibit tomat.
  7. Pada umumnya, proses pembuatan bibit tomat akan berlangsung selama sebulan. Dalam waktu ini, biji-biji tomat tadi bakal berubah menjadi tanaman tomat kecil berukuran 5-10 cm. Hal ini menandakan bibit-bibit tomat telah siap dipindah ke lahan penanaman.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive