Panduan Cara Mudah Menanam Tanaman Hias Indoor (Dalam Ruangan)

.
.
MENANAM TANAMAN HIAS INDOOR -- Langkah sebelumnya dalam menanam tanaman hias indoor adalah mengetahui apa saja yang diperlukan dalam budidaya tanaman hias indoor. Selanjutnya kita perlu mengetahui hal-hal teknis apa saja yang perlu dilakukan dalam menanam tanaman hias indoor. Hal-hal teknis yang berkaitan dengan menanam tanaman hias pada ruangan adalah meliputi bagaimana mempersiapkan media tumbuh untuk tanaman hias indoor, bagaimana cara pengepotan, penyiraman tanaman hias indoor dan juga pemupukan.

Media Tumbuh Untuk Tanaman Hias Indoor

Untuk menanam tanaman hias dalam ruangan yang sangat penting diperhatikan adalah pemilihan media tumbuh dan tempat penanamannya. Penanaman tanaman hias pada ruangan atau indoor memerlukan pot sebagai wadah untuk menanam. Pot untuk tanaman hias indoor bisa dipilih dengan bahan tanah liat, pot kayu (pohon pakis), pot dari plastik dan juga pot dari semen. Tentunya semua pot untuk tanaman hias indoor tersebut harus memiliki lubang drainase di bagian bawah atau juga di bagian samping. Yang penting diperhatikan adalah keserasian antara pot dengan tanaman hias yang akan ditanam.

Setelah wadah untuk tanaman hias indoor disiapkan, langkah selanjutnya adalah memilih media tumbuh yang digunakan. Ada dua macam media tumbuh yang bisa digunakan untuk menanam tanaman hias indor, yaitu Campuran tanah dan campuran tanpa tanah. Campuran tanah merupakan campuran yg mengandung tanah alami dan sering dicampur pasir dan kompos. Media tanpa tanah biasanya berasal sphagnum moss, sisa kayu, sisa tanaman, dan lain sebagainya.
Spagnum Moss, Salah Satu Media Tumbuh Tanaman Hias Indoor
Spagnum Moss, Salah Satu Media Tumbuh Tanaman Hias Indoor


Yang penting diperhatikan dalam memilih Media tumbuh tersebut adalah  disesuaikan dgn sifat tanaman hias yg akan ditanam. Misalnya saja ada jenis tanaman hias yang perlakuannya umum, tanaman hias yang suka kering dan jenis-jenis tanaman hias yang suka lembab.

Tanaman yang suka dengan media umum contohnya adalah Philodendron, Aglaonema, Dieffenbachia,Anthurium, dan Palm. Tanaman yang suka dengan  media tanaman hias keadaan kering contohnya adalah kelompok kaktus, Sanseviera, dan jenis-jenis sukulen lainnya. Sedangkan jenis tanaman hias yang suka dengan media tanamn hias suka keadaan lembab adalah : Kadaka, sirih belanda, violes , suplir, dan kelompok paku-pakuan lainnya.


Cara Menyiapkan Media Tanam Untuk Tanaman Hias Indoor

Untuk menyiapkan media tanam pada tanaman hias indoor, berikut langkah-langkahnya:
-  Pastikan pada dasar pot ada  lubang drainase
- Berikan lapisan pecahan batu bata atau genteng pada dasar pot
- Isi  pot dgn media tanam/tumbuh, Adapun Cara mengisikan media tanam pada pot untuk tanaman hias Indoor disesuaikan dengan jenis tanaman hiasnya. Berikut ini cara yang dilakukan :
1. Cara Menyusun media Tanam Untuk Tanaman Umum
Menyusun Media Tanam Tanaman Indoor Umum

2. Cara Menyusun media Tanam Untuk Tanaman Yang Suka Kering

Cara Menyusun Media Tanam Untuk Tanaman Yang Suka Kering

3. Cara Menyusun media Tanam Untuk Tanaman Yang Suka Lembab


Cara Menyusun Media Tanam Untuk Tanaman Yang Suka Lembab


Selanjutnya setelah media tanam untuk tanaman hias indoor selesai dipersiapkan langkah selanjutnya adalah memindahkan tanaman ke dalam pot yang sudah diisi media. Agar tidak stres akan perubahan lingkungan , jangan habiskan semua media aslinya, namun bersihkan akar-akar yang sudah mati pada tanaman, selanjutnya pindahkan pada media baru.

Langkah selanjutnya menanam tanaman hias indoor adalah menempatkan pada tempat yang diinginkan. Selanjutnya perawatannya adalah dilakukan penyiraman secara teratur dan hati-hati sesuai dengan kebutuhan. Hati-hati karena tanaman diletakkan pada ruangan, agar air tidak sampai menggenang dan mengotori lingkungan. Selain penyiraman langkah perawatan tanaman hias indoor adalah dengan pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan melalui akar ( disiramkan) dan melalui daun (disemprotkan).
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive