Panduan Cara Mudah Menanam Rumput Gajah Mini di Taman Agar Cepat Berkembang!

.
.
Bagaimana cara menanam rumput gajah mini di taman? Salah satu penghias dekorasi taman yang kini pamornya semakin naik ialah rumput gajah mini. Tanaman yang bernama latin Pennisetum purpureum schamach ini tidak hanya bisa digunakan untuk menutupi permukaan tanah, tetapi juga dapat diandalkan untuk memperindah pembatas teras dengan taman dan pemanis nat lantai carport.
Rumput gajah mini mempunyai daun berkelir hijau pekat yang menyegarkan mata. Daun tanaman ini cukup tebal, tepiannya agak keriting, dan panjang daunnya mencapai 5 cm dengan panjang akar berkisar 5-8 cm. Penampilannya yang lebih pendek daripada jenis rumput-rumput yang lain, membuat rumput ini terlihat lebih rapi.
Rumput Gajah Mini
Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini untuk menanam rumput gajah mini di pekarangan rumah :
1. Kondisi Tanah
Rumput gajah mini adalah salah satu jenis rumput yang menyukai kondisi tanah yang gembur dan subur. Sebelum tanah di taman dapat ditanami rumput ini, cangkul terlebih dulu supaya gembur. Anda tidak perlu mencangkul tanah terlalu dalam, cukup sampai kedalaman 20 cm. Selanjutnya, ratakan permukaan tanah tersebut sehingga nantinya rumput-rumput yang ditanam di atasnya juga ikut berpermukaan rata.
2. Bibit Rumput
Pada umumnya, bibit rumput gajah mini dijual dalam ukuran dan bentuk ikatan yang besar. Itu sebabnya, pecah bibit tersebut menjadi kelompok-kelompok rumput yang lebih kecil sekitar 3-5 cm. Kemudian, tanamkan bibit rumput ini ke tanah yang sudah disiapkan sebelumnya sampai seluruh bagian akarnya tertimbun. Disarankan tanam bibit-bibit rumput ini secara zigzag agar nantinya pertumbuhan rumput terlihat rapat, rapi, dan subur.
3. Prosedur Penanaman
Untuk prosedur penanaman rumput gajah mini yang benar, mulailah dengan menamakan rumput di dalam tanah dan pastikan ikatan rumput dengan tanah sudah kuat. Berikan pukulan perlahan pada permukaan rumput supaya akarnya melekat ke dalam tanah. Jangan lupa, ratakan posisi rumput dan permukaan tanah dengan memanfaatkan bantuan lebar balok kayu atau batu bata. Terakhir, biarkan rumput tumbuh dan beradaptasi dengan kondisi taman selama seminggu hingga akarnya tumbuh.
4. Pemupukan Ulang
Taman rumput gajah mini harus dipupuk ulang secara berkala agar kondisi tanahnya tetap subur. Idealnya, pemupukan ulang dilakukan setiap tiga bulan sekali menggunakan pupuk NPK. Sedangkan untuk pemupukan ulang tahap pertama, anda bisa melalukakannya sejak dua minggu setelah proses penanaman bibit. Cairkan terlebih dahulu pupuk NPK memakai air, lalu siramkan pupuk cair ini pada jarak 20 cm dari kelompok rumput.
5. Teknik Penyiraman
Mengingat ukurannya yang kecil, tanaman rumput gajah mini cenderung mudah rusak jika terkena air bertekanan keras. Apabila anda menyiram tumbuhan ini secara langsung menggunakan selang air, bukan tidak mungkin susunan rumput yang indah akan rusak seketika. Sebaliknya, penyiraman tanaman dengan menggunakan air bertekanan rendah akan menghindari kejadian buruk ini serta memungkinkan rumput tidak tergenangi air dan membusuk. Karenanya, setiap kali hendak menyiram taman, anda bisa memanfaatkan ceret penyiraman yang memiliki lubang-lubang kecil.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.