Panduan Cara Mudah Menanam Belimbing Wuluh di Pot

.
.
Cara Menanam Belimbing Wuluh di Pot - Belimbing wuluh merupakan jenis buah belimbing yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan, buah belimbing wuluh memiliki rasa yang asam. Buahnya terasa renyah saat digigit dan mengandung banyak air, selain sebagai bahan masakan, buah belimbing wuluh juga sering dikonsumsi langsung saat kondisi segar. Namun biasanya akan dipadukan dengan penggunaan garam atau sambal sebagai petis/rujak.


Buah belimbing wuluh yang memiliki rasa asam ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya : mengobati batuk, mengatasi diabetes, mencegah hipertensi, mengobati sariawan, dan lain sebagainya. Untuk budidaya belimbing wuluh yang benar dapat dilakukan dengan cara stek batang, anda harus melakukan beberapa langkah berikut:
  1. Pilih pohon belimbing wuluh yang telah terbukti berbuah lebat
  2. Potong salah satu batangnya yang tidak terlalu muda dan juga jangan terlalu tua
  3. Rendam batang belimbing wuluh yang dipotong ke dalam larutan perangsang pertumbuhan akar selama 1 malam.
  4. Siapkan media tanam berupa pot besar, isi dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang.
  5. Tancapkan potongan batang belimbing wuluh langsung ke pot
  6. Lakukan penyiraman, serta usahakan penanaman dilakukan awal musim hujan agar kondisi lingkungan lembab sehingga batang belimbing wuluh tidak kering.
Selain dapat ditanam di dalam pot, belimbing wuluh biasanya dibudidayakan di halaman rumah. Cara yang dilakukan hampir sama dengan cara menanam belimbing wuluh di pot, hanya saja medianya yuang berbeda. 

Namun sebelum menanam belimbing wuluh langsung di tanah halaman rumah sebaiknya lakukan penggemburan terlebih dahulu dengan cara mencangkul. Kemudian berilah pupuk kandang sembari menggemburkan tanah. Setelah selesai barulah potongan batang belimbing wuluh yang telah direndam larutan perangsang akar dapat ditancapkan ke tanah secara langsung.

Itulah beberapa langkah sederhana menanam belimbing wuluh di pot dan juga budidaya belimbing wuluh di halaman rumah yang benar. Belimbing wuluh tidak memerlukan perawatan khusus, cukup lakukan pembersihan rumput liar yang tumbuh di sekitar pohonnya. Pohon belimbing wuluh akan menghasilkan buah pada umur sekitar 3 tahun dari penanaman, buah belimbing wuluh tidak mengenal musiman sehingga hampir sepanjang tahun pohon belimbing wuluh akan berbuah.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive