Panduan Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga di Pot Agar Berbunga Sepanjang Waktu

.
.
Bagaimana tips menanam dan merawat bunga di dalam pot? Sampai saat ini, pot masih menjadi solusi efektif bagi para penghobi yang ingin mengoleksi tanaman bunga namun tidak memiliki lahan yang cukup luas. Menanam tumbuh-tumbuhan dengan media pot adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi dengan memeliharanya di pot, tanaman tersebut bisa dipindah-pindahkan dengan mudah.
Tapi tahukah anda, prosedur budidaya tumbuhan berbunga di pot tidak sama seperti di lahan terbuka. Ada sejumlah perlakuan khusus yang mesti diperhatikan agar tumbuhan tersebut tetap bisa berkembang secara normal, berbunga indah, dan tidak membusuk. Apa saja ya?
1. Pakai Media Tanam yang Tepat
Media tanam yang dapat digunakan untuk memelihara tumbuhan berbunga di pot adalah campuran tanah humus dan pupuk dengan perbandingan sesuai jenis tumbuhan yang akan ditanam. Pastikan kedua bahan media tanam tersebut tercampur merata dengan mengaduk-aduknya terlebih dahulu. Masukkan sabut kelapa atau pecahan genteng ke dalam pot sebagai dasar media tanam. Berikutnya masukkan media tanam setinggi 1/4 dari kedalaman pot. Letakkan bibit tanaman berbunga di pot, lalu kubur batang tanaman dengan media tanam sampai pot terisi penuh.
2. Berikan Pupuk Organik Sebulan Sekali
Ketika ditanam di pot, tumbuh-tumbuhan hanya mengandalkan nutrisi yang ada di media tanam sebagai makanannya. Oleh karena itu, pemupukan setiap sebulan sekali sangat penting dilakukan untuk memastikan tanaman dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya. Pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang aman digunakan secara berkala. Untuk merangsang tanaman agar rajin berbunga, anda bisa memberikannya pupuk NPK sesekali waktu.
3. Tambahkan Media Tanam Jika Diperlukan
Setelah tanaman bunga berusia tiga bulan biasanya media tanam di pot akan menyusut dan berkurang. Anda bisa menambahkannya kembali dengan media tanam yang sama sesuai kebutuhan. Jangan lupa gemburkan terlebih dahulu media tanam di pot pada lapisan teratas untuk memudahkan pertumbuhan akar tanaman.
4. Ganti dengan Pot yang Lebih Besar
Seiring berjalannya waktu, tanaman akan tumbuh semakin tinggi menjulang. Akibatnya ukuran pot pun terlihat kekecilan dan tidak mampu lagi mendukung pertumbuhan tanaman. Itu sebabnya, anda harus rajin memantau tingkat perkembangan tanaman dan memindahkannya ke pot yang lebih besar saat diperlukan.
5. Lakukan Penyiraman Secukupnya
Kunci dari perawatan tumbuhan di pot adalah mengatur pola penyiraman sesuai kebutuhan. Ada tanaman bunga yang menyukai kondisi tanah yang lembab dan basah, namun tidak sedikit juga tanaman yang sensitif terhadap kondisi media tanamnya. Untuk itu, sebelum memutuskan memelihara tanaman tersebut, pelajari dulu karakteristiknya. Lakukan penyiraman dengan air bersih sesuai kebutuhan.
6. Lindungi Tanaman Memakai Fungsida dan Insektisida
Pada umumnya, tumbuh-tumbuhan yang dirawat di pot tidak begitu rentan diserang hama dan penyakit. Tetapi tak ada salahnya apabila anda mengantisipasi timbulnya hal ini dengan menyemprot tanaman memakai fungsida dan insektisida secara teratur. Lakukan penyemprotan ini minimal setiap tiga bulan sekali supaya kesehatan tanaman bunga kesukaan anda tersebut terus terjaga.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive