Daftar Makanan Sumber Asam Folat (Vitamin B9), Nutrisi Penting Ibu Hamil

.
.
Macam-macam Jenis Makanan Sumber Asam Folat Tinggi, Mulai dari Sayuran, Buah-buahan dan Jenis Makanan Lainnya.
Asam Folat atau Vitamin B9 adalah nutrisi yang sangat berguna bagi ibu hamil terutama. Kebutuhan ibu hamil akan asam folat sekitar 400 mcg. Mengapa asam folat atau vitamin B9 ini sangat penting bagi ibu hamil? Asam folat bermanfaat untuk mencegah timbulnya kelainan pada otak janin, menjaga fungsi normal sumsum tulang belakang dan mencegah cacat tabung syaraf pada janin. Jadi demikian vital fungsi dan manfaat asam folat untuk ibu hamil dalam mendukung tumbuh kembang janin yang sehat. Seorang ibu hamil maupun para suami siaga "wajib" tahu jenis  makanan-makanan yang merupakan sumber asam folat.

Berikut beberapa macam dan jenis makanan yang merupakan sumber asam folat yang tinggi

Sayur Asparagus
Tanaman Asparagus sangat kaya akan kandungan asam folat, dalam 1 cangkir asparagus mengandung 79 mcg. Untuk mendapatkan manfaat dari asparagus ini cara terbaik adalah dengan mengukusnya jangan terlalu matang agar kandungan nutrisi terutama asam folatnya tidak rusak dan masih bisa diambil manfaatnya oleh sang ibu hamil.

Sayuran Biji Kacang merah
Kandungan asam folat atau vitamin B9 dalam setengah ( ½ ) cangkir kacang merah adalah sekitar 115 mcg asam folat. Manfaat lain dari kacang merah ini adalah kandungan seratnya yang tinggi sehingga bisa menjaga proses normal pencernaan juga bermanfaat membersihkan usus dari kotoran (radikal bebas).

Sayuran Brokoli
Kandungan Asam Folat atau Vitamin B9 dalam Brokoli untuk setiap satu cangkir brokoli terdapat sekitar 104 mcg asam folat.

Kacang-kacangan
Jumlah Asam Folat atau vitamin B 9 dalam satu cangkir kacang mengandung sekitar 180 mikrogram folat, jumlah tersebut hampir memenuhi setengah dari jumlah kebutuhan asam folat harian.

Biji bunga matahari
Untuk 1 ons biji bunga matahari yang sudah dikupas mengandung asam folat sekitar 82 mcg.

Sayur Buah Tomat
Satu buah tomat mengandung asam folat sekitar 48 mcg. Asam folat dalam tomat sudah terbukti dalam menjaga kessehatan ibu hamil. Selain mengandung asam folat, buah tomat juga kaya akan vitamin lainnya seperti vitamin A yang baik untuk kesehatan, vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta mengandung antioksidan yang berguna untuk menakal radikal bebas dan sel kanker.

Buah jeruk
Ternyata buah jeruk merupakan sumber asam folat disamping sebagai sumber vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan ibu hamil

Hati
Hati dapat dijadikan alternatif sebagai sumber asam folat, hanya saja penggunaannya tidak boleh berlebihan terutama untuk mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan juga asam urat.

Daun Bayam
Daun bayam memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi disamping tanaman bayam ini juga merupakan makanan sumber vitamin yang sangat baik karena berperan sebagai antioksidan penting.

Alpukat (Avocado)
Buah alpukat yang kaya akan nutrisi ini merupakan makanan sumber asam folat yang cukup diminati banyak orang. Asam folat pada buah alpukat diketahui bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang tentunya sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol.

Sayur Wortel
Dalam satu cangkir wortel dalam keadaan mentah memenuhi sekitar 5% dari kebutuhan asam folat harian anda.

Biji Jagung
Dalam satu (1) cangkir jagung yang sudah dimasak mengandung 76 mcg asam folat, jumlah tersebut sudah dapat memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan asam folat harian anda.

Sayur Kembang kol
Dalam 1 cangkir kembang kol mengandung sekitar  55 mcg asam folat, jadi mengkonsumsi jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 14 persen dari kebutuhan asam folat harian. Kembang kol juga diketahui bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh seperti halnya manfaat yang terdapat pada sayur brokoli.

Telur Ayam, Bebek, Entok dan Angsa
Telur yang berasal dari hewan jenis unggas ini merupakan salah satu makanan terbaik yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting mulai dari kalsium, vitamin D protein dan juga asam folat. Perlu dicatat agar jangan terlalu berlebihan mengonsumsi kuning telur karena kandungan kolesterol dan lemaknya yang tinggi

Sayur Buah Labu
Kandungan asam folat dalam buah labu cukup tinggi yaitu sekitar 57 mcg per 1 cangkir.

Buah pisang
Siapa tidak kenal pisang, salah satu buah andalan untuk memperbaiki proses pencernaan karena kandungan seratnya yang baik, juga merupakan buah yang bisa dikonsumsi untuk mencegah dan mempercepat prose penyembuhan pada diare. Dan ternyata pisang juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik bagi ibu hamil.

Aneka Jenis Sereal. 
Merupakan sumber asam folat yang paling sering dikonsumsi ibu hamil karena dalam semangkuk sereal yang diperkaya asam folat sudah mampu memenuhi kebutuhan asam folat harian.

Buah Blewah.
Kandungan asam folat dalam 1/4 (seperempat) potongan buah blewah ukuran sedang menyediakan 25 mcg asam folat.

Manfaat Kesehatan dari Asam Folat
  • Untuk perkembangan janin
  • Produksi sel darah merah
  • Mencegah penyakit jantung
  • Cegah Depresi pada ibu hamil (mengurangi stress)
  • Menjaga fungsi otak
  • Mencegah keguguran dan prematur
  • Mencegah kerusakan otak
  • Mencegah Anemia pada ibu hamil
  • Pembentukan jaringan tubuh janin
Bahaya Efek Samping Jika Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat
  • Mengganggu perkembangan janin menjadi tidak normal
  • Naiknya resiko timbulnya beberapa kelainan pada bayi ketika lahir
  • Perkembangan jaringan-jaringan otak pada janin terganggu.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive