Cara Mudah Menanam Tanaman Pucuk Merah yang Baik

.
.
Pucuk merah atau Syzygium Oleana adalah salah satu tanaman hias yang sering ditanam di pekarangan rumah karena tanaman ini mempunyai keindahan tersendiri yakni warna merah pada pucuknya pada saat tunas. Untuk membudidayakan pucuk merah ini sangat mudah, karena tanaman yang satu ini dapat tumbuh dengan sangat mudah pada kondisi tropis seperti iklim di Indonesia ini. Untuk membudidayakan pucuk merah ini biasanya dilakukan dengan 2 metode, yakni dengan biji dan juga stek. Lantas bagaimanakah cara untuk melakukan budidayapucuk merah ini? simak ulasan singkat berikut

Cara budidaya pucuk merah dengan biji


Pucuk merah ini memiliki biji yang kecil-kecil seperti lada dan dari biji tersebut budidaya pucuk merah bisa dilakukan. Caranya sangat mudah, pertama pilih biji yang sudah tua yang ditandai dengan warnanya yang telah kehitam-hitaman, yang lebih praktis adalah ambil saja biji yang sudah rontok di sekitar tumbuhan tersebut. kemudian semai biji yang sudah dipilih pada tanah yang subur dan gembur, biarkan hingga biji tersebut tumbuh. Kemudian bibit yang telah tumbuh tersebut bisa dipindah ke dalam polybag atau bisa juga langsung ditanam pada lahan tanam permanen yang telah disiapkan.
Dan bibit pucuk merah yang sudah bisa dipindahkan ke media tanam permanen adalah tanaman yang sudah memiliki tinggi sekitar 20 cm. Cukup cabut bibit yang telah disemai beserta tanah yang ada pada akar kemudian tanam ke dalam pot atau di media tanam lain. Kemudian beri taburan pupuk kandang ke dalam lubang tanam bibit pucuk merah lalu tutup kembali menggunakan sisa tanah. budidayapucuk merah juga dengan cara melakukan penyiraman dengan teratur setiap pagi dan juga sore hari. Saat musim hujan tanaman tersebut cukup disiram sehari satu kali.
 

Budidaya pucuk merah dengan stek

budidaya pucuk merah juga bisa dilakukan dengan cara stek batang, caranya juga sangat mudah. Untuk melakukan pembudidayaan pucuk merah dengan cara stek batang ini cukup dengan memotong salah satu cabang dari tanaman pucuk merah kemudian menanamnya. Sebaiknya jangan memilih cabang tanaman pucuk merah yang terlalu muda maupun yang terlalu tua, potong cabang yang telah dipilih dengan panjang sekitar 20 sampai dengan 30 cm dari ujung daun dan bukannya dari pangkal cabang. 

Tanam potongan cabang tersebut di dalam polybag yang telah diisi dengan tanah dan pupuk kandang maupun sekam padi, lalu padatkan tanah di sekitarnya. Setelah tanaman pucuk merah tumbuh dan sudah mengeluarkan tunas sebaiknya segera lakukan pemupukan dengan pupuk kompos agar budidaya pucuk merah ini berhasil. Kemudian tanaman yang telah tumbuh bisa segera dipindahkan ke media atau lahan tanam yang telah disiapkan. Itulah cara mudah untuk membudidayakan tanaman pucuk merah ini.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive