Cara Mudah dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami

.
.
Cara membasmi jentik nyamuk sebenarnya sangatlah sederhana dan bisa kita lakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperti daun sirih atau daun jeruk nipis sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk membeli obat pembunuh jentik nyamuk yang di jual dipasaran. Selain murah meriah, penggunaan bahan alami ini bisa dikatakan sangat aman bagi kesehatan karena tidak mengandung kimia.

Cara Mudah dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami
Cara Mudah dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami
Seperti yang kita ketahui, jentik nyamuk merupakan salah satu masalah serius yang sering kali di anggap sepele, padahal apabila dibiarkan dan tidak di basmi maka jentik-jentik ini nantinya akan menjadi nyamuk dewasa dan bisa menyebarkan wabah penyakit seperti demam berdarah, malaria hingga penyakit mengerikan seperti kaki gajah. Nah maka dari itu mulai saat ini kita tidak boleh menganggap jentik-jentik nyamuk adalah sesuatu yang sepele, kita harus membasmi dan menutup tempat-tempat penampungan air yang terbuka agar nyamuk tidak bersarang dan bertelur di sana.

Cara Mudah dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami

1. Daun Jeruk Nipis
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada di rumah seperti bak mandi, got atau selokan di sekitar rumah maka bisa dengan menggunakan daun jeruk nipis. Daun jeruk nipis ini mengandung senyawa limonoid yang mana senyawa ini bisa mengganggu dan meracuni pencernaan di nyamuk sehingga nantinya jentik-jentik beserta induk nyamuk bisa mati dengan sendirinya.

Cara membasmi jentik nyamuk dengan jeruk nipis ini sangatlah sederhana yaitu Anda cukup mengambil beberapa lembar daun jeruk nipis dan kemudian remas-remas daun jeruk nipis bersama dengan 3 gelas air bersih hingga mengeluarkan wangi khas. Kemudian, taburkan air remasan daun jeruk nipis tadi pada bak mandi, selokan atau got di sekitar rumah Anda. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk dan membuat binatang yang satu ini enggan bersarang dan bertelur di tempat-tempat yang telah di taburi air remasan daun jeruk nipis tadi.

2. Biji Pepaya dan Tawas
Kemudian cara kedua untuk membasmi nyamuk dan jentik-jentik nya adalah dengan menggunakan campuran biji pepaya dan tawas. Namun sebelum mencampurkan kedua bahan ini maka Anda harus mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu, apabila sudah kering maka setelah itu tumbuk hingga menjadi halus. Setelah itu, haluskan juga tawas dan kemudian baru campurkan biji pepaya yang sudah halus tadi dengan tawas yang juga sudah kita haluskan. Perbandingan campuran nya yaitu 1:2 untuk tawas dan biji pepaya ( satu sendok tawas halus dicampur sdua sendok biji pepaya halus)

Setelah kedua bahan tercampur, kemudian masukan kedalam kain kasa dan direndam didalam bak mandi. Cara ini akan membuat jentik-jentik nyamuk yang ada didalam bak mandi Anda akan segera mati.

3. Daun Sirih
Daun sirih tidak hanya baik bagi kesehatan saja tetapi juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Anda cukup merebus beberapa lembar daun sirih dan kemudian masukan air rebusan daun sirih tersebut pada bak mandi Anda. Cara ini bisa membunuh dan membasmi jentik nyamuk yang berada di dalam bak mandi Anda secara masal.

4. Melakukan 3 M
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan gerakan 3 M yang pernah digalakan oleh pemerintah untuk membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada dirumah. Bukan hanya memberantas jentik nyamuk, gerakan 3 M ini juga bisa membasmi sarang-sarang nyamuk sehingga binatang tersebut tidak berkembang biak di sekitar rumah kita.

Apakah gerakan 3 M itu ? 3 M adalah singkatan dari menguras, menutup dan mengubur. Gerakan ini menganjurkan Anda untuk selalu memperhatikan kebersihan dan selalu menguras bak mandi atau tempat penampungan air lainnya yang wajib dilakukan satu kali dalam 3 hari agar jentik-jentik nyamuk tidak berkembang biak dan nyamuk tidak bersarang di sana bak mandi Anda.

Selain menguras,  Anda juga diharuskan untuk menutup tempat-tempat penampungan air agar nyamuk tidak bisa bersarang dan bertelur di sana. Kemudian terakhir, mengubur barang-barang bekas seperti kaleng yang sudah tidak terpakai lagi agar lingkungan Anda terbebas dari genangan air yang merupakan tempat bersarangnya nyamuk.

Itulah Cara Mudah dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami yang bisa Anda coba lakukan dirumah. Jangan sepelekan hal ini karena apabila dibiarkan maka bisa menjadi sumber penyakit.


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive