Cara Mencegah Sakit Maag dan Pengobatan Maag dengan Resep Obat Alami

.
.


Penyakit Maag. Gaya hidup yang tidak sehat memang berpotensi memicu banyak sekali penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Makanan-makanan seperti junkfood yang setiap hari dikonsumsi, pola makan yang tidak teratur, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta tingkat stress yang tinggi akibat tekanan pekerjaan bisa memicu penyakit area pencernaan terutama lambung yang berupa Maag.
Jangan sepelekan penyakit maag karena maag yang kronis akan membuat luka dilambung akibat kandungan asam lambung yang terus-menerus berlebihan mengiritasi lambung menjadi semakin tipis dan akhirnya bisa menimbulkan luka dan penyakit maag menjadi kronis dan susah disembuhkan.

Pemakaian obat-obatan medis untuk menurunkan asam lambung sejauh mengikuti dosis dan aturan pakai maka akan kecil resikonya meskipun jika dipakai dalam jangka panjang tetap kurang bagus bagi kesehatan karena residu obat yang akan memperberat kerja organ-organ tubuh terutama ginjal.

Gejala-gejala sakit maag yang sudah kronis : 
  • Kepala sering terasa pusing dan susah tidur juga termasuk gejala penyakit maag kronis lho.
  • Pada maag yang benar-benar parah maka bisa terjadi pendarahan pada lambung akibatnya penderita bisa muntah darah.
  • Sering merasa mual-mual atau ingin muntah.
  • Rasa nyeri di bagian perut disertai rasa pedih dan sesak nafas.
  • Nafsu makan menurun drastis saat rasa mual timbul
  • Sering sendawa dan wajah terlihat pucat
Alternatif pengobatan maag yang lain adalah dengan obat-obatan alami atau tradisional dan yang terpenting adalah cegah agar maag tidak sering kambuh.

Berikut ini beberapa macam Obat-obatan alami / Tradisional yang bisa digunakan untuk meringankan sakit maag.

Obati Maag dengan Memanfaatkan Pepaya Ranti (Pepaya Biasa kalau tidak ada)
Cara penggunaannya adalah ambil pucuk pepaya lima tangkai atau secukupnya. Kemudian cuci sampai bersih, lalu rebus dengan air kira-kira 5 gelas hingga mendidih dan airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingin bisa ditambahkan dengan madu atau gula agar tidak terlalu pahit. Minum ramuan ini 2x sehari pagi dan sore. Lakukan rutin selama 1 minggu atau selama 7 hari berturut-turut, atau selama masih terasa sakit. Biasakan minum pada pagi hari sebelum makan dan menjelang tidur. Selain maag anda kabur, ramuan ini juga bermanfaat untuk mengobati cacingan sehingga jika anda juga cacingan bisa diobati dengan ramuan ini.

Obat Maag dengan Bawang Lanang / Bawang putih tunggal 
Caranya sangat sederhana dan mudah : bawang setelah dibersihkan dikunyah dan ditelan, begitu saja. Lakukanlah hal ini selama tiga hari berturut-turut, sehari paling tidak dua kali. Hanya saja efeknya anda harus berhati-hati jika berbicara dengan rekan-rekan anda karena biasanya bawang putih baunya akan bertahan lama dalam mulut anda meskipun anda sudah menyikat gigi.

Obat Maag Alami dengan Ramuan Kunyit dan Kayu Manis
Caranya adalah sebagai berikut: Potong dan iris-iris 5 jari kunyit ukuran besar kira-kira 1 mm tentunya setelah terlebih dahulu dicuci bersih, kemudian tambahkan 2 potong kayu manis kira-kira masing-masing 5 cm. Rebus menggunakan 3 gelas air sampai mendidih dan biarkan hingga tersisa 1 gelas dalam bejana yang tidak terbuat dari aluminium (bahan non logam, untuk menghindari pencemaran dengan logam). Setelah air rebusan berubah dari warna bening akan berubah menjadi merah, minumlah air rebusan tadi pada saat sakit maag terasa, habiskan jangan bersisa (1 gelas).

Ketela Pohon (Singkong) untuk Obat Alami Maag
Ternyata makan singkong mentah juga bisa untuk meringankan sakit maag, tetapi ingat jangan ketela pohon yang pahit atau beracun. Ketika gejala sakit maag terasa, makanlah singkong mentah yang sudah dikupas dan sudah dicuci dengan air matang secukupnya. Sedangkan untuk menjaga agar maag tidak kambuh-kambuh lagi biasakan juga untuk rutin mengonsumsi singkong rebus karena singkong rebus ini sangat baik efeknya buat pencernaan anda.

Memanfaatkan Kentang dan Kelapa Parut
Caranya sebagai berikut: Kupas, cuci dan parutlah dua buah kentang yang dicampur dengan kelapa parut. Direbus dengan air, beri gula jawa secukupnya dan sedikit garam. Makanlah resep ini saat anda merasakan gejala akan kambuhnya sakit maag. Resep ini cukup manjur untuk mereka yang terserang gejala maag. Anda juga bisa rutin untuk mengkonsumsi kentang sebagi selingan nasi agar menjaga maag tidak sering kambuh.

Obat Alami Penyakit Maag dengan Daun Bluntas
Cara pembuatan ramuan sebagai berikut: Siapkan sekitar 7 - 9 pucuk daun bluntas. Cuci sampai bersih kemudian remas-remas dan campur dengan air matang setengah gelas. Peras daun yang telah diremas untuk diambil airnya dan dibubuhi garam kira-kira seujung sendok teh. Air daun bluntas yang menjadi setengah gelas itu dibiarkan semalam. Keesokkan harinya dikala perut dalam keadaan kosong, minumlah, tetapi jangan lupa diaduk terlebih dahulu. Lakukan terapi ini secara rutin sampai maag anda benar-benar jarang kambuh.

Kacang Hijau Sebagai Obat Alami Maag
Cara pemakaiannya adalah : Siapkan kacang hijau sekitar 1/4 kg dan dicuci bersih, kemudian dijemur / keringkan. Setelah itu kacang hijau di sangrai hingga terlihat matang. Setelah matang angkat dan tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan / bubuk kacang hijau tadi yang digunakan sebagai ramuan. Setiap hari gunakan satu sendok makan bubuk kacang hijau tadi dicampur air putih segelas. Minum ramuan ini secara rutin hingga sakit berangsur hilang /sembuh.

Air Perasan Jeruk Nipis/Jeruk Lemon Untuk Obat Alami Sakit Maag
Cara menggunakannya adalah ambi 1 buah jeruk nipis atau jeruk lemon, potong dan peras airnya (boleh ditambahkan sedikit air, sekitar 1 - 2 sdt). Minum perasan jeruk nipis ini setiap pagi saat bangun tidur dan saat perut kosong (belum mengonsumsi makanan apapun). Lakukan cara ini rutin setiap hari sampai kondisi perut anda aman dari gejala-gejala maag

Banyak Mimum Air Putih
Satu langkah dan cara termudah untuk meringankan maag adalah dengan banyak minum air putih. Biasakan juga untuk  minum air putih yang hangat setelah bangun tidur.

Cara Mencegah Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh
  • Jangan pernah membiarkan lambung dalam keadaan kosong, khusus bagi mereka yang sudah terkena maag agar lambung tidak iritasi.
  • Hindari makanan atau minuman pedas dan asam, makanan berlemak, karena lemak memang sulit dicerna oleh lambung.
  • Untuk Penderita maag usahakan selalu mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut
  • Usahakan selalu mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan untuk memperlancar saluran pencernaan.
  • Saat mengkonsumsi obat-obatan penahan nyeri (analgetik),  sebaiknya diminum setelah makan dan tidak dalam keadaan kosong.
  • Hindari keadaan-keadaan yang dapat memacu naiknya asam lambung seperti stress, karena stress merupakan factor psikis yang dapat merangsang asam lambung. ketenangan jiwa seseorang bisa mengurangi resiko sakit maag.
  • Usahakan untuk selalu melakukan olah raga ringan secara teratur untuk meningkatkan stamina dan memperbaiki kondisi fisik.
  • Hentikan Merokok/Jangan Meroko jika anda ingin benar-benar terbebas dari sakit maag. Asap rokok dipercaya menghalangi produksi zat prostaglandin tubuh. Zat ini merupakan pelindung dari serangan asam lambung dan pepsin. Perut menjadi lemah tanpa pertahanan. Zat lain yang juga bisa menghalangi pembentukan prostaglandin adalah Aspirin dan obat lain dalam keluarga antiradang bukan steroid (nonsteroid antiinflmasi).
  • Usahakan banyak minum air putih, karena bisa mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Batasi asupan makanan berikut ini:  mi, roti, nangka, pisang ambon, empek-empek, minuman teh, kopi atau soft drink.
  • Saat anda makan, atur dan batasi porsi makanan anda jangan terlalu banyak, tetapi sedikit dengan frekuensi sering.
Silakan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.