Cara Menanam Kelapa Hibrida Yang Baik dan Benar

.
.
Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia. Varietas kelapa yang paling terkenal adalah:

  1. Kelapa dalam dengan varietas viridis (kelapa hijau), rubescens (kelapa merah) Macrocorpu (kelapa kelabu), Sakarina (kelapa manis).
  2. Kelapa genjah dengan varietas Eburnea (kelapa gading), varietas regia (kelapa raja), pumila (kelapa puyuh), pretiosa (kelapa raja malabar)
  3. Kelapa hibrida
Untuk budidaya pohon kelapa hibrida dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Kelapa

Pembibitan kelapa hibrida dilakukan dengan mengambil buah kelapa hibrida dari pohon yang sudah teruji kualitas buahnya, buah yang diambil adalah buah yang sudah tua di pohon. Buah yang telah jatuh dari pohonnya diletakkan di tempat yang teduh dan sedikit lembab, biarkan tunas kelapa tumbuh dengan sendirinya.

Bibit kelapa dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen saat usia bibit telah mencapai umur 7-9 bulan setelah penyemaian, dan jumlah bibit disesuaikan dengan luas lahan tanam yang ada. Kisaran untuk penanaman lahan dengan luas 1 hektar diperlukan bibit sebanyak 140-150 batang dengan jarak tanam sekitar 8m x 8 m.

Membuat Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 60cm x 60cm dengan kedalaman 50-60cm. Buat lubang yang sama dengan jarak 8m antar lubang (ukuran tanam 8m x 8m). Untuk memudahkan dalam menanam kelapa dapat dilakukan pemasangan patok anjir seperti halnya cara menanam kelapa sawit.

Setelah lubang selesai digali, selanjutnya masukkan pupuk kandang pada setiap lubang sampai setengah lubang terisi pupuk. Biarkan lubang selama 1 bulan sebelum bibit kelapa dipindahkan.
Menanam Kelapa 

Bibit kelapa yang telah disemai dan sudah berumur 7-9 bulan, maka dapat dilakukan pemidahan ke lubang tanam yang telah dibuat. Cabut kelapa dari area persemaian, dan bawa ke kebun yang akan ditanami kelapa hibrida. Masukkan bibit kelapa hibrida pada setiap lubang dengan bantuan cangkul, kemudian tutup lubang dengan menggunakan tanah sisa galian yang ada disekitar lubang.

Proses penanaman kelapa hibrida sebaiknya pada awal musim penghujan, agar tidak perlu repot-repot untuk menyirami. Siapkan bibit cadangan sekitar 20 buah untuk penyulaman jika ada pohon kelapa yang mati.
Merawat Pohon Kelapa

Perawatan yang dilakukan adalah dengan pembersihan rumput atau gulma yang ada disekitar bonggol batang kelapa, lakukan penyiangan sampai radius 1 meter dari batang saat usia tanaman masih kecil. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk urea pada saat umur tanaman 1 bulan, taburkan pupuk di sekitar batang dengan jarak 20cm dari batang. Selanjutnya lakukan pemupukan 2 kali dalam setahun. Pemupukan juga bisa menggunakan pupuk kandang yang diletakkan disekitar pohon dengan terlebih dahulu dibuat lubang.

Pelepah yang sudah menguning atau layu debaiknya dipotong atau dibiarkan jatuh jika sudah terlalu tinggi untuk memotongnya.

Budidaya pohon kelapa akan menghasilkan nilai ekonomis bagi penanamnya, Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi. Selain itu bagian lain juga sangat bermanfaat seperti Sabut kelapa, bagian mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai kerajinan tangan.

Selain itu buah kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya : air kelapa dapat menetralisisr racun, menurunkan berat badan, baik untuk ibu hamil, mengurangi dehidrasi, menjaga kesehatan jantung dan ginjal, pengganti ion tubuh, menjaga tekanan darah, mengatasi migrain, dan lain sebagainya.
    Sponsored Links
    loading...
    Loading...
    .