Cara Menanam Bunga Matahari dari Biji Yang Benar

.
.
Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme. (sumber: wikipedia)


Bunga matahari memiliki banyak varietas, beberapa diantaranya yang paling terkenal adalah:
  1. Sunflower Autumn Beauty : Bunga matahari jenis ini memiliki banyak warna dari kuning, orange, dan cokelat kemerahan. Diameter Bunga sekitar 15cm, dan tinggi pohonnya mencapai 1,5 meter.
  2. Sunflower big smile : Bunga matahari jenis ini terbilang kecil, tingginya hanya sekitar 30 cm dan diameter bunganya sekitar 10cm.
  3. Sunflower Early Russian : bunga matahari yang satu ini merupakan jenis yang paling besar, tinggi pohonnya mencapai 2,5 meter dan diameter bunga mencapai 30cm.
Untuk membudidayakan bunga matahari terbilang cukup mudah, tanaman ini dapat hidup subur di daerah tropis seperti Indonesia. Berikut beberapa langkah cara menanam bunga matahari: 

Menyiapkan Benih Bunga Matahari

Pilih Biji bunga matahari dari bunga yang sudah benar-benar tua, yang ditandai dengan kelopak bunga sudah mulai mengering. Ambil biji bunga matahari dan jemur di terik matahari sampai benar-benar kering.

Pilih biji bunga matahari yang berukuran besar dan kondisi biji yang baik, berbentuk sempurna, dan warna kulit bijinya terlihat baik tidak pucat atau kehitaman. Biarkan biji bunga matahari yang telah dijemur selama 2 hari sebelum ditanam.

Untuk menyiapkan bibit bunga matahari dapat dilakukan dengan penyemaian, namun jika anda tidak ingin repot, bibit bunga matahari juga bisa langsung ditanam ke lahan tanam yang telah disediakan. 

Menyiapkan Lahan

Lahan tanam untuk bunga matahari sebaiknya mendapatkan sinar matahari secara penuh setiap harinya (sekitar 6-8 jam per hari), dan terlindung dari angin kencang karena pohon bunga matahari sangat lunglai dan mudah patah.

Untuk menanam bunga matahari sebaiknya tanah harus digemburkan dan diberi pupuk, gemburkan tanah menggunakan cangkul dengan kedalaman sekitar 30-40cm. Yang perlu diingat bahwa tanaman bunga matahri tidak menyukai tanah yang terlalu mengandung banyak air, jadi usahakan area tempat menanam bunga matahari memiliki porositas yang baik, dan terhindar dari genangan.

Campurkan pupuk kandang sembari menggemburkan tanah, biarkan lahan tanam selama 1 minggu sebelum ditanami. 

Menanam Benih Bunga Matahari

Buatlah lubang tanam dengan menggunakan sekop kecil sedalam sekitar 20cm, dan jarak antar satu lubang dengan yang lainnya sekitar 45cm. Jika anda menanam dalam beberapa baris, maka buatlah jarak antar baris adalah sekitar 75cm. Masukkan 3-4 biji bunga matahari pada setiap lubang dan tutup kembali dengan menggunakan tanah.

Lakuklan penyiraman setelah semua lubang tertanami, dan lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari tapi jangan terlalu berlebihan cukup lembab saja. 

Merawat Tanaman Bunga Matahari

Bunga matahari akan mulai berkembang sekitar 2-3 bulan setelah penanaman, tetap lakukan penyiraman secara teratur namun jangan berlebihan. Jika batang pohon Bunga matahari sudah nmulai meninggi, berilah anjir (patok kayu penopang) agar tidak mudah patah saat ada angin kencang yang meniupnya.

Pasanglah kayu yang lurus atau bambu di dekat pohon bunga matahari, dan ikatlah pohon matahari ke tiang penopang (anjir) mengginakan tali. Pengikatan tidak perlu terlalu kuat, cukup hanya untuk menahan agar tidak patah saja. 

Panen Biji Bunga Matahari

Untuk memanen bunga matahari dapat dilakukan dengan memotong tangkai bunga menggunakan pisau atau gunting. Bunga yang dipotong harus yang sudah tua, yang ditandai dengan mulai berubah warna ke kecoklatan atau mulai mengering. Simpanlah bunga matahari yang telah dipanen secara terbalik agar bunga cepat mengering.

Setelah kelopak bunga matahari sudah kering, pisahkan biji bunga matahari dengan cara membuka-buka kelopak bunga atau dengan cara memukul secara perlahan-lahan, biji bunga matahari akan jatuh dengan sendirinya.

Biji bunga matahari dapat dijadikan bahan camilan seperti yang sering kita jumpai berupa kuwaci. Mengkonsumsi bunga matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya mengobati rematik, mengobati sakit kepala, mengobati disentri, dan melancarkan pencernaan. Selain ditanam di tanah secara langsung, bunga matahari juga bisa ditanam di pot. Untuk menanam bunga matahari di pot dapat dilakukan dengan cara menyiapkan pot yang besar dan isi dengancampuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Bibit Bunga Matahari dapat ditanam di pot seperti juga cara menanam bunga matahari dari biji ke lahan kebun atau tanah secara langsung.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive