Cara Menanam Buah Naga, Inilah 10 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Buah Naga

.
.
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Naga

Budidaya Tanaman Buah Naga sudah banyak dilakukan orang, beberapa sebab dan alasan mereka membudidayakan buah naga antara lain karena pohon buah naga bisa dijadikan tanaman hias yang bisa ditata sedemikian rupa sesuai kehendak kita, mudah dalam perawatan karena tanaman buah naga merupakan jenis tanaman kaktus yang tentu saja tahan dengan cuaca panas, kemarau dan kekurangan air, karena Hobby dan yang terakhir adalah karena memang untuk dijadikan ladang penghasilan dalam arti mereka menanam tanaman buah naga dalam jumlah besar di lahan yang luasnya sampai ukuran hektar dan dirawat dengan intensif agar dapat memperoleh hasil buah naga yang optimal.



Awalnya buah naga populer di China karena buah naga ini dianggap sebagai tanaman khusus dan erat dengan berbagai ritual adat yang ada di China. Buah naga dianggap oleh rata-rata penduduk china bisa membawa berkah bagi kehidupan mereka. Sebagaimana simbol binatang naga yang sangat dihormati di China, buah naga sering diletakkan dekat dengan patung naga setiap acara peringatan atau ritual adat mereka.

Buah naga masuk dalam keluarga tanaman kaktus yaitu marga hylocereus dan Selenicereus. Tanaman ini sudah menyebar luas ke hampir seluruh penjuru dunia. Pertama kali dikenal, tanaman buah naga berasal dari Meksiko, dan dari sinilah buah naga menyebar ke USA kemudian merambah ke negara-negara Asia termasuk di dalamnya ke Indonesia.

Indonesia yang beriklim tropis dan didaerah tertentu memiliki cahaya matahari yang berlimpah menjadi sangat cocok untuk habitat tumbuh buah naga ini. Pembudidayaan buah naga dalam jumlah besar sudah banyak dilaksanakan seperti di Pasuruan, di Probolinggo dan beberapa di daerah-daerah pantai. Bahkan diaerah yang agak dingin seperti Malang, buah naga jenis tertentu bisa tumbuh dengan baik.

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Naga
Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah naga:
  • Kalori 60 kkal 
  • Protein 0,53 gram 
  • Serat 0,71 gram 
  • Karbohidrat 11,5 gram 
  • Kalsium 134,5 mg
  • Zat Besi 0,65 mg 
  • Fosfor 87 mg 
  • Vitamin C 9,4 mg
  • Kadar air 90%  
  • Vitamin B1, B3 dan B12
Inilah 10 Alasan Kita Harus Mengonsumsi Buah Naga

1. Buah naga memiliki kandungan Fosfor dan Kalsium yang tinggi.
Seperti diketahui, untuk bisa normal, metabolisme tubuh sangat memerlukan mineral temasuk didalamnya tubuh sangat membutuhkan Fosfor juga Kalsium yang berfungsi untuk:
  • Menormalkan tonus dan kepekaan.
  • Menormalkan fungsi sistem saraf sebagai transmisi saraf.
  • Berfungsi sebagai zat pengaktif enzim (lipase. ATPase).
  • Mempengaruhi proses permeabilitas membran.
  • Sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan memperkuat kondisi tulang sehingga bisa mencegah osteoporosis pada manula.
  • Berguna bagi metabolisme pada sel aktif dalam tubuh.
  • Bersenyawa dengan P dan Mg membentuk bagian tulang yang keras.
  • Sebagai katalisator dalam darah untuk membentuk trombin dan protrombin.
2. Buah Naga Sumber antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas


Buah naga adalah sumber antioksidan yang bagus dan bisa mencegah kanker karena kemampuan dari antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit kanker

3. Mencegah Diabetes
Buah naga mampu mencegah diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi dapat menghambat penyerapan gula dalam darah dan bisa menurunkan resiko terkena diabetes type 2.

4. Mempertahankan dan meningkatkan sistem Imune Tubuh
Kandungan nutrisi yang bagus dalam buah naga secara keseluruhan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

5. Mencegah Serangan Jantung dan Penyakit Kardivaskuler dan Hipertensi

6. Sebagai Sumber Tenaga dan Pembangun Sel Tubuh
Kandungan protein dalam buah naga adalah penting sebagai pembangun sel-sel tubuh, sedangkan karbohidrat dalam buah naga adalah sumber tenaga.

7. Mencegah Penuaan Dini

8. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

9. Memperkuat Fungsi Sistem Syaraf

10. Untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Itulah 10 alasan mengapa anda wajib mengkonsumsi buah naga untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, Tekanan darah tinggi, kanker usus dan lain-lain.

Bagaimana cara membudidayakan buah naga yang paling mudah?
Anda bisa membudidayakan tanaman buah naga ini dengan menggunakan stek batang. Tanaman ini bisa ditanam di Polybag atau pot jika anda tidak memiliki lahan yang luas. Syarat utamanya tanaman ini butuh tiang penyangga batangnya dengan ketinggian tertentu agar kita mudah dalam merawatnya.

Sebelumnya terlebih dahulu anda harus kenali 3 jenis buah naga dibawah ini:
  1. Buah naga sepesies Hylocereus undatus, yaitu buah naga dengan daging putih akan tumbuh baik pada ketinggian kurang dari 300 mdpl.
  2. Sedangkan buah naga spesies Hylocereus costaricensis, yaitu buah naga dengan daging super merah (super red) tumbuh baik pada ketinggian 0-100mdpl.
  3. Sementara itu buah naga spesies Selenicereus megalanthus, yaitu buah naga dengan kulit kuning, daging putih tanpa sisik, akan tumbuh baik pada daerah dingin dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl.
Untuk menanam dilahan sebagai tiangnya anda bisa menggunakan pipa pralon yang diisi cor semen setinggi kira-kira 1,5 meter atau juga bisa langsung menggunakan tiang cor-coran. Tanam 3 - 4 bibit stek buah naga melingkar pada pipa atau tiang panjat yang telah ditanam dilahan dan ikat tanaman dengan kawat menempel pada tiang agar tidak mudah goyang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



Jika tanaman buah naga sudah setinggi tiang maka batangnya akan mulai menjalar kemana-mana, disini diperlukan pemangkasan batang tanaman agar tidak terlalu panjang. Pemangkasan juga berfungsi untuk merangsang pembentukan bunga dan buah.

Pemupukan bisa dilakukan secara berkala seperti kita memupuk tanaman lain. Pemupukan berkala dilakukan minimal 2 bulan sekali. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak memberikan air pada buah naga karena pemberian air yang berlebihan kemungkinan bisa menghambat pembentukan bunga dan buah tetapi hanya akan menumbuhkan semakin banyak cabang. Dalam kondisi panas yang normal tanaman buah naga cukup disiram 5 - 7 hari sekali.

Berikut poin praktis budidaya buah naga:
  • Siapkan Stek Bibit, potong 2 - 3 ruas batang tanaman buah naga yang sudah tua, satu stek bibit bisa maksimal 3 ruas batang.
  • Siapkan Lahan dan Tiang Panjat
  • Siapkan Kompos Sebagai Pupuk dasar
  • Pemupukan rutin 2 bulan Sekali
  • Penyiraman bisa dilakukan 2 - 3 hari sekali jika kondisi sangat panas, jika kondisi cuaca normal bisa cukup 5 - 7 hari sekali.
  • Bila perlu lakukan penyulaman atau penggantian tanaman yang kurang baik/layu/mati pada 1 minggu sejak penanaman sampai umur 2 bulan.
  • Jika sudah mulai berbunga, seleksi bunga untuk satu tanaman cukup sisakan 5 - 7 tangkai bunga yang paling besar dan jangan biarkan 1 tanamana buah naga memiliki bungan terlalu banyak karena hasil buahnya akan jelek dan kecil-kecil
  • Buah bisa dipanen (sudah matang) biasanya pada umur sekitar 2 bulan sejak berbunga dengan perkiraan berar perbuah adalah antara 400 - 650 gram. Ciri yang paling jelas untuk buah matang adalah kedua pangkal buah sudah mengkerut atau mengering serta mahkota buah naga telah mengecil dan warna kulit buah menjadi mengkilat dan kemerahan.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive