Loading...

Begini Cara Baru dan Unik Mencangkok Pepaya

Sponsored Links
.
Loading...
Cara mencangkok pohon pepaya tidak jauh beda dengan cara mencangkok pohon lainnya. Pada prinsipnya teknik dalam melakukan proses pencangkokan sama saja untuk semua tanaman, yang perlu di ingat dalam proses mencangkok adalah bahwa tanaman yang akan di cangkok adalah tanaman yang mempunyai kambium, jika tanaman yang anda cangkok tidak memiliki kambium maka jelas tidak akan bisa dicangkok. 


Pengertian dan tujuan mencangkok
Mencangkok adalah sebuah teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif yang mana tujuannya adalah sifat tanaman yang dihasilkan akan sama dengan tanaman induknya serta mempercepat hasil pembuahan tanaman. Teknik mencangkok ini biasa digunakan untuk tanaman buah dalam pot (tabulampot ) karena tanaman nantinya tidak terlalu tinggi dan memiliki buah lebat. 

Mencangkok adalah salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan buah. Selain itu, pohon tang dihasilkan tidak memiliki batang yang terlalu tinggi.

Teknik baru dalam mencangkok pepaya
Pada kesempatan kali ini teknik yang kita lakukan dalam mencangkok pepaya berbeda dengan cara mencangkok buah pada umumnya, Teknik cangkok buah ini sangat mudah dilakukan oleh anda dan akan menghasilkan beberapa tanaman hasil cangkokan tergantung tunas yang tumbuh nantinya. 

Cara mencangkok pepaya
berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan dalam proses mencangkok pepaya, agar nantinya menghasilkan buah yang lebat dan cepat menghasilkan buah.

1. Carilah pohon pepaya yang memiliki buah yang lebat dan memiliki rasa manis serta sehat dan tidak tterserangoleh penyakit . Hal ini bertujuan agar tanaman dari hasil proses cangkokan akan memiliki sifat yang sama dengan induknya yaitu berbuah lebat, manis dan juga sehat Cari pohon yg bagus dan kemudian batangnya di pangkas, tujuannya supaya tumbuh tunas baru

2. Pohon pepaya yang sehat tadi dipangkas. Ini betujuan agar mengasilkan tunas-tunas baru yang nantinya dapat kita cangkok.

3. Pupuk tanaman yang telah kita pangkas tadi agar dapat mempercepat tumbuhnya tunas baru.

4. Setelah tunas-tunas tumbuh agak besar ,iris tunas memanjang keatas seperti pada gambar dibawah ini. Irisan dilakukan jangan sampai putus ( Perikaraan lakukan irisan kira-kira setengah ). Irisan tunas tersebut diganjal dengan menggunakan dahan kayu dengan tujuan agar irisan tadi nantinya tidak menyatu kembali.

Setelah tunas agak besar, Iris tunas memanjang keatas. Tapi jangan sampai putus, kira2 setengah. Lalu irisan tunas diganjal dengan dahan kayu dengan tujuan supaya irisan tidak menyatu kembali.

5. Tutup irisan tadi dengan tanah dan bungkus tanah tersebut dengan menggunakan plastik atau sabut kelapa. biarkan 3- 4 bulan dan lakukan penyiraman 3 x seminggu. Tutup irisan tadi dengan tanah dan kemudian bungkus

6. Setelah 3-4 bulan atau akar cangkokan telah tumbuh, potong bagian bawah cangkokan dengan gergaji untuk menghindari goyangan yang berlebihan pada cangkokan yang dapat membuat kegagalan.  Tanaman sudah siap dipindahkan media tanam 


Bila sudah tumbuh akar kemudian dipotong dan siap dipindah ke media tanam

Itulah cara baru mencangkok pohon / tanaman pepaya dengan teknik yang benar. Semoga bermanfaat



Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter