Ayam Serama - Kecil Kecil Cabe Rawit Harga Selangit

.
.
Ayam Serama Mengalahkan Ayam Kate - Kini nampaknya ayam hias sudah mulai menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat perkotaan. selain dari burung burung hias ayam serama pun menjadi pilihan untuk menghiasi lingkungan rumah. di perkotaan yang sangat ketat sekali persaingan hidup yang kian ketat sangat berpotensi memicu stress bahkan sampai depresi. kehadiran tanaman hias, burung burung hias, ikan ikan hias ditambah dengan ayam ayam hias menjadi penghibur dan mengurangi tekanan stres dan depresi.


Ayam Serama Mengalahkan Ayam Kate

Ayam Kate - Ayam hias banyak sekali ragam dan jenisnya, ada yang lokal asli indonesia seperti ayam balenggek dari sumatra bagian barat. ayam pelung yang berasal dari jawa barat dan ayam ayam importjuga tidak sedikit, seperti ayam hias black poland dari polandia, ayam hias skyner dari prancis. nah bagaimana dengan ayam kate ini.
Ayam kate terkenal karena ciri khasnya yang memiliki perawakan mini, suara yang merdu, keindahan bulu, jengger dan berbagai keindahan fisik lainnya. hal itulah yang mendorong para peternak dan para hobbies untuk memelihara ayam hias ini sebagai hiburan dan pengusir dari stress. 

Jenis Ayam Kate

Ayam Kate Batindo
Memiliki ciri ciri warna bulu putih dan bergaris garis hitam, bulu leher bagian belakang bersurai jengger berwarna merah menyala dan berbentuk mawar.
Ayam Kate Lokal
Asal usul dari ayam kate local ini belum diketahui, namun sudah lama dipelihara oleh para penggemar ayam kate di indonesia. ciri ciri fisiknya tidak jauh beda dengan ayam kate jepang yaitu : bulu berwarna putih halus dengan jugs hitam, jengger dan pial besar berbentuk wilah dan berwarna merah. kaki pendek berwarna abu abu paruh dan kuku berwarna putih.

Ayam Serama Kecil Harga Selangit

Ayam serama adalah ayam terkecil di dunia yang berasal dari malaisia. Ayam ini sangat menyenangkan untuk dipelihara karena pandai memikat hati dengan gayanya yang penuh aksi. Jika kita perhatikan ayam ini segera mengangkat dada dan meluruskan ekornya tegak keatas hingga 90 derajat serta mengibaskan kedua sayapnya.

Cara beternak ayam serama harus dilakukan dengan intensif. Pemberian pakan bisa menggunakan pakan dedak yang tiap harinya diberikan minum vitamain. Kandang harus terlindung dari hujan, karena ayam ini mudah sekali terkena penyakit jika kandangnya kuarang memenuhi sarat.

Sebetulnya merawat ayam serama ini tidak terlalu sulit juga, asal kita selalu memperhatikan aspek kebersihan dan pemberian pakan yang bagus, memang lebih bagus lagi jika pakan yang kita berikan dicapur juga dengan konsentrat.

Ayam serama ini bertelur tidak terlalu banyak. Telur diambil setiap hari dan dikumpulkan selama 7 hari, selanjutnya dimasukkan mesin tetas, lama penetasan telur ini sama dengan ayam pada umumnya yaitu 21 hari. setelah ayam menetas dimasukan dalam bok yang diberi lampu pemanas sebagai indukan. Pemanas ini berfungsi sebagai ganti induk ayam betina yang memanaskan anaknya. Baru setelah 30 hari bulu mulai tumbuh komplit maka anak ayam ini bisa dimasukan dalam bok biasa.

Dalam perawatan rutin harian, pemberian pakan dan membuang pakan sisa kemarin, memberi air minum baru dan membersihkan tempat minum setiap hari. Sebab penyakit biasanya banyak bersarang pada tempat pakan atau air minum yang jarang dibersihkan. Kotoran dibersihkan setiap hari dan ayam serama dimandikan juga setiap hari. Dengan memandikan ayam ini, menjadikan ayam kita menjadi semakin jinak dan nurut dengan kita.

Ayam serama mudah dipelihara. Pakannya sedikit terdiri atas campuran konsentrat, jagung. dan dedak, 2:3:5 yang diberikan sehari 2ayam-serama-ayam-mungil kali. Sesekali ayam serama dimandikan dengan sabun mengandung disenfektan supaya bulunya mengkilap dan terhindar dari kutu. Berikutnya menjemur setiap pagi, pukul 09.00 selama 1–2 jam. Ayam serama juga butuh dilatih apalagi bila hendak diikutkan ke kontes. Latihannya sederhana: lepaskan ayam serama di atas meja pajang, lalu biarkan ia berjalan-jalan ke sana ke mari yang secara tidak langsung membentuk mental dan gaya berjalannya.

Tentang Ayam seramaDipercaya berasal dari kelantan malaysia
Hasil persilangan dari berbagai jenis ayam
Nama serama berasal dari kata Sri Rama dan pada mulanya hewan ini dipelihara dikalangan istana saja.
Bisa berumur hingga 15 tahun
Berat ideal adalah dibawah 500 gram atau 1/2 kg.
Ciri serama yang bagus adalah ekor yang cantik, berdada tegak kepak syap lurus ke bawah.
Hewan peliharaan yang jinak, manja dan mengenal pemeliharanya.
Mempunyai gelagat yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakang.

Demikianlah ulasan tentang ayam serama mengalahkan popularitas ayam kate, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda..!!
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive