Tips dan Trik Budidaya Ikan Gurami Cepat Panen

.
.


Budidaya Ikan Gurami  - Dalam waktu pemeliharaan 4 bulan saja, ikan gurami sudah bisa dipanen dengan ukuran konsumsi. Rahasianya, terapkan budidaya gurami cepat panen secara intensif. Pilih segmen pembesaran yang dimulai dari memelihara benih gurami ukuran 125 gram/ekor atau sekitar 8-10 ekor/kg.

Pilihan pakan yang terbaik yaitu pellet pabrikan, probiotik dan daun sente. Takaran anjuran pellet pabrikan yang diberikan 3-5% dari total berat benih dalam satu kolam. Sedangkan daun sente bisa sampai 10% dari jumlah total berat benih ikan dalam satu kolam. Pemberian pakan jangan dalam satu waktu sekaligus, tapi diberikan secara bertahap beberapa kali sehari. Cara ini akan membuat pakan selalu habis dan lebih mempercepat pembesaran.
Budidaya Ikan Gurami
Budidaya Ikan Gurami
Kolam yang dipakai untuk budidaya gurami cepat panen yaitu kolam tanah, kolam semen dan kolam terpal. Atur tingkat kepadatan benih-benih yang dipelihara. Untuk tingkat kepadatannya, 8-10 ekor tiap meter kubik. Kedalaman kolam minimal 80 cm. Air kolam bisa menggunakan tergenang atau sirkulasi. Untuk kolam yang menggunakan air tergenang, perlu sering melakukan sifon (pembersihan kotoran di dasar kolam). Untuk kolam bersirkulasi, debit air diatur jangan terlalu besar. Cukup bisa membuang bahan-bahan organik yang ada di kolam.

Kunci keberhasilan membesarkan gurami dengan cepat di kolam terpal yaitu selalu menjaga kesehatan gurami dan pemberian pakan dengan nutrisi yang tepat. Untuk menjaga kesehatan gurami, awasi selalu air kolamnya. Lakukan pembersihan dasar kolam tiap sekali sebulan. Pemberian sekam padi di bagian dasar kolam, pencampuran probiotik ke dalam pakan pellet, dan garam. Ukuran kolam terpal 4 m x 8 m dengan kedalaman minimal 80-100 cm.
Budidaya Ikan Gurami
Budidaya Ikan Gurami
Budidaya Ikan Gurami
Budidaya Ikan Gurami
Dalam budidaya gurami cepat panen menggunakan kolam terpal, pemberian sekam berfungsi untuk menstabilkan suhu air kolam tetap stabil. Sekam di dasar kolam akan terdekomposisi sehingga meningkatkan suhu air. Perambatan kenaikan suhu air perlahan-lahan sehingga tidak mengakibatkan ikan gurami kaget atau stress. Bau jerami juga disukai ikan gurami yang memang habitat aslinya berada di air tenang seperti rawa atau telaga yang kaya rumput-rumput air. Dengan penerapan budidaya yang baik, dari ukuran ikan 125 gram bisa dipanen 4-7 ons dalam waktu 4 bulan saja. Selamat mencoba.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive