Cara Meracik Dedak Bekatul Menjadi Pakan Alternatif Lele Murah Meriah

.
.
Meramu dedak bekatul menjadi pakan alternatif lele
Meramu dedak bekatul menjadi pakan alternatif lele (img by @variajamur.com)
Meramu dedak bekatul menjadi pakan alternatif lele – Usaha budidaya ikan lele memang menjadi salah satu usaha yang menarik untuk ditekuni terbukti banyak masyarakat yang meminati usaha ini karena keuntungan yang dapat diperoleh dari budidaya ini lumayan menggiurkan, di daerah saya sendiri sudah sejak lama banyak yang menekuni usaha ini sebagian dari mereka menekuni budidaya ini untuk usaha sampingan, menurut mereka budidaya lele ini tidak rumit seperti yang dibayangkan karena untuk mengurusinya sendiri tidak harus setiap waktu karena cuma memberikan pakan secara rutin di pagi dan sore hari jadi disisa waktu yang longgar itu bisa sambil melakukan pekerjaan yang lain, namun ada beberapa kendala yang sering dihadapi oleh para pembudidaya salah satunya masalah pakan, pakan lele yang kadang harganya melonjak membuat mereka sedikit kebingungan mengingat harga lele yang juga kadang tidak stabil sehingga membuat mereka kadang merugi, namun untuk masalah pakan ini bisa sedikit teratasi karena sekarang banyak pakan alternatif lele yang bisa mereka buat untuk menekan ongkos pakan yang mahal.

Sebenarnya banyak pakan alternatif lele yang bisa dibuat salah satu pakan alternatif yang mulai banyak digunakan oleh pembudidaya adalah dedak, ternyata dedak ini tidak hanya bisa digunakan untuk pakan unggas namun juga bisa diramu menjadi pakan alternatif yang hemat untuk lele, pakan alternatif ini bisa kalian terapkan pada budidaya ikan lele kalian karena pakan ini dinilai memiliki kandungan protein yang tinggi bahkan bisa melebihi kandungan protein yang dari buatan pabrik. Bila kalian tertarik membuat pakan alternatif ini bisa menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya.
Meramu dedak bekatul menjadi pakan alternatif lele
  • Dedak bekatul sebanyak 5kg.
  • Pelet ikan sebanyak 2.5kg.
  • Garam dapur sebanyak 5 sdm.
  • Minyak sayur setengah gelas atau bisa juga jelantah sisa penggorengan.
  • Air sebanyak 5 liter.
Setelah semua bahan yang diperlukan sudah siap sekarang waktunya pembuatan pakan alternatif lele ini, berikut langkahnya.
  • Campurkan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tadi seperti dedak, pelet, garam kedalam panci perebusan lalu tambahkan air 5 liter.
  • Aduklah hinnga merata lalu rebuslah hingga berwarna kecoklatan tua.
  • Tunggu sekiranya 1 jam lalu masukkan minyak sayur yang tadi disiapkan lalu aduk sampai rata kemudian tiriskan.
  • Tunggu semalam untuk bisa diberikan pada lele.
  • Setelah itu kepal-kepal bahan yang sudah dibuat tadi lalu berikan pada lele yang bisa diletakkan diberbagai lokasi di kolam, pemberian pakanini bisa 2 kali sehari.
  • Untuk lebih efisiennya berikan pakan ini dimalam hari karena efeknya akan lebih bagus.
Demikianlah sedikit informasi meramu pakan lele engan dedak bekatul yang bisa menekan biaya pakan, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin membuat pakan alternatif untuk lele, sekian dari saya dan terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive