Panduan Cara Mudah Menanam Bunga Mawar Nan Indah di Pekarangan Rumah

.
.
menanam-bunga-mawar
CARA MENANAM BUNGA MAWAR -- Siapa tidak kenal bunga Mawar, bunga yang sudah cukup tersohor karena keindahannya. Bunga mawar selain memiliki warna dan rupa yang menakjubkan juga memiliki aroma khas yang harum. Sehingga menanam bunga mawar menjadi pilihan dalam menghiasi taman rumah dan kebun di rumah. Karena keindahannya,  bunga mawar dijuluki sebagai  Queen of Flower. Selain itu bunga mawar sering dijadikan simbol perasaan seseorang kepada orang yang dicintai dan disayangi. Menanam bunga mawar sebenarnya bukanlah pekerjaan yang sulit, namun jika tidak hati-hati dalam merawatnya, tanaman mawar bisa mati.

Menaman dan merawat bunga mawar sebenarnya tidak memerlukan biaya dan tenaga yang banyak. Semua bisa dilakukan sendiri. Bunga mawar dapat ditanam pada media pot atau bisa juga ditanam langsung di tanah.  Salah satu kemudahan menanam bunga mawar adalah kemampuan tumbuh bunga mawar dari batangnya. Batang bunga mawar bisa distek dan bisa tumbuh dengan cara ini.

Cara Menanam Bunga Mawar

Seperti diutarakan di atas, bunga mawar dapat ditanam dengan  berbagai cara yitu dengan cara stek batang, okulasi dan bisa juga dengan menggunakan bijinya. Namun yang sering diminati dan sering dilakukan oleh seseorang yang akan menanam bunga mawar di dalam pot adalah dengan cara stek batang karna dengan stek batang menanam bunga mawar dalam pot akan lebih mudah. Menanam bunga mawar di dalam pot dan juga di tanah langsung pada prinsipnya sama saja. Hanya saja saat menanam bunga mawar dalam pot, perlu diperhatikan masalah pemupukan.

Dalam menanam bunga mawar dalam pot ,hal pertama yang harus disiapkan adalah pot sebagai wadahnya ,kemudian siapkan juga tanah yang subur, pupuk, air dan yang lebih penting adalah stek batang bunga mawar.

Video Cara Menanam Bunga Mawar 
Dalam memilih Stek Bunga mawar usahakan jika mengambil stek batang, maka ambilah di bagian tengah batang, janganlah mengambil stek pada batang yang masih muda ataupun ujungnya karena hal tersebut akan lebih susah untuk tumbuh ndan biasanya jika kita mengambil pada bagian ujungnya ataupun batang yang masih muda jarang sekali didapat tanaman bisa tumbuh dengan baik bahkan akan layu atau gagal tumbuh.

Setelah semua bahan dan peralatan disiapkan, langkah selanjutnya dalam menanam bunga mawar adalah dengan memasukkan tanah yang subur yang sudah diberi pupuk ke dalam pot. Setelah media siap, tancapkan batang bunga mawar dan siramlah dengan air. Setelah itu taruhlah bunga mawar yang telah ditanam tadi ke tempat yang teduh atau kurang sinar, agar tunas bunga mawar cepat lebih cepat tumbuh.  Setelah tunas sudah tumbuh, taruhlah bunga mawar tersebut ke tempat yang terkena sinar matahari agar dapat melakukan fotosintesis. Sebaiknya proses pemindahan dari tempat asal ke tempat yang kena sinar matahari bertahap jangan langsung terkena matahari penuh, agar beradaptasi lebih dulu.

Selain cara menanam bunga mawar dengan stek tersebut, biasanya kita membeli bunga mawar yang sudah tumbuh. Jika ini yang anda lakukan anda tinggal menyiapkkan pot baru dan kemudian merawat bunga mawar.

Cara Merawat Bunga Mawar

Setelah proses menanam bunga mawar selesai dilakukan dan tunas-tunas bunga mawar mulai tumbuh, langkah selanjutnya adalah merawat bunga mawar. Mulai usia satu bulan daun-daun bunga mawar mulai tumbuh, pada masa ini bunga mawar memerlukan perawatan yang baik agar bisa makin indah sampai berbunga.

Dalam masa 1-3 bulan bunga mawar perlu sering mendapatkan air dengan cara menyiramnya. Penyiraman bisa melihat situasi, jika daerah anda terlalu panas bisa disiram sehari 2 kali. Namun jika tidak terlalu panas bisa menyesuaikan. Pada usia 3 bulan intensitas penyiraman mulai dikurangi. Yang penting diperhatikan dalam menyiram bunga mawar ini adalah jangan sampai air menggenang dalam pot.
Memangkas Dahan Bunga Mawar


Pada masa perawatan bunga mawar ini, pemangkasan daun, dahan-dahan yang mulai tua dan mengering penting untuk dilakukan. Saat menyiram bunga mawar, siramlah langsung pada bagian tanah, usahakan jangan terkena bagian daun. Karena daun bunga mawar sangat rentan kering jika terkena air.

Bunga mawar merupakan tanaman yang kurang tahan dengan cahaya matahari penuh, karena itu jangan menempatkan bunga mawar pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.Usahakan gunakan peneduh jaring pada atas tempat Anda menanam bunga mawar. Bisa juga bunga mawar diletakkan pada teras rumah, atau bagian lain yang terlindung.

Menanam dan merawat bunga mawar bukanlah hal yang sulit, anda bisa melakukannya sendiri. Bunga mawar yang dirawat dengan baik akan berbunga dengan indah dan menjadi penghias taman rumah anda. Selamat mencoba.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.