Panduan Cara Menanam Teh Yang Baik

.
.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya teh sebaiknya anda harus memperhatikan cara menanam teh mulai dari tanah, iklim, hama dan penyakit, pembibitan, pemeliharaan, pemetikan, penanaman dan pengolahan. The merupakan salah satu komoditi yang populer selain kopi karena juga dapat digunakan untuk minuman yang menyehatkan dan juga nikmat. Teh juga menjadi minuman alternatif bagi orang yang tidak suka minuman kopi. Berikut cara menanam the agar hasil yang didapat bisa maksimal :


  1. Iklim = teh sebaiknya ditanam pada daerah dataran tinggi karena teh membutuhkan intensitas curah hujan yang tinggi yaitu sekitar 2.000 mm sampai 2.500 mm per tahunnya. Sedangkan pada musim kemarau sekitar 100 mm. Teh cocok ditanam pada ketinggian 800 s/d 1100 meter dpl. Dan jangan melebihi dari 1.200 meter dpl. Suhu yang sangat baik untuk tanaman ini adalah antara 14 sampai 25 derajat celcius.
  2. Tanah = sifat tanah harus gembur, subur, bisa meresap air dengan baik, serta sirkulasi air yang lancar. Untuk mendapatkan tanah yang seperti itu anda dapat membuat terasering di lahan yang agak curam. Bisa juga anda tanam leguminosa disekitar lahan agar meningkatkan phisik tanah. 
  3. Pembibitan : untuk memperoleh benih yang baik anda dapat memperolehnya dari petani teh atau perkebunan pemerintah yang berkomoditi teh. 
  4. Sebelum benih ditanam di lahan maka tanam dulu di pesemaian, untuk jarak persemaian sekitar 15x20 cm / 20x20 cm. jika bedengan mempunyai lebar 100 cm, maka bedengan itu cukup 4 baris saja. 
  5. Tanam bibit untuk persemaian ke dalam lubang yang sudah disiapkan, ukuran lubang tersebut yaitu 50 x 60 x 60 cm, pisahkan tanah bagian bawah dan bagian atas.
  6. Lalu tanam bibit yang sudah besar ke dalam lubang. Untuk jarak tanam idealnya sekitar 120 cm x 150 cm. Karena dengan agak jarang seperti ini maka pohon teh akan lebih kuat lagi dalam menahan serangan musim angin dan kemarau. Jumlah tanaman yang ditanam pada jarak ini biasanya 5.000 s/d 6.000 batang per ha.
  7. Pemeliharaan = lakukan penyemprotan untuk membasmi hama penyakit, bersihkan gulma yang sudah tinggi.


Sekian sedikit ilmu yang bisa saya bagi tentang cara menanam teh semoga berguna.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive