Mau Tau Berbagai Macam dan Jenis Rambutan Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan?

.
.
Manfaat dan Jenis-Jenis Rambutan Yang Ada di Indonesia

Musim Rambutan Telah Tiba. Mulai bulan November biasanya mulai buah rambutan mulai muncul dipasaran, dipinggir-pinggir jalan dan dipojok-pojok pertokoan sekitar perumahan.

Sebenarnya rambutan memiliki banyak macam dan jenis, tetapi yang paling populer biasanya hanya seputaran rambutan binjai dan ace, sementara yang jenis lain jarang disebut. Beberapa jenis rambutan sebenarnya memiliki rasa khas yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Buah rambutan ini memang buah musiman yang populer di negara-negara Asia Tenggara dan Indonesia termasuk penghasil rambutan terbesar dan terbaik diantara negara-negara Asia Tenggara.

Pulau Jawa dan Kalimatan disebut sebagai penghasil rambutan terbesar serta mempunyai jenis rambutan yang sangat beragam. Kurang lebih rambutan yang sudah diketahui di Indonesia mencapai 22 jenis. Selain rasanya yang asam manis rambutan juga sangat kaya kandungan mineral, gula alami dan vitamin.

Panen buah rambutan biasanya dimuali dari akhir November sampai bulan Februari, bulan-bulan ini adalah saatnya musim penghujan dan memang saatnya panen rambutan yang merupakan musim buah susulan setelah didahului musim buah mangga.

Berikut beberapa Jenis Rambutan Khas Indonesia

Jenis Rambutan Binjai
Siapa tidak kenal rambutan binjai? Kalau ketemu orang dipenjual rambutan biasanya pertanyaan yang meluncur dari mulutnya adalah "ini rambutan binjai atau bukan bang?" dan kadang meskipun aslinya bukan rambutan binjai sipedagang cuek saja nyeletuk "binjai" sebenarnya seperti apa ciri rambutan binjai itu?
Rambutan binjai memiliki warna khas pada kulitnya yaitu merah legam. Memiliki rambut-rambut yang panjang dan kasar serta rambut tersebut tersebar agak jarang disemua permukaan kulit rambutan. Rambutan binjai dagingnya tebal dengan rasa yang sangat manis dan tekstur daging buah yang padat dan kenyal. Daging buah rambutan binjai mudah sekali "ngelotok" atau dipisahkan dari bijinya.

Jenis Rambutan Si Nyonya
Si Nyonya adalah jenis rambutan yang memiliki warna buah yang sangat cantik dan menarik mata, rambut buahnya lebat dan berwarna merah terang. Tapi berbeda 180 derajat dengan warnanya yang merah menyala dan menarik pandangan mata, justru buah ini rasanya tidak manis, melainkan cenderung asam. Kandungan air buahnya banyak, buahnya tipis dan menempel pada biji buah. Namun rambutan ini termasuk jenis yang disukai dan diburu karena rasanya yang unik.Untuk rasa dan ketebalan daging buah, rambutan di nyonya kalah jauh dibandingkan dengan rambutan binjai. 

Jenis Rambutan Rapiah

Rambutan rapiah mempunyai warna kulit buah yang hijau kekuningan, rambut buahnya cenderung pendek, jarang dan kasar. Meski buahnya tidak cantik, rambutan rapiah mempunyai rasa yang sangat manis, buahnya tebal, kenyal, agak renyah, buah dan bijinya mudah terlepas atau disebut juga ‘ngelotok’. Rambutan rapiah merupakan jenis rambutan terbaik dan banyak disukai di Indonesia.Untuk saat ini rambutan rapiah bersaing ketat dengan jenis rambutan binjai dalam hal jumlah penggemar karena rasa, kekenyalan daging buah dan mudahnya dilepas dari biji hampir sama antara rambutan rapiah dan binjai.

Jenis Rambutan Narmada
Rambutan Narmada adalah jenis rambutan yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ciri khas dari rambutan narmada adalah daging buahnya cenderung kenyal, tidak lembek, dan mempunyai rasa manis yang khas. Warna kulit buahnya cerah, perpaduan antara kuning dan merah.

Jenis Rambutan Kapulasan
Jenis Rambutan kapulasan mempunyai rambut buah yang sangat pendek, kaku dan cukup lebat. Buahnya sangat tebal, diperlukan pisau tajam untuk mengeluarkan daging buahnya. Nama lain dari rambutan kapulasan adalah rambutan babat. Rasanya asam manis, daging buahnya kering karena tidak mengandung banyak air. Dulu jenis rambutan ini banyak ditemukan didaerah Bogor, tetapi saat ini mungkin sudah jarang anda jumpai di Bogor karena tergeser oleh ketenaran rambutan binjai maupun rapiah.

Jenis Rambutan Lebak Bulus
Rambutan Lebak bulus pertama kali dikembangbiakkan di daerah Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta. Buahnya berbentuk bulat, rambut buahnya berwarna merah dengan ujung kekuningan. Rambutan Lebak Bulus sangat segar, rasanya manis dengan sedikit asam dan mempunyai banyak air. Jenis rambutan ini sering dibuat manisan hingga dibuat buah kalengan. Rambutan Aceh Lebak bulus pohonnya tinggi & lebat buahnya dengan hasil rata-rata 160-170 ikat per pohon, kulit buah berwarna merah kuning, halus, rasanya segar manis-asam banyak air & ngelotok daya simpan 4 hari setelah dipetik, buah ini tahan dlm pengangkutan.

Jenis Rambutan Si Batuk Ganal
Jenis rambutan ini berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Buahnya cenderung lebih besar dari jenis rambutan lain, warnanya merah kekuningan. Jika sudah matang, daging buah rambutan akan mudah terlepas dari bijinya. Kandungan air pada buahnya cukup banyak, buahnya mempunyai rasa manis dan segar.

Jenis Rambutan Antalagi
Jenis Rambutan ini juga berasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Buahnya berbentuk bulat memanjang, agak pipih, dengan rambut buah pendek berwarna hijau dan sedikit kuning. Rasanya sangat manis dan mempunyai aroma buah yang sangat harum. Rambutan antalagi termasuk jenis rambutan terbaik khas Indonesia. Di pulau Jawa rambutan Antalagi memang masih kalah tenar dibandingkan rambutan binjai ataupun rapiah.

Jenis Rambutan Cimacan
Jenis Rambutan Cimacan memiliki pohon yang kurang begitu lebat buahnya dengan rata-rata hasil 90-170 ikat per pohon, kulit berwarna merah kekuningan sampai merah tua, rambut kasar & agak jarang, rasa manis, sedikit berair tetapi kurang tahan dalam pengiriman ke daerah yang terlalu jauh..

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan
Seperti halnya kebaikan yang terdapat pada beraneka macam buah, buah rambutan ini juga banyak memiliki manfaat dalam hal kesehatan tubuh kita. Hal ini didukung oleh kandungan mineral dalam rambutan, mineral dalam buah rambutan terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, niacin, potassium, zinc, magnesium.

Berikut beberapa manfaat buah rambutan:

Sumber Energi yang Baik bagi Tubuh
Buah rambutan adalah sumber energi yang sangat baik bagi tubuh karena kandungan karbohidrat yang ada didalamnya. Kandungan gula buah yang tinggi terutama pada jenis rambutan yang memiliki rasa manis adalah sumber energi yang bagus bagi tubuh kita, disamping itu juga rambutan memiliki kandungan protein sebagai sumber energi berikutnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan/Imunitas Tubuh
Kandungan tembaga yang tinggi pada buah rambutan berfungsi untuk menguatkan dan  meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karea tembaga memiliki manfaat dan kegunaan yang besar dalam pembentukan sel darah putih. Dan seperti diketahui sel darah putih merupakan senjata tubuh untuk menghadapi serangan infeksid ari bakteri dan virus.

Mencegah Anemia
Rambutan mempunyai kandungan zat besi yang sangat berguna dalam mencegah anemia. Konsumsi rambutan yang cukup sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki penyakit anemia.

Sumber Antioksidan dan Pencegah Kanker
Kandungan vitamin C dalam buah rambutan yang merupakan vitamin C alami disamping untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan aneka macam kanker. Sehingga dengan manfaatnya ini, buah rambutan memiliki peran penting dalam mencegah timbulnya kanker. Asam Gallic yang terkandung didalam buah rambutan dapat menghancurkan berbagai radikal bebas yang berada didalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kanker.

Menurunkan Berat Badan
Kandungan Serat dan Air yang tinggi dalam buah rambutan akan memberikan rasa kenyang yang lama pada perut anda sehingga bisa mengurangi keinginan anda untuk ngemil atau untuk terus makan sehingga rambutan bagus dikonsumsi oleh mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Menjaga Kestabilan Kolesterol Darah
Konsumsi rambutan disertai dengan menjaga asupan makanan yang lain akan mampu menjaga kadar kolesterol darah tetap normal. Flavonoid dalam rambutan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menyehatkan Ginjal
Buah rambutan mempunyai kandungan mineral fosfor yang berfungsi mendetoksifikasi racun yang tertinggal didalam ginjal. Dengan manfaat ini tentunya menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih sempurna dan ginjal juga menjadi lebih sehat.

Melihat manfaatnya yang demikian banyak, mumpung sedang musim rambutan tidak ada salahnya sekali-sekali menjadi penglaris bagi abang-abang penjual rambutan. Konsumsi rambutan secukupnya jangan berlebihan karena semua yang berlebihan biasanya berakhir dengan keburukan dan bisa mengganggu kesehatan kita.

Silakan sebarkan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat, terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive