Manfaatkan Rumput Laut/Seaweed Untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

.
.

Rumput laut sangat populer di negara matahari terbit, Jepang. Banyak olahan rumput laut impor yang berasal dari negara ini. Anda tentu kenal dengan nasi bento bukan? Hiasan-hiasan pada nasi bento banyak yang memanfaatkan rumput laut. Untuk membentuk mata, alis dan mulut pada model nasi bento bentuk wajah umumnya menggunakan rumput laut ini.

Saat ini juga banyak beredar rumput laut kering seperti keripik yang menjadi camilan favorit anak-anak. Anda dengan mudah menemukan model penganan dari rumput laut yang berasal dari Jepang meskipun secara harga menjadi lebih mahal karena produk makanan impor.

Mengapa rumput laut atau seaweed ini sangat populer di Jepang? Jepang adalah negara yang "rewel" terhadap kualitas makanan, apalagi makanan atau bahan makanan yang berasal dari luar negara Jepang maka akan melalui pemeriksaan karantina yang super ketat. Ternyata rumput laut sangat populer di Jepang karena jenis makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus. Rumput laut juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


Apa saja manfaat rumput laut bagi kecantikan dan kesehatan? Simak penjelasannya dibawah ini:
  • Rumput laut sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena rumput laut bisa berfungsi sebagai sumber alami dalam meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Rumput laut bisa memproduksi antibodi, cytokines dan sel-sel lainnya yang berperan penting dalam meningkatkan ketahan tubuh manusia.
  • Kandungan serat pangan yang tinggi pada rumput laut dan juga hampir tanpa lemak menjadikan rumput laut bisa dimanfaatkan untuk program diet. Mengkonsumsi rumput laut yang banyak serat akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehinga anda tidak terstimulasi untuk mengkonsumsi nasi atau makanan lainnya.
  • Rumput laut juga bisa digunakan untuk mempercepat kesembuhan luka karena banyak mengandung vitamin C yang bagus dalam menjaga kesehatan gigi, gusi, tulang serta menjaga kesehatan kulit. Sehingga dengan banyak mengkonsumsi rumput laut, luka akan cepat sembuh dan cepat teratasi.
  • Rumput laut juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah Osteoporosis (tulang keropos) hal ini berkaitan dengan  kandungan kalsium dalam rumput laut lebih banyak dibandingkan dengan kalsium dalam susu, sehingga sangat tepat bagi anda yang ingin tetap sehat walau sudah senja.
  • Rumput laut dipercaya bisa untuk mengencangkan Kulit Wajah. Penggunaan Masker rumput laut sangat efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menunda tanda-tanda penuaan. Manfaat ini terkait dengan adanya antioksidan dan semacam fenol yang baik untuk kecantikan kulit Anda. 
  • Pembersih alami ataupun lulur berbahan rumput laut mampu menyerap kotoran dan cairan berlebih dari kulit Anda. Sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel kulit mati. 
  • Anda Jerawatan? Gunakan rumput laut sebagai obat alaminya karena sifat anti-inflamasi pada rumput laut mampu meredakan peradangan pada kulit, dan menekan pembengkakan pada jerawat. Dalam jurnal Clinical and Experemintal Dermathology dinyatakan bahwa manfaat rumput laut termasuk mengatasi flek hitam pada wajah, dan mencegah pertumbuhan jerawat. Rumput laut coklat (Laminaria Digita) mampu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, hanya dalam 15 menit setelah dioleskan pada wajah yang berjerawat. 
  • Rumput laut untuk mencegah Penuaan Dini. Meremajakan kulit Rumput laut banyak mengandung yodium yang berperan dalam meningkatkan fungsi tiroid, yang pada akhirnya meningkatkan metabolisme dalam darah. Sirkulasi dan metabolisme darah yang lancar dibutuhkan untuk peremajaan kulit. 
  • Manfaat rumput laut lainnya adalah detoksifikasi bagi kulit. Kulit kita dapat menyerap 40% ekstrak rumput laut hanya dalam waktu 30 detik. Mineral dan vitamin dalam rumput laut menetap di tubuh selama 3 hari selama proses detoksifikasi. 
  • Rumput laut dapat menjaga folikel rambut agar tetap sehat. Sejumlah mineral di dalamnya berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, menguatkan rambut, dan menambah kilau pada rambut. 
  • Rumput laut coklat kaya akan mineral seperti kalsium, kalium, dan zat besi. Makanan ini juga mengandung karoten yang berlimpah, vitamin B kompleks, vitamin C, E dan K. Nutrisi lainnya adalah fucoidan, yang memiliki sifat anti-kanker. Fucoidan merupakan fitokimia anti-tumor yang mampu menghambat perkembangan sel kanker dan tumor. 
  • Kandungan kaya mineral yang ada di dalam rumput laut, terutama zat besi membantu untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dan meningkatkan fungsinya. Hanya dengan makan 200gr rumput laut segar per hari, maka dapat mencegah penyakit anemia.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive