Begini Cara Memasak Agar Gizi pada Makanan Tidak Hilang

.
.
Menjaga vitamin dan nutrisi agar tetap terjaga ketika sayuran dan bahan makanan dimasak perlu untuk diketahui oleh para ibu rumah tangga. Jika memasak beraneka ragam sayuran dengan cara yang salah, kita tidak mendapatkan berbagai macam nutrisi dan vitamin yang sebenarnya terdapat dalam sayuran tersebut.
Tips Memasak Agar Gizi pada Makanan Tidak HilangAgar bahan makanan jadi lebih enak saat dinikmati, tentu butuh proses pemasakan. Proses ini bisa dikukus, digoreng, ditumis, atau dipanggang sesuai selera masing-masing.
Permasalahannya adalah makanan itu gizinya akan berkurang atau berisiko bagi kesehatan kalau kita memasaknya tidak benar. Misalnya, memasak terlalu matang atau kurang matang. Lalu, bagaimana caranya agar gizi pada makanan tidak hilang saat dimasak.
  • Merebus sayuran
Merebus sayuran juga punya seninya sendiri. Jika ingin merebus, cukup sampai setengah matang saja supaya vitamin dan mineral tidak banyak larut dalam air. Lalu, air rebusan itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan kuah sup atau kaldu ayam.
  • Menumis
Agar bahan makanan tetap bergizi saat ditumis, cobalah untuk memasak dengan cepat potongan-potongan kecil dan tipis dari bahan makanan. Lalu, gunakanlah sejumlah kecil lemak dalam wajan antilengket dan api yang relatif besar.
  • Menggoreng
Jika ingin menggoreng bahan makanan, cobalah untuk memperhatikan suhu minyak goreng. Ada baiknya kalau suhu itu tidak melewati titik asap dan jangan sampai terlalu kering (gosong). Tujuannya, agar proteinnya tidak rusak.
  • Memanggang
Bila ingin memanggang daging, sebaiknya masukkan dulu ke dalam microwave selama dua menit supaya agak matang. Dengan begitu, kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memanggangnya. Memanggang daging terlalu matang kurang baik bagi kesehatan. Hal ini bisa menyebabkan munculnya amina heterosiklis.
  • Menggunakan banyak rempah
Rempah bisa kita gunakan untuk menambah warna, rasa, dan aroma tanpa perlu menambah minyak atau garam. Jika ingin memakainya, cobalah untuk memasukkan rempah segar pada tahap akhir memasak. Sementara itu, kita juga bisa menambahkan rempah kering sebelum memasukkan bahan makanan.
  • Stir-frying
Proses ini merupakan cara memasak menggunakan api sedang dan diaduk terus-menerus. Dengan begitu, makanan akan tetap renyah tanpa perlu menggunakan banyak minyak.
  • Pembakaran dalam oven
Anda bisa menggunakan kertas roti untuk menutupi loyang kue sebelum pemanggangan sebagai pengganti mentega. Hal ini bisa membuat makanan lebih sehat sekaligus dapat meminimalkan penggunaan lemak.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive