Wow 4 Aplikasi Ponsel Yang Berguna Untuk Petani

.
.
cover
Pemerintah telah merilis aplikasi berbasis android untuk para petani Indonesia. Peluncuran aplikasi itu dilakukan Presiden Jokowi di sela acara Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat di Kabupaten Brebes beberapa waktu lalu. Program aplikasi karya perusahaan startup lokal ini diharapkan dapat membantu petani dalam meningkatan keuntungan sekaligus menguasai teknologi budidaya. 
Ke empat aplikasi itu adalah; Aplikasi ‘Petani’, ‘TaniHub’, ‘Lima Kilo’ dan aplikasi ‘Pantau Harga’. Petani sudah bisa mengunduh keempat aplikasi ini dan menggunakannya melalui handphone android. Berikut ini fitur dari ke empat aplikasi tersebut:
Petani
1.1
1.1
Petani adalah aplikasi Android buatan 8Villages yang berguna untuk memudahkan pertukaran informasi antara para pakar pertanian dan para petani. Dengan aplikasi ini, para petani bisa bertanya tentang berbagai masalah terkait pertumbuhan tanaman. Petani bisa mengirimkan foto kondisi tanaman, dan para pakar pertanian bisa menjawab setiap keluhan dari para petani tersebut. Aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai forum online, di mana para petani bisa bertukar informasi dengan petani lain.
TaniHub
1.2
1.2
Berawal dari sebuah event Startup Weekend di tahun 2015, TaniHub akhirnya terbentuk. Dengan aplikasi TaniHub bisa dipotong jalur distribusi sehingga para petani bisa langsung menjual hasil panen mereka langsung ke konsumen.
LimaKilo
1.3
1.3
Limakilo merupakan salah satu layanan yang diikutsertakan dalam Mandiri Hackathon 2016. Mirip dengan TaniHub, layanan ini berusaha menghilangkan peran tengkulak dalam distribusi bahan pangan. Dengan layanan Limakilo, petani bisa langsung terhubung dengan konsumen yang ingin membeli hasil panen mereka.
Pantau Harga
1.4
1.4
Pantau Harga adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi harga beragam komoditi pangan di pasar. Dengan begitu, transaksi jual beli antara pembeli dan penjual bisa jadi lebih transparan. Aplikasi ini berhasil menjadi juara ketiga di Hackathon Merdeka. 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive