Loading...

TIps Cara Mudah Membuka Toko Pertanian - Peluang Usaha

Sponsored Links
.
Loading...
Artikel kali ini membahas tentang Cara Membuka Toko Pertanian semoga dapat membantu konco sedulor tani semua yang sedang merencanakan usaha toko pertanian yang tepat dan sukses. Berikut langkah pertama yang perlu dilakukan, kira-kira Anda ingin rencana menjual apa saja di toko pertanian tersebut. Ini juga menyangkut seberapa besar modal yang Anda punya. Ada beberapa macam toko pertanian penjual pestisida, pupuk, benih dan alat-alat pertanian.
Penjual obat pertanian atau pestisida, Anda menjual mulai dari jenis Fungisida, Insektisida, Herbisida, Bakterisida, Moluskisida, Akarisida, Pupuk Daun/Penyebur tanaman, Perekat/Pembasah dan Kalsium.
Jadi sebelum memulai pikirkan terlebih dahulu produk pestisida apa saja yang cocok dan sering digunakan petani di daerah Anda? alangkah bagusnya survey dulu ke lokasi atau berkunjung ke kios-kios pertanian yang sudah berpengalaman, untuk menambah bekal pengalaman Anda, atau bisa melalui petani langsung untuk menanyakan tentang produk apa saja yang sering digunakan, dan produk apa saja yang dihindari, karena ini juga penting sebelum Anda mulai menyediakannya, dan semua sudah Anda persiapkan termasuk perencanaan sebelum usaha.
Kalau Anda mempunyai modal lebih atau ingin meningkatkan usaha bisa dilakukan secara bertahap, misal ditambahkan alat-alat pertanian atau bisa juga ditambahkan untuk peternakan, vitamin untuk hewan ternak dll, atau tingkatkan stok produk yang paling laris, jangan sampai mengecewakan pelanggan/petani diantarannya adalah kehabisan stok.

Cari Suplier

Cari suplier yang terpercaya dan mau diajak konsultasi apabila ada keluhan dari pelanggan/petani yang Anda kurang paham, itu sangat penting? Misalnya musim saat ini banyak tanaman terserang hama dan penyakit yang tidak seperti biasanya, petani pasti menanyakan solusi kepada Anda tentang masalah yang dihadapinya, apabila Anda tepat memberi solusi untuk masalah tanaman yang dihadapinya dan mampu memberikan produk yang membuat masalah tanaman terselesaikan, maka tingkat kepercayaan pelanggan ke Anda akan menjadi tinggi, dan dipastikan pelanggan dan calon pelanggan akan menjadi pelanggan tetap Anda nantinya.
Kedua cari suplier yang selalu mengutamakan berkualitas produknya dengan harga yang bersaing, karena ini juga penting untuk kemajuan usaha toko pertanian Anda kedepan. dan juga apabila ada produk yang tidak laku terjual bisa ditukarkan dengan yang lainnya.
Ketiga cari suplier yang peduli dengan petani yang bisa memberikan pelatihan tentang tanaman kepada toko Anda, kerjasama dengan suplier sangat penting untuk berjalannya usaha toko Anda.

Tempat atau Lokasi Toko

Tempat atau lokasi sebuah toko memang perlu juga diperhatikan? Harus ada akses untuk menuju toko Anda, sehingga pembeli atau suplier mudah menjangkaunya bila hendak mengirim atau membeli produk ke toko Anda. Dan juga penataan sebuah produk pada toko itu juga perlu diperhatikan jangan diremehkan, karena rapi bisa membuat pelanggan jadi mudah memilih produk apa yang akan dicari, dan penasaran dengan produk baru Anda. karena penataan yang kurang terjaga dapat membuat produk jadi rusak karena bungkusnya sobek, atau tercapur aduk produk dengan yang lainnya sehingga membingungkan Anda dan pembeli saat dibutuhkan.

Service yang Baik

Service yang baik dapat meningkatkan pembelian dan pelanggan baru, apabila Anda bisa memberikan layanan tambahan kepada konsumen/pelangan akan lebih bagus lagi dalam menunjang usaha Anda. semisal seperti keterangan diatas memberikan saran atau kegunaan sebuah produk, Contohnya: bagaimana budidaya tanaman yang baik agar bisa menjadi lebih subur dan sehat? bagaimana cara mengendalikan hama tanaman? bagaimana cara mengatasi penyakit tanaman? dan bagaimana cara penggunakan pestisida yang baik dan dapat meningkatkan produksi tanaman? dll.
Ikut pertemuan atau kegiatan yang diadakan para petani ini sehingga tahu perkembangan pertanian dan kebutuhan petani di daerah tersebut, dan akan lebih bagusnya lagi bila Anda bisa membantu petani untuk memberikan simple produk untuk petani.
Membuka usaha toko pertanian memang tidak semudah membalikan telapak tangan lalu dapat untung besar dan sukses? diperlukan sebuah ketelatenan dan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai masalah terutama pertanian, membuka sebuah usaha atau bisnis itu lebih mudah di bandingkan dengan mempertahankan usaha atau bisnis tersebut. 😀
Itulah sedikit informasi mengenai Cara Membuka Toko Pertanian. Semoga bermanfaat.
Sumber : http://blog.faedahjaya.com/cara-membuka-toko-pertanian
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter