Penyakit Maag Ternyata bisa Diatasi dengan Kentang

.
.
Dataran tinggi Dieng merupakan salahsatu sentra pertanian di Jawa Tengah. Dengan ketinggian rata-rata sekitar 2.093 meter di atas permukaan laut (dpl), suhu udara di Dieng bekisar 12-20°C pada siang hari dan 6-10°C di malam hari. Di kawasan berhawa dingin ini beberapa jenis tanaman hortikultura tumbuh dengan baik di antaranya tanaman wortel, kubis, carica (pepaya) dan kentang.
Kentang merupakan komoditas utama Dataran Tinggi Dieng. Dari seluruh luas lahan di Dieng yang mencapai 619.846 ha, hampir 70%-nya ditanami kentang. Jadi dapat dikatakan tanaman kentang mendominasi areal pertanaman kawasan Dieng.
Petani kentang asal Dieng, Sunarto, mengemukakan umumnya petani di daerahnya menanam varietas Granola. “Kalau ditanam dengan teknis yang benar produktivitasnya dapat mencapai 30 ton per ha,” kata Sunarto.
Tidak hanya berfungsi sebagai pengganti nasi, ternyata kentang memiliki beberapa khasiat. Selain sebagai penawar racun, dapat menghalangi endapan kolestrol, pembentukan zat besi pada darah serta memutihkan dan melembutkan tangan. “Yang saya tahu, kentang itu bisa digunakan untuk mengatasi maag,” ujar Sunarto.
Penetralisir Asam Lambung
Untuk mengatasi maag, kentang tersebut biasanya dijadikan bubur atau jus. Cara pembuatannya tidak terlalu sulit. Pertama kali yang dilakukan adalah merebus atau mengukus kentang. Setelah kentang matang, kulitnya dikupas lalu kentang dihaluskan. Masukkan ke panci, tambahkan air 250 cc. Aduk-aduk di atas kompor sampai meletup-letup. Dinginkan, baru dapat disantap. “Biasanya supaya ada rasa, ditambahkan sedikit garam,” tutur Sunarto.
Apabila tidak suka bubur, kentang dapat dibuat menjadi jus. Untuk membuat jus kentang, jangan kentang yang masih muda (tandanya masih ada warna hijau-hijaunya) karena dikhawatirkan mengandung racun. Jadi yang digunakan adalah kentang yang benar-benar sudah waktunya untuk dikonsumsi (kuningnya merata, tanpa ada warna hijau lagi).
Untuk membuat jus kentang pertama-tama kupas kulitnya, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong dan blender dengan ditambahkan air 100 cc. Setelah halus, langsung diminum. Jangan didiamkan terlalu lama karena warnanya akan berubah menjadi hitam. Sebaiknya dikonsumsi pada saat perut masih kosong atau sebelum makan. Bisa ditambahkan gula 2 sdt (sendok teh) agar tidak terlalu hambar.
Kentang juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, yakni memutihkan dan menyegarkan kulit. Untuk membuat ramuan kecantikan dari kentang, pertama-tama yang dilakukan adalah mengupas kentang lalu memblendernya.
Ulaskan ke wajah, lengan, dan kaki. Diamkan kurang lebih 15 menit. Baru setelah itu dibersihkan dengan air . Memang tidak semua jenis kulit sesuai menggunakan masker kentang, terkadang ada yang alergi. Untuk mengetahui apakah kulit kita alergi atau tidak terhadap kentang adalah dengan mengoleskannya ke punggung tangan. Diamkan selama 15 menit. Apabila ada reaksi merah dan gatal, berarti kulit menolak. Tetapi apabila tidak ada reaksi apapun, tandanya ramuan kentang tersebut dapat dibalurkan ke kulit kita.
Apabila mata kita lelah atau bengkak, dapat mengompresnya dengan menggunakan kentang. Kupas kentang, cuci hingga bersih. Parut lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih. Lalu kompreskan ke kelopak mata. Setelah 30 menit, mata dapat kembali segar. 
Sumber : http://mail.tabloidsinartani.com/content/read/kentang-berkhasiat-atasi-penyakit-maag/
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive